Standar
Isi dan Standar Kompetensi Lulusan
Standar
Isi
Standar
dapat diartikan sebagai patokan atau bisa juga dikatakan sebagai kriteria
minimal. Sebuah standar seringkali mengacu pada pencapaian minimal.begitu juga
dengan standar isi, standar isi menurut UUSP no.20 tahun 2003 merupakan
criteria minimal, batas, patokan, syarat yang harus dicapai dalam peningkatan
mutu. Standar isi harus ditetapkan sebagai kriteria minimal saat menyusun
perencanaan.
Standar
isi pada standar nasional pendidikan mencakup lingkup materi dan tingkat
kompetensi untuk mencapai kompeteni lulusan pada jenjang dan jenis pendidikan
tertentu. Standar isi tersebut memuat kerangka dasar dan struktur kurikulum,
beban belajar, kurikulum tingkat satuan pendidikan, dan kalender
pendidikan/akademik.
Kurikulum
untuk jenis pendidikan umum, kejuruan, dan khusus pada jenjang pendidikan dasar
dan menengah terdiri atas:
a.
Kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia
Kelompok
mata pelajaran agama dan akhlak mulia dimaksudkan untuk membentuk peserta didik
menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta
berakhlak mulia. Akhlak mulia mencakup etika, budi pekerti, atau moral sebagai
perwujudan dari pendidikan agama
b.
Kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian
Kelompok
mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian dimaksudkan untuk peningkatan
kesadaran dan wawasan peserta didik akan status, hak, dan kewajibannya dalam
kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, serta peningkatan kualitas
dirinya sebagai manusia.
c.
Kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi
Kelompok
mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi pada SD/MI/SDLB dimaksudkan untuk
mengenal, menyikapi, dan mengapresiasi ilmu pengetahuan dan teknologi, serta
menanamkan kebiasaan berpikir dan berperilaku ilmiah yang kritis, kreatif dan
mandiri.
d.
Kelompok mata pelajaran estetika
Kelompok
mata pelajaran estetika dimaksudkan untuk meningkatkan sensitivitas, kemampuan
mengekspresikan dan kemampuan mengapresiasi keindahan dan harmoni. Kemampuan
mengapresiasi dan mengekspresikan keindahan serta harmoni mencakup apresiasi
dan ekspresi, baik dalam kehidupan individual sehingga mampu menikmati dan
mensyukuri hidup, maupun dalam kehidupan kemasyarakatan sehingga mampu
menciptakan kebersamaan yang harmonis.
e.
Kelompok mata pelajaran jasmani, olah raga, dan kesehatan.
Kelompok
mata pelajaran jasmani, olahraga dan kesehatan dimaksudkan untuk meningkatkan
potensi fisik serta menanamkan sportivitas dan kesadaran hidup sehat.
Beban
Belajar
Beban
belajar dirumuskan dalam bentuk satuan waktu yang dibutuhkan oleh peserta didik
untuk mengikuti program pembelajaran melalui sistem tatap muka, penugasan
terstruktur, dan kegiatan mandiri tidak terstruktur. Kegiatan tatap muka adalah
kegiatan pembelajaran yang berupa proses interaksi antara peserta didik dengan
pendidik. Beban belajar kegiatan tatap muka per jam pembelajaran pada
masing-masing satuan pendidikan ditetapkan sebagai berikut:
a.
SD/MI/SDLB berlangsung selama 35 menit;
b.
SMP/MTs/SMPLB berlangsung selama 40 menit;
c.
SMA/MA/SMALB/ SMK/MAK berlangsung selama 45 menit.
Kalender
Pendidikan
Kalender
pendidikan adalah pengaturan waktu untuk kegiatan pembelajaran peserta didik
selama satu tahun ajaran yang mencakup permulaan tahun pelajaran, minggu
efektif belajar, waktu pembelajaran efektif dan hari libur.
Penetapan
Kalender Pendidikan
a)
Permulaan tahun pelajaran adalah bulan Juli setiap tahun dan berakhir pada
bulan Juni tahun berikutnya.
b)
Hari libur sekolah ditetapkan berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan
Nasional, dan/atau Menteri Agama dalam hal yang terkait dengan hari raya
keagamaan, Kepala Daerah tingkat Kabupaten/Kota, dan/atau organisasi
penyelenggara pendidikan dapat menetapkan hari libur khusus.
c)
Pemerintah Pusat/Provinsi/Kabupaten/Kota dapat menetapkan hari libur serentak
untuk satuan-satuan pendidikan.
Kalender
pendidikan untuk setiap satuan pendidikan disusun oleh masing-masing satuan
pendidikan berdasarkan alokasi waktu sebagaimana tersebut pada dokumen Standar
Isi ini dengan memperhatikan ketentuan dari pemerintah/pemerintah daerah.
Standar
Kompetensi Lulusan
Kompetensi
adalah pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang diperlukan peserta didik
setelah mengalami suatu proses pembelajaran. Standar Kompetensi adalah suatu
ukuran kompetensi yang harus dicapai peserta didik setelah mengikuti suatu
proses dalam satuan pendidikan tertentu. Standar Kompetensi Lulusan adalah kualifikasi
kemampuan lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
Dalam
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No.23 Tahun 2006 tentang Standar
Kompetensi Lulusan Pasal 1 ayat 1 menyatakan bahwa: Standar Kompetensi Lulusan
untuk satuan pendidikan dasar dan menengah digunakan sebagai pedoman penilaian
dalam menentukan kelulusan peserta didik. Dalam Pasal 1 ayat 2: Standar
Kompetensi Lulusan meliputi standar kompetensi lulusan minimal satuan
pendidikan dasar dan menengah, standar kompetensi lulusan minimal kelompok mata
pelajaran, dan standar kompetensi lulusan minimal mata pelajaran.
Manfaat
utama SKL ini adalah:
1)
Sebagai batas kelulusan peserta didik pada setiap satuan pendidikan;
2)
Sebagai rujukan untuk penyusunan standar-standar pendidikan lainnya;
3)
Sebagai arah peningkatan kualitas pendidikan secara mendasar dan holistik pada
jenjang pendidikan dasar dan menengah.
Standar
kompetensi lulusan pada jenjang pendidikan dasar bertujuan untuk meletakkan
dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, ahklak mulia, serta keterampilan
untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.
1.
Standar kompetensi lulusan pada satuan pendidikan menengah umum bertujuan untuk
meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, ahklak mulia, serta
keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.
2.
Standar kompetensi lulusan pada satuan pendidikan menengah kejuruan bertujuan
untuk meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, ahklak mulia, serta
keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut sesuai
dengan kejuruannya.
3.
Standar kompetensi lulusan pada jenjang pendidikan tinggi bertujuan untuk
mempersiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang berakhlak mulia,
memiliki pengetahuan, keterampilan, kemandirian, dan sikap untuk menemukan,
mengembangkan, serta menerapkan ilmu, teknologi, dan seni, yang bermanfaat bagi
kemanusiaan.
1
LAMPIRAN PERATURAN MENTERI
PENDIDIKAN NASIONAL
NOMOR 23 TAHUN 2006 TANGGAL 23 MEI
2006
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN (SKL)
A. STANDAR KOMPETENSI
LULUSAN SATUAN
PENDIDIKAN (SKL-SP)
Standar Kompetensi Lulusan Satuan Pendidikan
(SKL-SP) meliputi:
1. SD/MI/SDLB/Paket A;
2. SMP/MTs./SMPLB/Paket B;
3. SMA/MA/SMALB/Paket C;
4. SMK/MAK.
Standar Kompetensi Lulusan Satuan Pendidikan
(SKL-SP) dikembangkan berdasarkan tujuan setiap satuan pendidikan, yakni:
1.Pendidikan Dasar, yang meliputi
SD/MI/SDLB/Paket A dan SMP/MTs./SMPLB/Paket Bbertujuan: Meletakkan dasar
kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk
hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut
2.Pendidikan Menengah yang terdiri
atas SMA/MA/SMALB/Paket C
bertujuan: Meningkatkan kecerdasan, pengetahuan,
kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti
pendidikan lebih lanjut
3.Pendidikan Menengah Kejuruan yang
terdiri atas SMK/MAK bertujuan:
Meningkatkan kecerdasan,
pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri
dan mengikuti pendidikan lebih lanjut
sesuai dengan kejuruannya
Adapun Standar Kompetensi Lulusan
Satuan Pendidikan (SKL-SP) selengkapnya adalah:
SD/MI/SDLB*/Paket A
1.Menjalankan ajaran agama yang
dianut sesuai dengan tahap perkembangan anak
2.Mengenal kekurangan dan kelebihan
diri sendiri
3.Mematuhi aturan-aturan sosialyang
berlaku dalam lingkungannya
4.Menghargai keberagaman agama,
budaya, suku, ras, dan golongan sosial ekonomi di lingkungan sekitarnya
5.Menggunakan informasi tentang
lingkungansekitar secara logis, kritis, dan kreatif
6.Menunjukkan kemampuan berpikir
logis, kritis, dan kreatif, dengan bimbingan guru/pendidik
8.Menunjukkan kemampuan memecahkan
masalah sederhana dalam kehidupan sehari-hari
9.Menunjukkan kemampuan mengenali
gejalaalam dan sosial di lingkungan sekitar
10.Menunjukkan kecintaan dan
kepedulian terhadap lingkungan
11.Menunjukkan kecintaan dan
kebanggaanterhadap bangsa, negara, dan tanah air Indonesia
12.Menunjukkan kemampuan untuk
melakukan kegiatan seni dan budaya lokal
13.Menunjukkan kebiasaan hidup
bersih, sehat, bugar, aman, dan memanfaatkan waktu luang
14.Berkomunikasi secara jelas dan
santun
15.Bekerja sama dalam kelompok,
tolong-menolong, dan menjaga diri sendiri dalam lingkungan keluarga dan teman
sebaya
16.Menunjukkan kegemaran membaca dan
menulis
17.Menunjukkan keterampilan
menyimak, berbicara, membaca, menulis, dan berhitung
SMP/MTs/SMPLB*/Paket B
1.Mengamalkan ajaran agama yang
dianut sesuai dengan tahap
perkembangan remaja
2.Memahami kekurangan dan kelebihan
diri sendiri
3.Menunjukkan sikap percaya diri
4.Mematuhi aturan-aturan sosial yang
berlaku dalam lingkungan yang lebih luas
5.Menghargai keberagaman agama,
budaya, suku, ras, dan golongan sosial ekonomi dalam lingkup nasional
6.Mencari dan menerapkan informasi
dari lingkungan sekitar dan sumber-sumber lain secara logis, kritis, dan
kreatif
7.Menunjukkan kemampuan berpikir
logis, kritis, kreatif, dan inovatif
8.Menunjukkan kemampuan belajar
secara mandiri sesuai dengan potensi yang dimilikinya
9.Menunjukkan kemampuan menganalisis
dan memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari
10.Mendeskripsi gejala alam dan
sosial
11.Memanfaatkan lingkungan secara
bertanggung jawab
12.Menerapkan nilai-nilai
kebersamaan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara demi
terwujudnya persatuan dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia
13.Menghargai karya seni dan budaya
nasional
15.Menerapkan hidup bersih, sehat,
bugar, aman, dan memanfaatkan waktu luang
16.Berkomunikasi dan berinteraksi
secara efektif dan santun
17.Memahami hak dan kewajiban diri
dan orang lain dalam pergaulan di masyarakat
18.Menghargai adanya perbedaan
pendapat
19.Menunjukkan kegemaran membaca dan
menulis naskah pendek sederhana
20.Menunjukkan keterampilan
menyimak, berbicara, membaca, dan menulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa
Inggris sederhana
21.Menguasai pengetahuan yang
diperlukan untuk mengikuti pendidikan menengah
SMA/MA/SMALB*/Paket C
1.Berperilaku sesuai dengan ajaran
agama yang dianut sesuai dengan perkembangan remaja
2.Mengembangkan diri secara optimal
dengan memanfaatkan kelebihan diri serta memperbaiki kekurangannya
3.Menunjukkan sikap percaya diri dan
bertanggung jawab atas perilaku, perbuatan, dan pekerjaannya
4.Berpartisipasi dalam penegakan
aturan-aturan sosial
5.Menghargai keberagaman agama,
bangsa, suku, ras, dan golongan sosial ekonomi dalam lingkup global
6.Membangun dan menerapkan informasi
dan pengetahuan secara logis, kritis, kreatif, dan inovatif
7.Menunjukkan kemampuan berpikir
logis,kritis, kreatif, dan inovatif dalam pengambilan keputusan
8.Menunjukkan kemampuan mengembangkan
budaya belajar untuk pemberdayaan diri
9.Menunjukkan sikap kompetitifdan
sportif untuk mendapatkan hasil yang terbaik
10.Menunjukkan kemampuan menganalisis
dan memecahkan masalah kompleks
11.Menunjukkan kemampuan menganalisis
gejala alam dan sosial
12.Memanfaatkan lingkungan secara produktif
dan bertanggung jawab
13.Berpartisipasi dalam kehidupan
bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara secara demokratis dalam wadah Negara
Kesatuan Republik Indonesia
14.Mengekspresikan diri melalui kegiatan
seni dan budaya
15.Mengapresiasi karya seni dan
budaya
16.Menghasilkan karya kreatif, baik
individual maupun kelompok
18.Berkomunikasi lisan dan tulisan
secara efektif dan santun
19.Memahami hak dan kewajiban diri
dan orang lain dalam pergaulan di masyarakat
20.Menghargai adanya perbedaan
pendapat dan berempati terhadap orang lain
21.Menunjukkan keterampilan membaca
dan menulis naskah secara sistematis dan estetis
22.Menunjukkan keterampilan
menyimak, membaca, menulis, dan berbicara dalam bahasa Indonesia dan Inggris
23.Menguasai pengetahuan yang
diperlukan untuk mengikuti pendidikan tinggi
SMK/MAK
1.Berperilaku sesuai dengan ajaran agama
yang dianut sesuai dengan perkembangan remaja
2.
Mengembangkan diri secara optimal de
ngan memanfaatkan kelebihan diri
serta memperbaiki kekurangannya
3.
Menunjukkan sikap percaya diri dan
bertanggung jawab atas perilaku,
perbuatan, dan pekerjaannya
4.
Berpartisipasi dalam penega
kan aturan-aturan sosial
5.
Menghargai keberagaman agama,
bangsa, suku, ras, dan golongan sosial
ekonomi dalam lingkup global
6.
Membangun dan menerapkan informasi
dan pengetahuan
secara logis,
kritis, kreatif, dan inovatif
7.
Menunjukkan kemampuan berpikir
logis,
kritis, kreatif, dan inovatif
dalam pengambilan keputusan
8.
Menunjukkan kemampuan mengembangkan
budaya belajar untuk
pemberdayaan diri
9.
Menunjukkan sikap kompetitif
dan sportif untuk mendapatkan hasil
yang
terbaik
10.
Menunjukkan kemampuan menganalisis
dan memecahkan masalah
kompleks
11.
Menunjukkan kemampuan menganalisi
s gejala alam dan sosial
12.
Memanfaatkan lingkungan secara pr
oduktif dan bertanggung jawab
13.
Berpartisipasi dalam ke
hidupan bermasyarakat, berbangsa,
dan bernegara
secara demokratis da
lam wadah Negara Kesa
tuan Republik Indonesia
14.
Mengekspresikan diri melalui
kegiatan seni dan budaya
15.
Mengapresiasi karya seni dan budaya
16.
Menghasilkan karya kreatif, baik
individual maupun kelompok
17.
Menjaga kesehatan dan keamanan
diri, kebugaran jasmani, serta
kebersihan lingkungan
18.
Berkomunikasi lisan dan tulisa
n secara efektif dan santun
19.
Memahami hak dan kewajiban diri da
n orang lain dalam pergaulan di
masyarakat
20.
Menghargai adanya perbedaan pendapat
dan berempati terhadap orang lain
21.
Menunjukkan keterampilan membaca
dan menulis naskah secara
sistematis dan estetis
22.
Menunjukkan keterampilan menyimak,
membaca, menulis, dan berbicara
dalam bahasa Indonesia dan Inggris
23.
Menguasai kompetensi program
keahlian dan kewirausahaan baik untuk
memenuhi tuntutan dunia kerja mau
pun untuk mengikuti pendidikan
tinggi
sesuai dengan kejuruannya
Catatan: * Berlaku untuk A,B,D,E
Sedangkan untuk C, C1, D1, dan G
ditetapkan tersendiri
B.
STANDAR KOMPETENSI
KELOMPOK MATA
PELAJARAN (SK-KMP)
Standar Kompetensi Kelompok Mata
Pelajaran (SK-KMP) terdiri atas
kelompok-kelompok mata pelajaran:
1.
Agama dan Akhlak Mulia;
2.
Kewarganegaraan dan Kepribadian;
3.
Ilmu Pengetahuan dan Teknologi;
4.
Estetika;
5.
Jasmani, Olah Raga, dan Kesehatan.
Standar Kompetensi Kelompok Mata
Pelajaran (SK-KMP) dikembangkan
berdasarkan tujuan dan cakupan
muatan
dan/ atau kegiatan setiap kelompok
mata pelajaran, yakni:
1.
Kelompok mata pelajaran Agama
dan Akhlak Mulia bertujuan:
membentuk peserta didik menjadi ma
nusia yang beriman dan bertakwa
kepada Tuhan Yang Maha Esa serta
berakhlak mulia. Tujuan tersebut
dicapai melalui muatan dan/atau
kegiatan agama, kewarganegaraan,
kepribadian, ilmu pengetahuan dan te
knologi, estetika, jasmani,
olahraga,
dan kesehatan.
2.
Kelompok mata pelajaran Kewarganeg
araan dan Kepribadian bertujuan:
membentuk peserta didik menjadi
manus
ia yang memiliki rasa kebangsaan
dan cinta tanah air. Tujuan ini
dicapa
i melalui muatan dan/atau kegiatan
agama, akhlak mulia, kewarganegar
aan, bahasa, seni dan budaya, dan
pendidikan jasmani.
3.
Kelompok mata pelajaran Ilmu Pe
ngetahuan dan Teknol
ogi bertujuan:
mengembangkan logika, kemampuan
berpik
ir dan analisis peserta didik.
Pada satuan pendidikan
SD/MI/SDLB/Paket A, tujuan ini dicapai melalui
muatan dan/atau kegiatan bahasa,
matematika, ilmu pengetahuan alam,
ilmu pengetahuan sosial,
keterampilan/kejuruan, dan muatan
lokal yang
relevan,
Pada satuan pendidikan
SMP/MTs/SMPLB/Paket B, tujuan ini dicapai
melalui muatan dan/atau kegiatan ba
hasa, matematika,
ilmu pengetahuan
alam, ilmu pengetahuan sosial,
ketera
mpilan/kejuruan, dan/atau teknologi
informasi dan komunikasi, serta
muatan lokal yang relevan
Pada satuan pendidikan
SMA/MA/SMALB/Paket C, tujuan ini dicapai
melalui muatan dan/atau kegiatan ba
hasa, matematika,
ilmu pengetahuan
alam, ilmu pengetahuan sosial,
ketera
mpilan/kejuruan, teknologi informasi
dan komunikasi, serta muatan lokal
yang relevan
Pada satuan pendidikan SMK/MAK,
tujuan ini dicapai melalui muatan
dan/atau kegiatan bahasa, matema
tika, ilmu pengetahuan alam, ilmu
pengetahuan sosial, keterampilan,
kejuruan, teknologi informasi dan
komunikasi, serta muatan lokal yang
relevan
4.
Kelompok mata pelajaran Estetika
bert
ujuan: membentuk karakter peserta
didik menjadi manusia yang memiliki
rasa seni dan pemahaman budaya.
Tujuan ini dicapai melalui muatan da
n/atau kegiatan bahasa, seni dan
budaya, keterampilan, dan muatan
lokal yang relevan.
5.
Kelompok mata pelajaran Jasmani,
Olah
Raga, dan Kesehatan bertujuan:
membentuk karakter peserta didik ag
ar sehat jasmani dan rohani, dan
menumbuhkan rasa sportivitas. Tujuan
ini dicapai melalui muatan dan/atau
kegiatan pendidikan jasmani, olah
raga, pendidikan kesehatan, ilmu
pengetahuan alam, dan muatan lokal
yang relevan.
Adapun Standar Kompetensi Kelompok
Ma
ta Pelajaran (SK-KMP) untuk masing-
masing satuan pendidikan
selengkapnya adalah sebagai berikut:
1. Agama dan Akhlak Mulia
SD/MI/SDLB*/Paket A
1.
Menjalankan ajaran agama yang
dianut sesuai dengan tahap
perkembangan anak
2.
Menunjukkan sikap jujur dan adil
3.
Mengenal keberagaman agama, budaya,
suku, ras, dan golongan sosial
ekonomi di lingkungan sekitarnya
4.
Berkomunikasi secara santun yang me
ncerminkan harkat dan martabatnya
sebagai makhluk Tuhan
5.
Menunjukkan kebiasaan
hidup bersih, sehat, bugar, aman,
dan
memanfaatkan waktu luang sesu
ai dengan tuntunan agamanya
6.
Menunjukkan kecintaan dan kepedulian
terhadap sesama manusia dan
lingkungan sebagai makhluk ciptaan
Tuhan
SMP/MTs/SMPLB*/Paket B
1.
Mengamalkan ajaran agama yang dianut
sesuai dengan tahap
perkembangan remaja
2.
Menerapkan nilai-nilai kejujuran dan
keadilan
3.
Memahami keberagaman agama, budaya
, suku, ras, dan golongan sosial
ekonomi
4.
Berkomunikasi dan berinteraksi s
ecara efektif dan santun yang
mencerminkan harkat dan martab
atnya sebagai makhluk Tuhan
5.
Menerapkan hidup bersih, sehat, bu
gar, aman, dan memanfaatkan waktu
luang sesuai dengan tuntunan
agamanya
6.
Memanfaatkan lingkungan sebagai
makhluk ciptaan Tuhan secara
bertanggung jawab
7.
Menghargai perbedaan pendapat da
lam menjalankan ajaran agama
SMA/MA/SMALB*/Paket C
1.
Berperilaku sesuai dengan ajaran
agama yang dianut sesuai dengan
perkembangan remaja
2.
Menghargai keberagaman agama, bangs
a, suku, ras, golongan sosial
ekonomi, dan budaya dalam tatanan
global
3.
Berpartisipasi dalam penega
kan aturan-aturan sosial
4.
Memahami hak dan kewajiban diri da
n orang lain dalam pergaulan di
masyarakat
5.
Menghargai adanya perbedaan pendapat
dan berempati terhadap orang lain
6.
Berkomunikasi dan berinteraksi
secara efektif dan santun melalui berbagai
cara termasuk pemanfaatan teknol
ogi informasi yang mencerminkan
harkat dan martabatnya
sebagai makhluk Tuhan
7.
Menjaga kebersihan, kesehatan, keta
hanan dan kebugaran jasmani dalam
kehidupan sesuai dengan tuntunan
agama
8.
Memanfaatkan lingkungan sebagai
makhluk ciptaan Tuhan secara
bertanggung jawab
SMK/MAK
1.
Berperilaku sesuai dengan ajaran
agama yang dianut sesuai dengan
perkembangan remaja
2.
Menghargai keberagaman agama, bangs
a, suku, ras, golongan sosial
ekonomi, dan budaya dalam tatanan
global
3.
Berpartisipasi dalam penega
kan aturan-aturan sosial
4.
Memahami hak dan kewajiban diri da
n orang lain dalam pergaulan di
masyarakat
5.
Menghargai adanya perbedaan pendapat
dan berempati terhadap orang lain
6.
Berkomunikasi dan berinteraksi
secara efektif dan santun melalui berbagai
cara termasuk pemanfaatan teknol
ogi informasi yang mencerminkan
harkat dan martabatnya sebagai
makhluk Tuhan
7.
Menjaga kebersihan, kesehatan, keta
hanan dan kebugaran jasmani dalam
kehidupan sesuai dengan tuntunan
agama
8.
Memanfaatkan lingkungan sebagai
makhluk ciptaan Tuhan secara
bertanggung jawab
2.
Kewarganegaraan dan Kepribadian
SD/MI/SDLB*/Paket A
1.
Menunjukkan kecintaan dan kebanggaan
terhadap bangsa, negara, dan
tanah air Indonesia
2.
Mematuhi aturan-aturan sosial
yang berlaku dalam lingkungannya
3.
Menghargai keberagaman agama, budaya
, suku, ras, dan golongan sosial
ekonomi di lingkungan sekitarnya
4.
Menunjukkan kecintaan dan kepedulian
terhadap lingkungan
5.
Mengenal kekurangan dan ke
lebihan diri sendiri
6.
Menunjukkan rasa keingint
ahuan yang tinggi dan menyadari
potensinya
7.
Berkomunikasi secara santun
8.
Menunjukkan kegemaran membaca
9.
Menunjukkan kebiasaan
hidup bersih, sehat, bugar, aman,
dan
memanfaatkan waktu luang
10.
Bekerja sama dalam kelompok, tolong
-menolong, dan menjaga diri sendiri
dalam lingkungan keluarga
dan teman sebaya
11.
Menunjukkan kemampuan
mengekspresikan
diri melalui kegiatan seni dan
budaya lokal
SMP/MTs/SMPLB*/Paket B
1.
Menerapkan kebersamaan dalam kehi
dupan bermasyarakat, berbangsa,
dan bernegara demi terwujudnya pe
rsatuan dalam Negara Kesatuan
Republik Indonesia
2.
Mematuhi aturan-aturan so
sial, hukum dan perundangan
3.
Menghargai keberagaman agama, budaya
, suku, ras, dan golongan sosial
ekonomi dalam lingkup nasional
4.
Memanfaatkan lingkungan secara
bertanggung jawab
5.
Memahami kekurangan dan kelebihan
diri sendiri
6.
Berkomunikasi dan berinteraksi
secara efektif dan santun
7.
Menunjukkan sikap
percaya diri
8.
Menunjukkan kegemaran membaca dan
menulis
9.
Menunjukkan kemampuan belajar secara
mandiri sesuai dengan potensi
yang dimilikinya
10.
Menghargai tugas pekerjaan dan me
miliki kemampuan untuk berkarya
11.
Menunjukkan kebiasaan
hidup bersih, sehat, bugar, dan aman
dalam
kehidupan sehari-hari
12.
Memahami hak dan kewajiban diri da
n orang lain dalam pergaulan di
masyarakat
13.
Menghargai adanya perbedaan pendapat
14.
Menghargai karya seni dan budaya
nasional Indonesia
SMA/MA/SMALB*/Paket C
1.
Berpartisipasi dalam ke
hidupan bermasyarakat, berbangsa,
dan bernegara
secara demokratis da
lam wadah Negara Kesa
tuan Republik Indonesia
2.
Berpartisipasi dalam
penegakan aturan-aturan sosial,
hukum dan
perundangan
3.
Menghargai keberagaman agama, bangs
a, suku, ras, golongan sosial
ekonomi, dan budaya dalam tatanan
global
4.
Memanfaatkan lingkungan secara
produk
tif dan bertanggung jawab
5.
Mengembangkan diri secara optimal de
ngan memanfaatkan kelebihan diri
serta memperbaiki kekurangannya
6.
Berkomunikasi dan berinteraksi
secara efektif dan santun melalui berbagai
cara termasuk pemanfaatan teknologi
informasi
7.
Menunjukkan sikap percaya diri dan
bertanggung jawab atas perilaku,
perbuatan, dan pekerjaannya
8.
Menunjukkan kemampuan mengembangkan
budaya belajar untuk
pemberdayaan diri
9.
Menunjukkan kegemaran membaca dan
menulis
10.
Berkarya secara kreatif, ba
ik individual maupun kelompok
11.
Menjaga kesehatan, ketaha
nan, dan kebugaran jasmani
12.
Menunjukkan sikap kompetiti
f dan sportif untuk meningkatkan
ketaqwaan
dan memperkuat kepribadian
13.
Memahami hak dan kewajiban diri da
n orang lain dalam pergaulan di
masyarakat
14.
Menghargai adanya perbedaan pendapat
dan berempati terhadap orang lain
15.
Menunjukkan apresiasi terhadap karya
estetika
SMK/MAK
1.
Berpartisipasi dalam ke
hidupan bermasyarakat, berbangsa,
dan bernegara
secara demokratis dalam wadah Ne
gara Kesatuan
Republik Indonesia
2.
Berpartisipasi dalam
penegakan aturan-aturan sosial,
hukum dan
perundangan
3.
Menghargai keberagaman agama, bangs
a, suku, ras, golongan sosial
ekonomi, dan budaya dalam tatanan
global
4.
Memanfaatkan lingkungan secara
produk
tif dan bertanggung jawab
5.
Mengembangkan diri secara optimal de
ngan memanfaatkan kelebihan diri
serta memperbaiki kekurangannya
6.
Berkomunikasi dan berinteraksi
secara efektif dan santun melalui berbagai
cara termasuk pemanfaatan teknologi
informasi
7.
Menunjukkan sikap percaya diri dan
bertanggung jawab atas perilaku,
perbuatan, dan pekerjaannya
8.
Menunjukkan kemampuan mengembangkan
budaya belajar untuk
pemberdayaan diri
9.
Menunjukkan kegemaran membaca dan
menulis
10.
Berkarya secara kreatif, ba
ik individual maupun kelompok
11.
Menjaga kesehatan, ketaha
nan, dan kebugaran jasmani
12.
Menunjukkan sikap kompetiti
f dan sportif untuk meningkatkan
ketaqwaan
dan memperkuat kepribadian
13.
Memahami hak dan kewajiban diri da
n orang lain dalam pergaulan di
masyarakat
14.
Menghargai adanya perbedaan pendapat
dan berempati terhadap orang lain
15.
Menunjukkan apresiasi terhadap karya
estetika
3.
Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
SD/MI/SDLB*/Paket A
1.
Mengenal dan menggunakan berbagai
informasi tentang lingkungan
sekitar secara logis, kritis, dan
kreatif
2.
Menunjukkan kemampuan berpikir logi
s, kritis, dan kreatif dengan
bimbingan guru/pendidik
3.
Menunjukkan rasa keingint
ahuan yang tinggi
4.
Menunjukkan kemampuan memecahka
n masalah sederhana dalam
kehidupan sehari-hari
5.
Menunjukkan kemampuan mengenali
gejala
alam dan sosial di lingkungan
sekitar
6.
Menunjukkan keterampilan menyimak,
berb
icara, membaca, menulis, dan
berhitung
7.
Menunjukkan kebiasaan
hidup bersih, sehat, bugar, aman,
dan
memanfaatkan waktu luang
SMP/MTs/SMPLB*/Paket B
1.
Mencari dan menerapkan informasi
secara logis, kritis, dan kreatif
2.
Menunjukkan kemampuan berpikir
logis, kritis, dan kreatif
3.
Menunjukkan kemampuan belajar secara
mandiri sesuai dengan potensi
yang dimilikinya
4.
Menunjukkan kemampuan menganalisis
dan memecahkan masalah dalam
kehidupan sehari-hari
5.
Mendeskripsi gejala
alam dan sosial
6.
Memanfaatkan lingkungan secara
bertanggung jawab
7.
Menghargai tugas pekerjaan dan me
miliki kemampuan untuk berkarya
8.
Menerapkan hidup bersih, sehat buga
r, aman, dan memanfaatkan waktu
luang
9.
Memiliki keterampilan menyimak,
berbicara, membaca, dan menulis
dalam bahasa Indonesia dan Inggris
sederhana
10.
Menguasai pengetahuan yang dipe
rlukan untuk mengi
kuti pendidikan
menengah
SMA/MA/SMALB*/Paket C
1.
Membangun dan menerapkan informasi,
pengetahuan, dan teknologi
secara logis, kritis, kreatif, dan
inovatif
2.
Menunjukkan kemampuan berpikir
logis,
kritis, kreatif, dan inovatif
secara mandiri
3.
Menunjukkan kemampuan mengembangkan
budaya belajar untuk
pemberdayaan diri
4.
Menunjukkan sikap kompetitif,
sportif,
dan etos kerja untuk mendapatkan
hasil yang terbaik dalam bidang
iptek
5.
Menunjukkan kemampuan menganalisis
dan memecahkan masalah
kompleks
6.
Menunjukkan kemampuan menganalisis
feno
mena alam dan sosial sesuai
dengan kekhasan daerah masing-masing
7.
Memanfaatkan lingkungan secara
produk
tif dan bertanggung jawab
8.
Berkomunikasi dan berinteraksi
secara efektif dan santun melalui berbagai
cara termasuk pemanfaatan teknologi
informasi
9.
Menunjukkan kegemaran membaca dan
menulis
10.
Menunjukkan keterampilan menyimak,
membaca, menulis, dan berbicara
dalam bahasa Indonesia dan Inggris
11.
Menguasai pengetahuan yang dipe
rlukan untuk mengi
kuti pendidikan
tinggi
SMK/MAK
1.
Membangun dan menerapkan informasi,
pengetahuan, dan teknologi
secara logis, kritis, kreatif, dan
inovatif
2.
Menunjukkan kemampuan berpikir
logis,
kritis, kreatif, dan inovatif
secara mandiri
3.
Menunjukkan kemampuan mengembangkan
budaya belajar untuk
pemberdayaan diri
4.
Menunjukkan sikap kompetitif,
sportif,
dan etos kerja untuk mendapatkan
hasil yang terbaik dalam bidang
iptek
5.
Menunjukkan kemampuan menganalisis
dan memecahkan masalah
kompleks
6.
Menunjukkan kemampuan menganalisis
feno
mena alam dan sosial sesuai
dengan kekhasan daerah masing-masing
7.
Memanfaatkan lingkungan secara
produk
tif dan bertanggung jawab
8.
Berkomunikasi dan berinteraksi
secara efektif dan santun melalui berbagai
cara termasuk pemanfaatan teknologi
informasi
9.
Menunjukkan kegemaran membaca dan
menulis
10.
Menunjukkan keterampilan menyimak,
membaca, menulis, dan berbicara
dalam bahasa Indonesia dan Inggris
11.
Menguasai kompetensi program keahli
an dan kewirausahaan baik untuk
memenuhi tuntutan dunia kerja maupun
untuk mengikuti pendidikan tinggi
sesuai dengan kejuruannya
4. Estetika
SD/MI/SDLB*/Paket A
1.
Menunjukkan kemampuan untuk melakuka
n kegiatan seni dan budaya
lokal
SMP/MTs/SMPLB*/Paket B
1.
Memanfaatkan lingkungan untuk
kegiatan apresiasi seni
2.
Menghargai karya seni, budaya, dan
ke
terampilan sesuai dengan kekhasan
lokal
3.
Menunjukkan kegemaran membaca dan
menulis karya seni
SMA/MA/SMALB*/Paket C
1.
Memanfaatkan lingkungan untuk kegiat
an apresiasi dan kreasi seni
2.
Menunjukkan apresiasi terhadap karya
seni
3.
Menunjukkan kegemaran membaca dan
menulis karya seni
4.
Menghasilkan karya kreatif, baik
individual maupun kelompok
SMK/MAK
1.
Memanfaatkan lingkungan untuk kegiat
an apresiasi dan kreasi seni
2.
Menunjukkan apresiasi terhadap karya
seni
3.
Menunjukkan kegemaran membaca dan
menulis karya seni
4.
Menghasilkan karya kreatif, baik
individual maupun kelompok
5. Jasmani, Olah Raga, dan Kesehatan
SD/MI/SDLB*/Paket A
1.
Menunjukkan kebiasaan hidup bersih,
sehat, bugar, aman dan
memanfaatkan waktu luang
2.
Mengenal berbagai informasi tentang
potensi sumber daya lokal untuk
menunjang hidup bersih, sehat, buga
r, aman dan memanfaatkan waktu
luang
SMP/MTs/SMPLB*/Paket B
1.
Menunjukkan kebiasaan hidup bersih,
sehat, bugar, aman dan
memanfaatkan waktu luang dengan
memanfaatkan lingkungan secara
bertanggung jawab
2.
Mencari dan menerapkan berbagai info
rmasi tentang potensi sumber daya
lokal untuk menunjang hidup bersih,
sehat, bugar, aman dan
memanfaatkan waktu luang
13
SMA/MA/SMALB*/Paket C
1.
Menjaga kesehatan, ketaha
nan, dan kebugaran jasmani
2.
Membangun dan menerapkan informasi
dan pengetahuan potensi lokal
untuk menunjang kesehatan, ketaha
nan, dan kebugaran jasmani
3.
Menunjukkan sikap kompetitif
dan sportif untuk mendapatkan hasil
yang
terbaik dalam bidang pe
ndidikan jasmani, olah raga, dan
kesehatan
SMK/MAK
1.
Menjaga kesehatan, ketaha
nan, dan kebugaran jasmani
2.
Membangun dan menerapkan informasi
dan pengetahuan potensi lokal
untuk menunjang kesehatan, ketaha
nan, dan kebugaran jasmani
3.
Menunjukkan sikap kompetitif
dan sportif untuk mendapatkan hasil
yang
terbaik dalam bidang pe
ndidikan jasmani, olah raga, dan
kesehatan
Catatan: * Berlaku untuk A,B,D,E
Sedangkan untuk C, C1, D1, dan G
ditetapkan tersendiri
Tidak ada komentar:
Posting Komentar