Senin, 06 Januari 2014

Standar Isi (SI) dan Standar Kompetensi Lulusan (SKL)


Standar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan
Standar Isi
Standar dapat diartikan sebagai patokan atau bisa juga dikatakan sebagai kriteria minimal. Sebuah standar seringkali mengacu pada pencapaian minimal.begitu juga dengan standar isi, standar isi menurut UUSP no.20 tahun 2003 merupakan criteria minimal, batas, patokan, syarat yang harus dicapai dalam peningkatan mutu. Standar isi harus ditetapkan sebagai kriteria minimal saat menyusun perencanaan.
Standar isi pada standar nasional pendidikan mencakup lingkup materi dan tingkat kompetensi untuk mencapai kompeteni lulusan pada jenjang dan jenis pendidikan tertentu. Standar isi tersebut memuat kerangka dasar dan struktur kurikulum, beban belajar, kurikulum tingkat satuan pendidikan, dan kalender pendidikan/akademik.
Kurikulum untuk jenis pendidikan umum, kejuruan, dan khusus pada jenjang pendidikan dasar dan menengah terdiri atas:
a. Kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia
Kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia dimaksudkan untuk membentuk peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia. Akhlak mulia mencakup etika, budi pekerti, atau moral sebagai perwujudan dari pendidikan agama
b. Kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian
Kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian dimaksudkan untuk peningkatan kesadaran dan wawasan peserta didik akan status, hak, dan kewajibannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, serta peningkatan kualitas dirinya sebagai manusia.
c. Kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi
Kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi pada SD/MI/SDLB dimaksudkan untuk mengenal, menyikapi, dan mengapresiasi ilmu pengetahuan dan teknologi, serta menanamkan kebiasaan berpikir dan berperilaku ilmiah yang kritis, kreatif dan mandiri.
d. Kelompok mata pelajaran estetika
Kelompok mata pelajaran estetika dimaksudkan untuk meningkatkan sensitivitas, kemampuan mengekspresikan dan kemampuan mengapresiasi keindahan dan harmoni. Kemampuan mengapresiasi dan mengekspresikan keindahan serta harmoni mencakup apresiasi dan ekspresi, baik dalam kehidupan individual sehingga mampu menikmati dan mensyukuri hidup, maupun dalam kehidupan kemasyarakatan sehingga mampu menciptakan kebersamaan yang harmonis.
e. Kelompok mata pelajaran jasmani, olah raga, dan kesehatan.
Kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga dan kesehatan dimaksudkan untuk meningkatkan potensi fisik serta menanamkan sportivitas dan kesadaran hidup sehat.
Beban Belajar
Beban belajar dirumuskan dalam bentuk satuan waktu yang dibutuhkan oleh peserta didik untuk mengikuti program pembelajaran melalui sistem tatap muka, penugasan terstruktur, dan kegiatan mandiri tidak terstruktur. Kegiatan tatap muka adalah kegiatan pembelajaran yang berupa proses interaksi antara peserta didik dengan pendidik. Beban belajar kegiatan tatap muka per jam pembelajaran pada masing-masing satuan pendidikan ditetapkan sebagai berikut:
a. SD/MI/SDLB berlangsung selama 35 menit;
b. SMP/MTs/SMPLB berlangsung selama 40 menit;
c. SMA/MA/SMALB/ SMK/MAK berlangsung selama 45 menit.
Kalender Pendidikan
Kalender pendidikan adalah pengaturan waktu untuk kegiatan pembelajaran peserta didik selama satu tahun ajaran yang mencakup permulaan tahun pelajaran, minggu efektif belajar, waktu pembelajaran efektif dan hari libur.
Penetapan Kalender Pendidikan
a) Permulaan tahun pelajaran adalah bulan Juli setiap tahun dan berakhir pada bulan Juni tahun berikutnya.
b) Hari libur sekolah ditetapkan berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional, dan/atau Menteri Agama dalam hal yang terkait dengan hari raya keagamaan, Kepala Daerah tingkat Kabupaten/Kota, dan/atau organisasi penyelenggara pendidikan dapat menetapkan hari libur khusus.
c) Pemerintah Pusat/Provinsi/Kabupaten/Kota dapat menetapkan hari libur serentak untuk satuan-satuan pendidikan.
Kalender pendidikan untuk setiap satuan pendidikan disusun oleh masing-masing satuan pendidikan berdasarkan alokasi waktu sebagaimana tersebut pada dokumen Standar Isi ini dengan memperhatikan ketentuan dari pemerintah/pemerintah daerah.


Standar Kompetensi Lulusan
Kompetensi adalah pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang diperlukan peserta didik setelah mengalami suatu proses pembelajaran. Standar Kompetensi adalah suatu ukuran kompetensi yang harus dicapai peserta didik setelah mengikuti suatu proses dalam satuan pendidikan tertentu. Standar Kompetensi Lulusan adalah kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
Dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No.23 Tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pasal 1 ayat 1 menyatakan bahwa: Standar Kompetensi Lulusan untuk satuan pendidikan dasar dan menengah digunakan sebagai pedoman penilaian dalam menentukan kelulusan peserta didik. Dalam Pasal 1 ayat 2: Standar Kompetensi Lulusan meliputi standar kompetensi lulusan minimal satuan pendidikan dasar dan menengah, standar kompetensi lulusan minimal kelompok mata pelajaran, dan standar kompetensi lulusan minimal mata pelajaran.
Manfaat utama SKL ini adalah:
1) Sebagai batas kelulusan peserta didik pada setiap satuan pendidikan;
2) Sebagai rujukan untuk penyusunan standar-standar pendidikan lainnya;
3) Sebagai arah peningkatan kualitas pendidikan secara mendasar dan holistik pada jenjang pendidikan dasar dan menengah.
Standar kompetensi lulusan pada jenjang pendidikan dasar bertujuan untuk meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, ahklak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.
1. Standar kompetensi lulusan pada satuan pendidikan menengah umum bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, ahklak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.
2. Standar kompetensi lulusan pada satuan pendidikan menengah kejuruan bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, ahklak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut sesuai dengan kejuruannya.
3. Standar kompetensi lulusan pada jenjang pendidikan tinggi bertujuan untuk mempersiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang berakhlak mulia, memiliki pengetahuan, keterampilan, kemandirian, dan sikap untuk menemukan, mengembangkan, serta menerapkan ilmu, teknologi, dan seni, yang bermanfaat bagi kemanusiaan.






1
LAMPIRAN PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL
NOMOR 23 TAHUN 2006 TANGGAL 23 MEI 2006
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN (SKL)
A. STANDAR KOMPETENSI
LULUSAN SATUAN
PENDIDIKAN (SKL-SP)
Standar Kompetensi Lulusan Satuan Pendidikan (SKL-SP) meliputi:
1. SD/MI/SDLB/Paket A;
2. SMP/MTs./SMPLB/Paket B;
3. SMA/MA/SMALB/Paket C;
4. SMK/MAK.
Standar Kompetensi Lulusan Satuan Pendidikan (SKL-SP) dikembangkan berdasarkan tujuan setiap satuan pendidikan, yakni:
1.Pendidikan Dasar, yang meliputi SD/MI/SDLB/Paket A dan SMP/MTs./SMPLB/Paket Bbertujuan: Meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut
2.Pendidikan Menengah yang terdiri atas SMA/MA/SMALB/Paket C
bertujuan: Meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut
3.Pendidikan Menengah Kejuruan yang terdiri atas SMK/MAK bertujuan:
Meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut
sesuai dengan kejuruannya
Adapun Standar Kompetensi Lulusan Satuan Pendidikan (SKL-SP) selengkapnya adalah:
SD/MI/SDLB*/Paket A
1.Menjalankan ajaran agama yang dianut sesuai dengan tahap perkembangan anak
2.Mengenal kekurangan dan kelebihan diri sendiri
3.Mematuhi aturan-aturan sosialyang berlaku dalam lingkungannya
4.Menghargai keberagaman agama, budaya, suku, ras, dan golongan sosial ekonomi di lingkungan sekitarnya
5.Menggunakan informasi tentang lingkungansekitar secara logis, kritis, dan kreatif
6.Menunjukkan kemampuan berpikir logis, kritis, dan kreatif, dengan bimbingan guru/pendidik
7.Menunjukkan rasa keingintahuan yang tinggi dan menyadari potensinya
8.Menunjukkan kemampuan memecahkan masalah sederhana dalam kehidupan sehari-hari
9.Menunjukkan kemampuan mengenali gejalaalam dan sosial di lingkungan sekitar
10.Menunjukkan kecintaan dan kepedulian terhadap lingkungan
11.Menunjukkan kecintaan dan kebanggaanterhadap bangsa, negara, dan tanah air Indonesia
12.Menunjukkan kemampuan untuk melakukan kegiatan seni dan budaya lokal
13.Menunjukkan kebiasaan hidup bersih, sehat, bugar, aman, dan memanfaatkan waktu luang
14.Berkomunikasi secara jelas dan santun
15.Bekerja sama dalam kelompok, tolong-menolong, dan menjaga diri sendiri dalam lingkungan keluarga dan teman sebaya
16.Menunjukkan kegemaran membaca dan menulis
17.Menunjukkan keterampilan menyimak, berbicara, membaca, menulis, dan berhitung
SMP/MTs/SMPLB*/Paket B
1.Mengamalkan ajaran agama yang dianut sesuai dengan tahap
perkembangan remaja
2.Memahami kekurangan dan kelebihan diri sendiri
3.Menunjukkan sikap percaya diri
4.Mematuhi aturan-aturan sosial yang berlaku dalam lingkungan yang lebih luas
5.Menghargai keberagaman agama, budaya, suku, ras, dan golongan sosial ekonomi dalam lingkup nasional
6.Mencari dan menerapkan informasi dari lingkungan sekitar dan sumber-sumber lain secara logis, kritis, dan kreatif
7.Menunjukkan kemampuan berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif
8.Menunjukkan kemampuan belajar secara mandiri sesuai dengan potensi yang dimilikinya
9.Menunjukkan kemampuan menganalisis dan memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari
10.Mendeskripsi gejala alam dan sosial
11.Memanfaatkan lingkungan secara bertanggung jawab
12.Menerapkan nilai-nilai kebersamaan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara demi terwujudnya persatuan dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia
13.Menghargai karya seni dan budaya nasional
14.Menghargai tugas pekerjaan dan memiliki kemampuan untuk berkarya
15.Menerapkan hidup bersih, sehat, bugar, aman, dan memanfaatkan waktu luang
16.Berkomunikasi dan berinteraksi secara efektif dan santun
17.Memahami hak dan kewajiban diri dan orang lain dalam pergaulan di masyarakat
18.Menghargai adanya perbedaan pendapat
19.Menunjukkan kegemaran membaca dan menulis naskah pendek sederhana
20.Menunjukkan keterampilan menyimak, berbicara, membaca, dan menulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris sederhana
21.Menguasai pengetahuan yang diperlukan untuk mengikuti pendidikan menengah
SMA/MA/SMALB*/Paket C
1.Berperilaku sesuai dengan ajaran agama yang dianut sesuai dengan perkembangan remaja
2.Mengembangkan diri secara optimal dengan memanfaatkan kelebihan diri serta memperbaiki kekurangannya
3.Menunjukkan sikap percaya diri dan bertanggung jawab atas perilaku, perbuatan, dan pekerjaannya
4.Berpartisipasi dalam penegakan aturan-aturan sosial
5.Menghargai keberagaman agama, bangsa, suku, ras, dan golongan sosial ekonomi dalam lingkup global
6.Membangun dan menerapkan informasi dan pengetahuan secara logis, kritis, kreatif, dan inovatif
7.Menunjukkan kemampuan berpikir logis,kritis, kreatif, dan inovatif dalam pengambilan keputusan
8.Menunjukkan kemampuan mengembangkan budaya belajar untuk pemberdayaan diri
9.Menunjukkan sikap kompetitifdan sportif untuk mendapatkan hasil yang terbaik
10.Menunjukkan kemampuan menganalisis dan memecahkan masalah kompleks
11.Menunjukkan kemampuan menganalisis gejala alam dan sosial
12.Memanfaatkan lingkungan secara produktif dan bertanggung jawab
13.Berpartisipasi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara secara demokratis dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia
14.Mengekspresikan diri melalui kegiatan seni dan budaya
15.Mengapresiasi karya seni dan budaya
16.Menghasilkan karya kreatif, baik individual maupun kelompok
17.Menjaga kesehatan dan keamanan diri, kebugaran jasmani, serta kebersihan lingkungan
18.Berkomunikasi lisan dan tulisan secara efektif dan santun
19.Memahami hak dan kewajiban diri dan orang lain dalam pergaulan di masyarakat
20.Menghargai adanya perbedaan pendapat dan berempati terhadap orang lain
21.Menunjukkan keterampilan membaca dan menulis naskah secara sistematis dan estetis
22.Menunjukkan keterampilan menyimak, membaca, menulis, dan berbicara dalam bahasa Indonesia dan Inggris
23.Menguasai pengetahuan yang diperlukan untuk mengikuti pendidikan tinggi
SMK/MAK
1.Berperilaku sesuai dengan ajaran agama yang dianut sesuai dengan perkembangan remaja
2.
Mengembangkan diri secara optimal de
ngan memanfaatkan kelebihan diri
serta memperbaiki kekurangannya
3.
Menunjukkan sikap percaya diri dan
bertanggung jawab atas perilaku,
perbuatan, dan pekerjaannya
4.
Berpartisipasi dalam penega
kan aturan-aturan sosial
5.
Menghargai keberagaman agama, bangsa, suku, ras, dan golongan sosial
ekonomi dalam lingkup global
6.
Membangun dan menerapkan informasi
dan pengetahuan
secara logis,
kritis, kreatif, dan inovatif
7.
Menunjukkan kemampuan berpikir logis,
kritis, kreatif, dan inovatif
dalam pengambilan keputusan
8.
Menunjukkan kemampuan mengembangkan budaya belajar untuk
pemberdayaan diri
9.
Menunjukkan sikap kompetitif
dan sportif untuk mendapatkan hasil yang
terbaik
10.
Menunjukkan kemampuan menganalisis dan memecahkan masalah
kompleks
11.
Menunjukkan kemampuan menganalisi
s gejala alam dan sosial
12.
Memanfaatkan lingkungan secara pr
oduktif dan bertanggung jawab
13.
Berpartisipasi dalam ke
hidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara
secara demokratis da
lam wadah Negara Kesa
tuan Republik Indonesia
14.
Mengekspresikan diri melalui
kegiatan seni dan budaya
15.
Mengapresiasi karya seni dan budaya
16.
Menghasilkan karya kreatif, baik individual maupun kelompok
17.
Menjaga kesehatan dan keamanan
diri, kebugaran jasmani, serta
kebersihan lingkungan
18.
Berkomunikasi lisan dan tulisa
n secara efektif dan santun
5
19.
Memahami hak dan kewajiban diri da
n orang lain dalam pergaulan di
masyarakat
20.
Menghargai adanya perbedaan pendapat
dan berempati terhadap orang lain
21.
Menunjukkan keterampilan membaca
dan menulis naskah secara
sistematis dan estetis
22.
Menunjukkan keterampilan menyimak,
membaca, menulis, dan berbicara
dalam bahasa Indonesia dan Inggris
23.
Menguasai kompetensi program keahlian dan kewirausahaan baik untuk
memenuhi tuntutan dunia kerja mau
pun untuk mengikuti pendidikan tinggi
sesuai dengan kejuruannya
Catatan: * Berlaku untuk A,B,D,E
Sedangkan untuk C, C1, D1, dan G ditetapkan tersendiri
B.
STANDAR KOMPETENSI
KELOMPOK MATA
PELAJARAN (SK-KMP)
Standar Kompetensi Kelompok Mata
Pelajaran (SK-KMP) terdiri atas
kelompok-kelompok mata pelajaran:
1.
Agama dan Akhlak Mulia;
2.
Kewarganegaraan dan Kepribadian;
3.
Ilmu Pengetahuan dan Teknologi;
4.
Estetika;
5.
Jasmani, Olah Raga, dan Kesehatan.
Standar Kompetensi Kelompok Mata
Pelajaran (SK-KMP) dikembangkan
berdasarkan tujuan dan cakupan muatan
dan/ atau kegiatan setiap kelompok
mata pelajaran, yakni:
1.
Kelompok mata pelajaran Agama
dan Akhlak Mulia bertujuan:
membentuk peserta didik menjadi ma
nusia yang beriman dan bertakwa
kepada Tuhan Yang Maha Esa serta
berakhlak mulia. Tujuan tersebut
dicapai melalui muatan dan/atau kegiatan agama, kewarganegaraan,
kepribadian, ilmu pengetahuan dan te
knologi, estetika, jasmani, olahraga,
dan kesehatan.
2.
Kelompok mata pelajaran Kewarganeg
araan dan Kepribadian bertujuan:
membentuk peserta didik menjadi manus
ia yang memiliki rasa kebangsaan
dan cinta tanah air. Tujuan ini dicapa
i melalui muatan dan/atau kegiatan
agama, akhlak mulia, kewarganegar
aan, bahasa, seni dan budaya, dan
pendidikan jasmani.
3.
Kelompok mata pelajaran Ilmu Pe
ngetahuan dan Teknol
ogi bertujuan:
mengembangkan logika, kemampuan berpik
ir dan analisis peserta didik.
Pada satuan pendidikan SD/MI/SDLB/Paket A, tujuan ini dicapai melalui
muatan dan/atau kegiatan bahasa, matematika, ilmu pengetahuan alam,
ilmu pengetahuan sosial,
keterampilan/kejuruan, dan muatan lokal yang
relevan,
6
Pada satuan pendidikan SMP/MTs/SMPLB/Paket B, tujuan ini dicapai
melalui muatan dan/atau kegiatan ba
hasa, matematika,
ilmu pengetahuan
alam, ilmu pengetahuan sosial, ketera
mpilan/kejuruan, dan/atau teknologi
informasi dan komunikasi, serta muatan lokal yang relevan
Pada satuan pendidikan SMA/MA/SMALB/Paket C, tujuan ini dicapai
melalui muatan dan/atau kegiatan ba
hasa, matematika,
ilmu pengetahuan
alam, ilmu pengetahuan sosial, ketera
mpilan/kejuruan, teknologi informasi
dan komunikasi, serta muatan lokal yang relevan
Pada satuan pendidikan SMK/MAK, tujuan ini dicapai melalui muatan
dan/atau kegiatan bahasa, matema
tika, ilmu pengetahuan alam, ilmu
pengetahuan sosial, keterampilan,
kejuruan, teknologi informasi dan
komunikasi, serta muatan lokal yang relevan
4.
Kelompok mata pelajaran Estetika bert
ujuan: membentuk karakter peserta
didik menjadi manusia yang memiliki
rasa seni dan pemahaman budaya.
Tujuan ini dicapai melalui muatan da
n/atau kegiatan bahasa, seni dan
budaya, keterampilan, dan muatan lokal yang relevan.
5.
Kelompok mata pelajaran Jasmani, Olah
Raga, dan Kesehatan bertujuan:
membentuk karakter peserta didik ag
ar sehat jasmani dan rohani, dan
menumbuhkan rasa sportivitas. Tujuan ini dicapai melalui muatan dan/atau
kegiatan pendidikan jasmani, olah
raga, pendidikan kesehatan, ilmu
pengetahuan alam, dan muatan lokal yang relevan.
Adapun Standar Kompetensi Kelompok Ma
ta Pelajaran (SK-KMP) untuk masing-
masing satuan pendidikan selengkapnya adalah sebagai berikut:
1. Agama dan Akhlak Mulia
SD/MI/SDLB*/Paket A
1.
Menjalankan ajaran agama yang
dianut sesuai dengan tahap
perkembangan anak
2.
Menunjukkan sikap jujur dan adil
3.
Mengenal keberagaman agama, budaya,
suku, ras, dan golongan sosial
ekonomi di lingkungan sekitarnya
4.
Berkomunikasi secara santun yang me
ncerminkan harkat dan martabatnya
sebagai makhluk Tuhan
5.
Menunjukkan kebiasaan
hidup bersih, sehat, bugar, aman, dan
memanfaatkan waktu luang sesu
ai dengan tuntunan agamanya
6.
Menunjukkan kecintaan dan kepedulian
terhadap sesama manusia dan
lingkungan sebagai makhluk ciptaan Tuhan
SMP/MTs/SMPLB*/Paket B
1.
Mengamalkan ajaran agama yang dianut sesuai dengan tahap
perkembangan remaja
2.
Menerapkan nilai-nilai kejujuran dan keadilan
3.
Memahami keberagaman agama, budaya
, suku, ras, dan golongan sosial
ekonomi
7
4.
Berkomunikasi dan berinteraksi s
ecara efektif dan santun yang
mencerminkan harkat dan martab
atnya sebagai makhluk Tuhan
5.
Menerapkan hidup bersih, sehat, bu
gar, aman, dan memanfaatkan waktu
luang sesuai dengan tuntunan agamanya
6.
Memanfaatkan lingkungan sebagai makhluk ciptaan Tuhan secara
bertanggung jawab
7.
Menghargai perbedaan pendapat da
lam menjalankan ajaran agama
SMA/MA/SMALB*/Paket C
1.
Berperilaku sesuai dengan ajaran agama yang dianut sesuai dengan
perkembangan remaja
2.
Menghargai keberagaman agama, bangs
a, suku, ras, golongan sosial
ekonomi, dan budaya dalam tatanan global
3.
Berpartisipasi dalam penega
kan aturan-aturan sosial
4.
Memahami hak dan kewajiban diri da
n orang lain dalam pergaulan di
masyarakat
5.
Menghargai adanya perbedaan pendapat
dan berempati terhadap orang lain
6.
Berkomunikasi dan berinteraksi secara efektif dan santun melalui berbagai
cara termasuk pemanfaatan teknol
ogi informasi yang mencerminkan
harkat dan martabatnya
sebagai makhluk Tuhan
7.
Menjaga kebersihan, kesehatan, keta
hanan dan kebugaran jasmani dalam
kehidupan sesuai dengan tuntunan agama
8.
Memanfaatkan lingkungan sebagai makhluk ciptaan Tuhan secara
bertanggung jawab
SMK/MAK
1.
Berperilaku sesuai dengan ajaran agama yang dianut sesuai dengan
perkembangan remaja
2.
Menghargai keberagaman agama, bangs
a, suku, ras, golongan sosial
ekonomi, dan budaya dalam tatanan global
3.
Berpartisipasi dalam penega
kan aturan-aturan sosial
4.
Memahami hak dan kewajiban diri da
n orang lain dalam pergaulan di
masyarakat
5.
Menghargai adanya perbedaan pendapat
dan berempati terhadap orang lain
6.
Berkomunikasi dan berinteraksi secara efektif dan santun melalui berbagai
cara termasuk pemanfaatan teknol
ogi informasi yang mencerminkan
harkat dan martabatnya sebagai makhluk Tuhan
7.
Menjaga kebersihan, kesehatan, keta
hanan dan kebugaran jasmani dalam
kehidupan sesuai dengan tuntunan agama
8.
Memanfaatkan lingkungan sebagai makhluk ciptaan Tuhan secara
bertanggung jawab
8
2.
Kewarganegaraan dan Kepribadian
SD/MI/SDLB*/Paket A
1.
Menunjukkan kecintaan dan kebanggaan
terhadap bangsa, negara, dan
tanah air Indonesia
2.
Mematuhi aturan-aturan sosial
yang berlaku dalam lingkungannya
3.
Menghargai keberagaman agama, budaya
, suku, ras, dan golongan sosial
ekonomi di lingkungan sekitarnya
4.
Menunjukkan kecintaan dan kepedulian terhadap lingkungan
5.
Mengenal kekurangan dan ke
lebihan diri sendiri
6.
Menunjukkan rasa keingint
ahuan yang tinggi dan menyadari potensinya
7.
Berkomunikasi secara santun
8.
Menunjukkan kegemaran membaca
9.
Menunjukkan kebiasaan
hidup bersih, sehat, bugar, aman, dan
memanfaatkan waktu luang
10.
Bekerja sama dalam kelompok, tolong
-menolong, dan menjaga diri sendiri
dalam lingkungan keluarga
dan teman sebaya
11.
Menunjukkan kemampuan mengekspresikan
diri melalui kegiatan seni dan
budaya lokal
SMP/MTs/SMPLB*/Paket B
1.
Menerapkan kebersamaan dalam kehi
dupan bermasyarakat, berbangsa,
dan bernegara demi terwujudnya pe
rsatuan dalam Negara Kesatuan
Republik Indonesia
2.
Mematuhi aturan-aturan so
sial, hukum dan perundangan
3.
Menghargai keberagaman agama, budaya
, suku, ras, dan golongan sosial
ekonomi dalam lingkup nasional
4.
Memanfaatkan lingkungan secara bertanggung jawab
5.
Memahami kekurangan dan kelebihan diri sendiri
6.
Berkomunikasi dan berinteraksi
secara efektif dan santun
7.
Menunjukkan sikap
percaya diri
8.
Menunjukkan kegemaran membaca dan menulis
9.
Menunjukkan kemampuan belajar secara
mandiri sesuai dengan potensi
yang dimilikinya
10.
Menghargai tugas pekerjaan dan me
miliki kemampuan untuk berkarya
11.
Menunjukkan kebiasaan
hidup bersih, sehat, bugar, dan aman dalam
kehidupan sehari-hari
12.
Memahami hak dan kewajiban diri da
n orang lain dalam pergaulan di
masyarakat
13.
Menghargai adanya perbedaan pendapat
14.
Menghargai karya seni dan budaya nasional Indonesia
9
SMA/MA/SMALB*/Paket C
1.
Berpartisipasi dalam ke
hidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara
secara demokratis da
lam wadah Negara Kesa
tuan Republik Indonesia
2.
Berpartisipasi dalam
penegakan aturan-aturan sosial, hukum dan
perundangan
3.
Menghargai keberagaman agama, bangs
a, suku, ras, golongan sosial
ekonomi, dan budaya dalam tatanan global
4.
Memanfaatkan lingkungan secara produk
tif dan bertanggung jawab
5.
Mengembangkan diri secara optimal de
ngan memanfaatkan kelebihan diri
serta memperbaiki kekurangannya
6.
Berkomunikasi dan berinteraksi secara efektif dan santun melalui berbagai
cara termasuk pemanfaatan teknologi informasi
7.
Menunjukkan sikap percaya diri dan
bertanggung jawab atas perilaku,
perbuatan, dan pekerjaannya
8.
Menunjukkan kemampuan mengembangkan budaya belajar untuk
pemberdayaan diri
9.
Menunjukkan kegemaran membaca dan menulis
10.
Berkarya secara kreatif, ba
ik individual maupun kelompok
11.
Menjaga kesehatan, ketaha
nan, dan kebugaran jasmani
12.
Menunjukkan sikap kompetiti
f dan sportif untuk meningkatkan ketaqwaan
dan memperkuat kepribadian
13.
Memahami hak dan kewajiban diri da
n orang lain dalam pergaulan di
masyarakat
14.
Menghargai adanya perbedaan pendapat
dan berempati terhadap orang lain
15.
Menunjukkan apresiasi terhadap karya estetika
SMK/MAK
1.
Berpartisipasi dalam ke
hidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara
secara demokratis dalam wadah Ne
gara Kesatuan
Republik Indonesia
2.
Berpartisipasi dalam
penegakan aturan-aturan sosial, hukum dan
perundangan
3.
Menghargai keberagaman agama, bangs
a, suku, ras, golongan sosial
ekonomi, dan budaya dalam tatanan global
4.
Memanfaatkan lingkungan secara produk
tif dan bertanggung jawab
5.
Mengembangkan diri secara optimal de
ngan memanfaatkan kelebihan diri
serta memperbaiki kekurangannya
6.
Berkomunikasi dan berinteraksi secara efektif dan santun melalui berbagai
cara termasuk pemanfaatan teknologi informasi
7.
Menunjukkan sikap percaya diri dan
bertanggung jawab atas perilaku,
perbuatan, dan pekerjaannya
8.
Menunjukkan kemampuan mengembangkan budaya belajar untuk
pemberdayaan diri
10
9.
Menunjukkan kegemaran membaca dan menulis
10.
Berkarya secara kreatif, ba
ik individual maupun kelompok
11.
Menjaga kesehatan, ketaha
nan, dan kebugaran jasmani
12.
Menunjukkan sikap kompetiti
f dan sportif untuk meningkatkan ketaqwaan
dan memperkuat kepribadian
13.
Memahami hak dan kewajiban diri da
n orang lain dalam pergaulan di
masyarakat
14.
Menghargai adanya perbedaan pendapat
dan berempati terhadap orang lain
15.
Menunjukkan apresiasi terhadap karya estetika
3.
Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
SD/MI/SDLB*/Paket A
1.
Mengenal dan menggunakan berbagai
informasi tentang lingkungan
sekitar secara logis, kritis, dan kreatif
2.
Menunjukkan kemampuan berpikir logi
s, kritis, dan kreatif dengan
bimbingan guru/pendidik
3.
Menunjukkan rasa keingint
ahuan yang tinggi
4.
Menunjukkan kemampuan memecahka
n masalah sederhana dalam
kehidupan sehari-hari
5.
Menunjukkan kemampuan mengenali gejala
alam dan sosial di lingkungan
sekitar
6.
Menunjukkan keterampilan menyimak, berb
icara, membaca, menulis, dan
berhitung
7.
Menunjukkan kebiasaan
hidup bersih, sehat, bugar, aman, dan
memanfaatkan waktu luang
SMP/MTs/SMPLB*/Paket B
1.
Mencari dan menerapkan informasi
secara logis, kritis, dan kreatif
2.
Menunjukkan kemampuan berpikir logis, kritis, dan kreatif
3.
Menunjukkan kemampuan belajar secara
mandiri sesuai dengan potensi
yang dimilikinya
4.
Menunjukkan kemampuan menganalisis
dan memecahkan masalah dalam
kehidupan sehari-hari
5.
Mendeskripsi gejala
alam dan sosial
6.
Memanfaatkan lingkungan secara bertanggung jawab
7.
Menghargai tugas pekerjaan dan me
miliki kemampuan untuk berkarya
8.
Menerapkan hidup bersih, sehat buga
r, aman, dan memanfaatkan waktu
luang
9.
Memiliki keterampilan menyimak, berbicara, membaca, dan menulis
dalam bahasa Indonesia dan Inggris sederhana
11
10.
Menguasai pengetahuan yang dipe
rlukan untuk mengi
kuti pendidikan
menengah
SMA/MA/SMALB*/Paket C
1.
Membangun dan menerapkan informasi, pengetahuan, dan teknologi
secara logis, kritis, kreatif, dan inovatif
2.
Menunjukkan kemampuan berpikir logis,
kritis, kreatif, dan inovatif
secara mandiri
3.
Menunjukkan kemampuan mengembangkan budaya belajar untuk
pemberdayaan diri
4.
Menunjukkan sikap kompetitif, sportif,
dan etos kerja untuk mendapatkan
hasil yang terbaik dalam bidang iptek
5.
Menunjukkan kemampuan menganalisis dan memecahkan masalah
kompleks
6.
Menunjukkan kemampuan menganalisis feno
mena alam dan sosial sesuai
dengan kekhasan daerah masing-masing
7.
Memanfaatkan lingkungan secara produk
tif dan bertanggung jawab
8.
Berkomunikasi dan berinteraksi secara efektif dan santun melalui berbagai
cara termasuk pemanfaatan teknologi informasi
9.
Menunjukkan kegemaran membaca dan menulis
10.
Menunjukkan keterampilan menyimak,
membaca, menulis, dan berbicara
dalam bahasa Indonesia dan Inggris
11.
Menguasai pengetahuan yang dipe
rlukan untuk mengi
kuti pendidikan
tinggi
SMK/MAK
1.
Membangun dan menerapkan informasi, pengetahuan, dan teknologi
secara logis, kritis, kreatif, dan inovatif
2.
Menunjukkan kemampuan berpikir logis,
kritis, kreatif, dan inovatif
secara mandiri
3.
Menunjukkan kemampuan mengembangkan budaya belajar untuk
pemberdayaan diri
4.
Menunjukkan sikap kompetitif, sportif,
dan etos kerja untuk mendapatkan
hasil yang terbaik dalam bidang iptek
5.
Menunjukkan kemampuan menganalisis dan memecahkan masalah
kompleks
6.
Menunjukkan kemampuan menganalisis feno
mena alam dan sosial sesuai
dengan kekhasan daerah masing-masing
7.
Memanfaatkan lingkungan secara produk
tif dan bertanggung jawab
8.
Berkomunikasi dan berinteraksi secara efektif dan santun melalui berbagai
cara termasuk pemanfaatan teknologi informasi
9.
Menunjukkan kegemaran membaca dan menulis
10.
Menunjukkan keterampilan menyimak,
membaca, menulis, dan berbicara
dalam bahasa Indonesia dan Inggris
12
11.
Menguasai kompetensi program keahli
an dan kewirausahaan baik untuk
memenuhi tuntutan dunia kerja maupun untuk mengikuti pendidikan tinggi
sesuai dengan kejuruannya
4. Estetika
SD/MI/SDLB*/Paket A
1.
Menunjukkan kemampuan untuk melakuka
n kegiatan seni dan budaya
lokal
SMP/MTs/SMPLB*/Paket B
1.
Memanfaatkan lingkungan untuk kegiatan apresiasi seni
2.
Menghargai karya seni, budaya, dan ke
terampilan sesuai dengan kekhasan
lokal
3.
Menunjukkan kegemaran membaca dan menulis karya seni
SMA/MA/SMALB*/Paket C
1.
Memanfaatkan lingkungan untuk kegiat
an apresiasi dan kreasi seni
2.
Menunjukkan apresiasi terhadap karya seni
3.
Menunjukkan kegemaran membaca dan menulis karya seni
4.
Menghasilkan karya kreatif, baik individual maupun kelompok
SMK/MAK
1.
Memanfaatkan lingkungan untuk kegiat
an apresiasi dan kreasi seni
2.
Menunjukkan apresiasi terhadap karya seni
3.
Menunjukkan kegemaran membaca dan menulis karya seni
4.
Menghasilkan karya kreatif, baik individual maupun kelompok
5. Jasmani, Olah Raga, dan Kesehatan
SD/MI/SDLB*/Paket A
1.
Menunjukkan kebiasaan hidup bersih, sehat, bugar, aman dan
memanfaatkan waktu luang
2.
Mengenal berbagai informasi tentang
potensi sumber daya lokal untuk
menunjang hidup bersih, sehat, buga
r, aman dan memanfaatkan waktu
luang
SMP/MTs/SMPLB*/Paket B
1.
Menunjukkan kebiasaan hidup bersih, sehat, bugar, aman dan
memanfaatkan waktu luang dengan
memanfaatkan lingkungan secara
bertanggung jawab
2.
Mencari dan menerapkan berbagai info
rmasi tentang potensi sumber daya
lokal untuk menunjang hidup bersih, sehat, bugar, aman dan
memanfaatkan waktu luang
13
SMA/MA/SMALB*/Paket C
1.
Menjaga kesehatan, ketaha
nan, dan kebugaran jasmani
2.
Membangun dan menerapkan informasi dan pengetahuan potensi lokal
untuk menunjang kesehatan, ketaha
nan, dan kebugaran jasmani
3.
Menunjukkan sikap kompetitif
dan sportif untuk mendapatkan hasil yang
terbaik dalam bidang pe
ndidikan jasmani, olah raga, dan kesehatan
SMK/MAK
1.
Menjaga kesehatan, ketaha
nan, dan kebugaran jasmani
2.
Membangun dan menerapkan informasi dan pengetahuan potensi lokal
untuk menunjang kesehatan, ketaha
nan, dan kebugaran jasmani
3.
Menunjukkan sikap kompetitif
dan sportif untuk mendapatkan hasil yang
terbaik dalam bidang pe
ndidikan jasmani, olah raga, dan kesehatan
Catatan: * Berlaku untuk A,B,D,E
Sedangkan untuk C, C1, D1, dan G ditetapkan tersendiri


Tidak ada komentar:

Posting Komentar