Rabu, 08 Januari 2014

Strategi Pembelajaran Bahasa (Belajar)





Nama               : DYAN TEZA ANGGARA
Program Studi : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (UNIKU)
Tinggkat/kelas : II/A
 



Pertanyaan:
Anda calon seorang guru Bahasa Indonesia dan akan mengajarkan materi Frase disuatu sekolah. Bagaimanakah model belajar yang akan anda kembangkan berdasarkan teori Roberth Gagne dan bagaimana Proses kegiatan belajar itu berlangsung?

Jawaban:
Sebagai calon seorang guru Bahasa Indonesia, ketika saya akan mengajar disuatu sekolah dengan materi Frase maka model pembelajaran yang aaan saya gunakan yaitu model pembelajaran komulatif dengan teknik stimulus – respons (S-R). Dengan teknik ini siswa akan memperhatikan stimulus yang diberikan guru kemudian menangkap artinya dan memahami stimulus tersebut untuk kemudian ditafsirkan sendiri dengan berbagai cara.
Berikut adalah perencanaan pengembangan model pembelajaran komulatif dengan teknik stimulus – respons (S-R), yaitu sebagai berikut:
1.      Menjelaskan tentang pengertian dan dasar – dasar tentang Frase.
2.      Memberikan contoh tentang frase dalam bentuk kalimat
Contoh: Seorang siswa sedang membaca sebuah buku di Perpustakaan.
3.      Setelah dirasa cukup menjelaskan materi frase, maka guru bertanya pada siswa. Apakah penjelasannya tadi dapat dimengerti.
4.      Agar adanya komunikasi diadakannya sesi tanya jawab antara guru dan siswa
5.      Guru meminta seorang siswa untuk menjelaskan kembali apa yang telah guru jelaskan, agar adanya respon dari sisa terhadap guru.
6.      Setelah itu tahp terakhit yaitu mengevaluasi kemampuan siswa, dengan soal – soal yang berkaitan dengan frase.

Dalam proses kegiatan belajar menggunakan model pemebelajaran tersebut, kemungkinan siswa akan mengalami beberapa frase proses belajar, antaralain:
1)      Fase Receiving the stimulus situation (apprehending), merupakan fase seseorang memperhatikan stimulus tertentu kemudian menangkap artinya dan memahami stimulus tersebut untuk kemudian ditafsirkan sendiri dengan berbagai cara.
2)      Fase Stage of Acquition, pada fase ini seseorang akan dapat memperoleh suatu kesanggupan yang belum diperoleh sebelumnya dengan menghubung-hubungkan informasi yang diterima dengan pengetahuan sebelumnya.
3)      Fase storage /retensi adalah fase penyimpanan informasi, ada informasi yang disimpan dalam jangka pendek ada yang dalam jangka panjang, melalui pengulangan informasi dalam memori jangka pendek dapat dipindahkan ke memori jangka panjang.
4)      Fase Retrieval/Recall, adalah fase mengingat kembali atau memanggil kembali informasi yang ada dalam memori.
5)      Fase penampilan adalah fase dimana siswa harus memperlihatkan sesuatu penampilan yang nampak setelah mempelajari sesuatu, seperti mempelajari struktur kalimat dalam bahasa mereka dapat membuat kalimat yang benar.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar