Kamis, 09 Januari 2014

PERITIWA TUTUR




Dell Hymes (1972), seorang pakar sodiolinguistikterkenal, bahwa suatu peristiwa tutur harus memenuhi delapan komponen, yang bila huruf-huruf pertamanya dirangkaikan menjadi akronim SPEAKING. Kedelapan komponen itu adalah (diangkat dari Wadhaugh 1990):
S (Setting and scene) = Waktu dan tempat tutur berlangsung.
P (Participant) = Pihak yang terlibat dalam petistiwa tutur.
E (Ends : purpose and goal) = Maksud dan tujuan tuturan.
A (Act sequence) = Bentuk ujaran dan isi ujaran.
K (Key : tone or spirit of act) = Nada dan cara.
I (Instrumentalities) = Jalur bahasa yang digunakan.
N (norms of interaction and interpretation) = norma atua peraturan dalam berinteraksi.
G (Genres) = Bentuk penyampaian.

Percakapan:
A : Baca novel naon bel?
B : Itu, novel Dony Dirgantoro the.
A : Ceritanya gimana ini?
B : Itu ih…da tentang persahabatan kitu the.
A : Tokohna loba?
B : Lima, nya tokoh utamana mah lima. Cuman banyak tokoh pembantu. Ih..pokona mah euh ceritanya tentang sahabat. Pas aku udah baca novelnya tuh yang namanya arti sahabat tuh emang segalanya teh.
A : Mana liat !
B : Nih
A : Hmmm… cetakan pertama 2005 yah? Banyak bahasa inggris nya ih..
B : Iyah puguh ge, pengen minta bantuan anak bahasa inggris.
A : Mang google.. hehe
B : Jaaaahhh mang google, suka ngaco ih artinya.
A : Kamu teh udah selesai ieu bacanya?
B : Belum ih.. bentar lagi da.
A : Aku pinjem boleh?
B : Sok ajah, tapi entar aku belum selesai.
A : Jiaaah.. gening ada innalillahi wainnailaihi rojiun?
B : Belum dibaca ke situ mah
A : Kaya tulisan tangan
B : Iyah, maksudnya eta teh kan surat
A : Oh surat
B : Da aku belum baca sih yang itu mah, Cuma sakolepat hahay deeuuh hehe..
A : Sakolepat? Idih bahasanya haha..  yahuy, gue ga bakal…..
B : Aya nu dusunan tau ih
A : Dusunna gimana?
B : Di awal-awal geura dibuka!
A : Ih gening aya rumus kieu?
B : Itu teh rumus anak-anak ajah,  nanti atuh baca. Bukan rumus yang gimana gitu
A : I just run! Daftar isinya bagus ada gambarnya
B : Tapi itu yah English. Come back way apa? Way nya apa?
A : Gak tau.
B : Once again….a dream. Suatu nanti mimpi itu akan jadi kenyataan.
A : I just run!
B : Coba, coba liat dari itunya coba. Daftar isi.
A : Me and you vs the world!
B : Aku, kamu dan dunia.
A : Bukan ih, aku dan kamu melawan dunia.
B dan A : Semua mempunyai mimpi.
B : Kuning.
A : Sayap untuk terbang.
B : Jangan berhenti di sini sekrang. Rumanisa itu apa ya?
A : Istilah?
B : Iya, istilah untuk sebuah kelompok da pokona mah.
A : You are universe.
B : Universe teh maksudna mah segalanya.
A : Kamu adalah seegalanya berarti. You are my everithink.
B : itu tuh a letter, a heart to remember?
A : Hati, surat untuk dikenang. Bagus buat dibaca sahabat gitu tuh. Ini kaya bahasa sms deh.
B : Iya ceritanya lagi nyeritain chattingan.
A : Oohh….
B : Heh bĂȘte.
A : Jalan-jalan atuh.
B : Kemana?
A : Ya kemana ajah. Ih bukunya udah kaya gini.
B : Iya puguh nyebelin ih… deuh ati-ati kalo mau pinjem ya!
A : Iya, iyah. Yaudah tar kalo kamu udah selesai kabarin aku yah, aku mau pinjem.
B : Oke, tiga harian, eh…engga deh engga. Coba-coba liat aku udah sampe mana yah. Nih … batas aku. Ya paling tiga hari lagi, mentok-mentok lima hari lagi lah.
A : yaudah, aku ke kelas dulu yah.
B : Iya,iyah yuuuuu..


Berdasarkan dialog di atas, telah ditemukan peristiwa tutur.
S = 10 Oktober 2012 pukul 11:27. Durasi 04:58, tempat di kampus.
P = Mahasiswa 1, 2
E = Membicarakan novel
A = Percakapan biasa
K = Suasananya ramai
I = Jalur bahasa yang digunakan, jalur lisan
N = Tidak memotong pembicaraan lawan bicara

G = Jenis bentuk penyampaiannya Eksposisi, pembicara memberi tahu kepada pendengar tentang isi novel.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar