Rabu, 08 Januari 2014

Naskah Teater Remaja












Asalmula Kota Kuningan
Karya : D . T . A.

ALKISAH, DI SEBUAH KERAJAAN LURAGUNG YANG DI PIMPIN OLEH RAJA RAKEAN DARMARIKSA KERAJAAN TERSEBUT MENGANUT AGAMA HINDU, DAN WILAYAH TERSEBUT ADALAH WILAYAH KERAJAAN PASUNDAN YANG TERKENAL DENGAN NAMA TARUMANEGARA.

  Raja RD
: “Aku merasa sudah cukup tua untuk mengurus kerajaan ini. Aku merasa tidak sanggup lagi.”

 Patih
: “ampun beribu ampun rajaku. Raja masih kuat,  Untuk memimpin kerajaan ini” 

Raja RD
: “Aku sudah mumet memikirkan kerjaan ini dan sudah saatnya aku pensiun dari tahtaku”.

Patih
: “ tetapi, siapa yang akan menggantikan raja? Sedangkan rajaku tidak memiliki anak laki-laki?”

 Raja RD
: “Patih kau benar, aku tidak memiliki anak laki-laki. Aku memiliki 2 anak putri.  Antara Purbararang dan Purbasari, siapa yang pantas yang bisa kuhandalkan, bukan rayuan bukan pujian”

Patih
: “ampun beribu ampun rajaku, tuanputri purbabararang sudah menikah tetapi suaminya mati di medan pertempuran dan saat ini tuan putri sedang mengandung. Dan tuan putri purbasari belumsiap untuk menjadi raja ataupun menikah “



Raja RD
: ”lalu bagaimana patih apa yang harus aku lakukan masalah ini membuat aku tambah mumet”

(Munculah putri purbasari dari arah samping dan membawa bunga yang ia petik dari taman bersama dayang-dayang kerajaan)

Purbasari
: ”ayah, aku belum mau menikah sebelum aku menemukan laki-laki  yang aku sukai”

Raja RD
:’’tetapi ayahmu ini sudah tua, dan aku harus pensiun dan menikmatihari masa tua ku’’

Purbasari
;”pokonya aku tidak mau menikah, sebelum aku menemukan laki-laki yang aku sukai titik”

Raja RD
:’’kau harus menikah dan aku tidak mau tau, dayang-dayang bawa purbasari ke kamarnya”

Dayang
:’’baiklah tuan raja”

Purbasari
;”aku tidak mau menikah pokonya” (meninggalkan ruangan kerajaan)


Raja RD
:’’ lihatlah patih, lihatlah putriku sifatnya sangat jauh berbeda dengan purbabararang . mumet aku “ (seperti orang pusing)


BABAK II
DI SEBUH GUBUK , SYEH SYARIF HIDAYATULLAH  ATAU DI SEBUT DENGAN SUNAN GUNNING JATI BESERTA SANTRI-SANTRINYA YANG SEDANG BELAJAR MENGAJI DI GUBUKNYA.
(mengaji surat alfatihah dan aliqlas)

Sunan gunung jati
:’’ sodaqoulloh hulazim, sebelum kita mengakhiri pengajian hari ini marilah kita berdo’a “(tiba-tiba datanglah dua orang yang tergesah menghampiri sunan gunung jati)

Sodagar
:”Sunan,… sunan,…sunan “(berlari menggendong anaknya yang sedang sakit dari sebelah kanan)
“ Sunan tolonglah anak saya yang sedang sakit parah”

Sunan gunung jati
:”tenang-tenang saudagar,  harap tenang ada apa dengan anak saudagar”

Sodagar
:”anak saya terkena penyakit sunan tolong sembuhkan penyakit anak saya (memohon kepada nunan jati memegang tangan sunan gunung jati)  saya mohon sunan….”

Sunan gunung jati
:” saudagar jangan meminta tolong kepada saya memintalah kepada allah SWT, saya hanyalah makluk biasa dan saya juga bukan malaikat”

Sodagar
:”bagaimana saya meminta tolong kepada tuhan yang sunan sembah?”

Sunan gunung jati
:”saudagar hanya berdo’a meminta kepada allah SWT, insallah anak ibu tidak apa-apa… ayo saudagar kita berdo’a bersama untuk anak saudagar. (sunan gunung jati menadahkan tanganya dan membaca surat-surat)
“saudagar insallah keesokan harinya anak saudagar tidak apa-apa insallah”

Saudagar
:’’terimakasih sunan terimakasih…izinkan saya menyembah tuhan yang sunan sembah (memohon sambil mengendong anaknya yang sedang tertidur)

Sunan gunung jati
:”alhamdullilahhirobilallamin”

DAN AKHIRNYA  PADA SAAT ITU GUBUK SUNAN GUNUNG JATI DI PENUHI OLEH ORANG YANG INGIN MASUK AGAMA ISLAM DAN JUGA BELAJAR MENGAJI DI GUBUKNYA TERSEBUT, BERITA TERSEBUT  TERDENGAR OLEH PARA ABDI KERAJAAN DAN MELAPORKANNYA KEPADA SANG RAJA.




BABAK III

DI ISTANA RAJA ISU TENTANG SUNAN GUNUNG JATI TERDENGAR OLEH SANG RAJA DAN RAJAPUN MURKA TERHADAP SUNAN GUNUNG JATI.

Raja RD
:”patih, siapa yang bernama sunan gunung jati? Berani-braninya dia menyebarkan agamanya mempengaruhi rakyat-rakyatku saat ini apa  apa kehebatanya?”

Patih
:”ampun beribu ampun tuan raja, saya dengar dia adalah seorang yang hebat dia dapat menyembuhkan orang sakit, dan saya dengar juga agama yang dia sebarkan adalah agama islam, tuanku ?”

Raja RD
:”kurang ajar,(dengan wajah marah) perintahkan pasukan untuk menyeret si sunan gunung jati itu ke hadapanku ”

Patih
:”baiklah tuanku hamba akan memerintahkan pasukan untuk menyeretnya ke istana, hamba mohon pamit” (pamit dari istana menuju gubuk sunan gunung jati)

DI GUBUK SUNAN GUNUNG JATI PATIH BERSAMA PRAJURIT-PRAJURITNYA MENANGKAP SUNAN GUNUNG JATIH DENGAN TUDUHAN MENYEBARKAN AGAMA SESAT DAN SUNAN GUNUNG JATI DI SERET KE HADAPAN RAJA RAKEAN DARMARIKSA.


BABAK IV
Patih
:”ampun beribu ampun tuanku, orang ini yang bernama sunan gunung jati yang hamba ceritakan kepada tuanku”

Raja RD
:”bagus patih bagus, dengan begitu aku ingin mengetahui kekuatan yang di smbunyikan oleh dia sehingga dapat memikat rakyat-rakyatku berpindah agama”

Sunan gunung jati
:”maaf tuan raja, saya tidak mengerti dengan apa tuan raja katakan”

Raja RD
:”sudah jangan berlagak seperti orang polos berlaga pilon juga, kamu kan yang menyebarkan agama sesat itu meracuni pikiran rakyat-rakyat saya?”

Sunan gunung jati
:”tuan bukan saya yang meracuni pikiran rakyat-rakyat tuan, tetapi rakyat-rakyat tuanlah  yang ingin masuk agama islam”

Raja RD
:”baiklah kalau itu jawabanmu”


MASUKLAH KEDUA PUTRI RAJA KEDALAM RUANGAN DAN MEMAKAI PAKAIAN YANG  SEPERTI TAMPAK KEDUA-DUANYA SEDANG HAMIL DENGAN WAJAH DI TUTUP DENGAN CADAR AGAR TIDAK TAHU WAJAH KEDUA PUTRINYA

Raja RD
:”jika kau benar-benar tidak berbohong, kau harus menebak di antara purti-putriku yang ada di sana yang mana yang sedang hamil, jika kau benar maka saya akan masuk agama yang kau anut dan jika kau salah maka kau harus pergi meninggalkan tanah kekuasaanku dan jangan pernah kembali”

Sunan gunung jati
:”saya tidak mempunyai kekuatan apapun selain meminta tolong kepada allah SWT”

Raja RD
:”iya sudah pinta pertolongan sana kepada tuhanmu agar di selamatkan nyawamu”

Sunan gunung jati
: (dengan rasa percaya diri ia menunjuk putri purbasari) “saya menunjuk putri tuan yang menggunakan cadar hitam”

Raja RD
:” ha…ha…ha bagus..bagus!! lihat  patih ini yang di sebut-sebt mempunyai ilmu itu ha…ha…ha hai sunan ternyata anda adalah penipu, yang kau tunjuk adalah putriku yang tidak hamil”
“pergi kau dari daerah kekuasaanku, prajurit seret orang ini dari hadapanku”


SETELAH SUNAN GUNUNG JATI DI USIR DARI ISTANA RAJA RAKEAN DRAMARIKSA ATAS IZIN ALLAH SWT RAHIM PURBASARI MEMBESAR DENGAN SENDIRINYA SETELAH IA MELEPASKAN BOBOKOH YANG DIPAKAINYA AGAR TERLIHAT SEPERTI SEDANG HAMIL, ATAS KEJADIAN ITU PUTRI PURBARARANG MEMBERITAHU AYAHNYA.

Purbararang
:” ayahhanda perutnya purbasari membesar setelah boboko di ambil dari perutnya”

Raja RD
:”apa.? Purbararang jangan main-main”

Purbararang
:”benar ayahanda aku tidak berbohong”

Raja RD
:”patih pangil sunan gunung jati sebelum dia jauh”

Patih
:”baiklah taun raja”


SETELAH SUNAN GUNUNG JATIH DI PANGGIL KEMBALI DAN MENGHADAP KE RAJA DAN MEMPERTANGGUNGJAWABKAN PERBUATANYA AGAR MENIKAHI PUTRINYA PURBASARI, DAN PURBASARI PUN MENYETUJU PERMINTAAN AYAHANDANYA MENIKAH DENGAN SUNAN GUNUNG JATI,DAN RAJA MASUK AGAMA ISLAM,  KARENA RASA KESALNYA  BOBOKO YANG DI PAKAI OLEH PURBASARI DI TENDANG OLEH RAJA  KE LUAR ISTANA, TERLEMPAR DI SUATU TEMPAT DAN JADILAH TEMPAT TERSEBUT MENJADI KOTA KUNINGAN KARENA BOBOKO TERSEBUT BERWARNA KUNINGAN DAN TERBUAT DARI KUNINGAN (LOGAM).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar