Kamis, 18 Oktober 2012

(skkd) smk kelas 1,2 dan 3 bahasa indonesia


37. Mata Pelajaran Bahasa Indonesia untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)/ Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK)
A.     Latar Belakang
Mata pelajaran Bahasa Indonesia merupakan salah satu mata pelajaran wajib. Melalui penguasaan kompetensi mata pelajaran bahasa Indonesia, peserta didik diarahkan, dibimbing, dan dibantu agar mampu berkomunikasi bahasa Indonesia secara baik dan benar. Pada era global penggunaan bahasa secara baik dan benar merupakan syarat mutlak di dunia kerja.
Untuk menghadapi tantangan masa depan, kemampuan berkomunikasi menjadi salah satu syarat keberhasilan bekerja. Karena itu pelajaran Bahasa Indonesia dirancang, dikembangkan serta diarahkan untuk dapat mempersiapkan peserta didik mampu berkomunikasi di dunia kerja secara efisien dan efektif.
Cakupan mata pelajaran Bahasa Indonesia bagi peserta didik meliputi pembentukan kompetensi berkomunikasi secara lisan dan tertulis pada tingkat Semenjana, Madia, dan Unggul.

B.     Tujuan
Mata pelajaran Bahasa Indonesia bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
1.      Meningkatkan kemampuan peserta didik untuk mencapai tingkat kualifikasi unggul
2.      Menerapkan kompetensi berbahasa Indonesia secara baik dan benar pada mata pelajaran lainnya
3.      Meningkatkan kemampuan berkomunikasi secara efisien dan efektif, baik lisan maupun tertulis
4.      Meningkatkan kemampuan memanfaatkan berbahasa Indonesia untuk bekerja.

C.     Ruang Lingkup
Ruang lingkup mata pelajaran Bahasa Indonesia meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
1.      Berkomunikasi pada tingkat Semenjana
2.      Berkomunikasi pada tingkat Madia
3.      Berkomunikasi pada tingkat Unggul.

D.    Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
1.      Berkomunikasi dengan bahasa Indonesia setara tingkat Semenjana
1. 1             Menyimak untuk memahami lafal, tekanan, intonasi, dan jeda yang lazim/baku dan yang tidak
1. 2             Menyimak untuk memahami informasi lisan dalam konteks bermasyarakat
1. 3             Membaca cepat untuk memahami informasi tertulis dalam konteks bermasyarakat
1. 4             Memahami informasi tertulis dalam berbagai bentuk teks
1. 5             Melafalkan kata dengan artikulasi yang tepat
1. 6             Memilih kata, bentuk kata, dan ungkapan yang tepat
1. 7             Menggunakan kalimat yang baik, tepat, dan santun
1. 8             Mengucapkan kalimat dengan jelas, lancar, bernalar, dan wajar
1. 9             Menulis dengan memanfaatkan kategori/kelas kata
1. 10         Membuat berbagai teks tertulis dalam konteks bermasyarakat dengan memilih kata, bentuk kata, dan ungkapan yang tepat
1. 11         Menggunakan kalimat tanya secara tertulis sesuai dengan situasi komunikasi
1. 12         Membuat parafrasa dari teks tertulis

2.      Berkomunikasi dengan bahasa Indonesia setara tingkat Madia
2. 1            Menyimak untuk menyimpulkan informasi yang tidak bersifat perintah dalam konteks bekerja
2. 2            Menyimak untuk memahami perintah yang diungkapkan atau yang tidak dalam konteks bekerja
2. 3            Memahami perintah kerja tertulis
2. 4            Membaca untuk memahami makna kata, bentuk kata, ungkapan, dan kalimat dalam konteks bekerja


2. 5            Menggunakan secara lisan kalimat tanya/pernyataan dalam konteks bekerja
2. 6            Membuat parafrasa lisan dalam konteks bekerja
2. 7            Menerapkan pola gilir dalam berkomunikasi
2. 8            Bercakap-cakap secara sopan dengan mitra bicara dalam konteks bekerja
2. 9            Berdiskusi yang bermakna dalam konteks bekerja
2. 10        Bernegosiasi yang menghasilkan dalam konteks bekerja
2. 11        Menyampaikan laporan atau presentasi lisan dalam konteks bekerja
2. 12        Menulis wacana yang bercorak naratif, deskriptif, ekspositoris, dan argumentatif
2. 13        Meringkas teks tertulis dalam konteks bekerja
2. 14        Menyimpulkan isi teks tertulis dalam konteks bekerja

3.      Berkomunikasi dengan bahasa Indonesia setara tingkat Unggul
3. 1             Menyimak untuk memahami secara kreatif teks seni berbahasa dan teks ilmiah sederhana
3. 2             Mengapresiasi secara lisan teks seni berbahasa dan teks ilmiah sederhana
3. 3             Menulis proposal untuk kegiatan ilmiah sederhana
3. 4             Menulis surat dengan memperhatikan jenis surat
3. 5             Menulis laporan ilmiah sederhana


E.     Arah Pengembangan
Standar kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.

(skkd) sma kelas 1,2, dan 3 bahasa indonesia


32. Mata Pelajaran Bahasa Indonesia untuk Sekolah Menengah Atas (SMA)/ Madrasah Aliyah (MA) 


A.  Latar Belakang
Bahasa memiliki peran sentral dalam perkembangan intelektual, sosial, dan emosional peserta didik dan merupakan penunjang keberhasilan dalam mempelajari semua bidang studi. Pembelajaran bahasa diharapkan membantu peserta didik mengenal dirinya, budayanya, dan budaya orang lain, mengemukakan gagasan dan perasaan, berpartisipasi dalam masyarakat yang menggunakan bahasa tersebut, dan menemukan serta menggunakan kemampuan analitis dan imaginatif yang ada dalam dirinya.

Pembelajaran bahasa Indonesia diarahkan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik untuk berkomunikasi dalam bahasa Indonesia dengan baik dan benar, baik secara lisan maupun tulis, serta menumbuhkan apresiasi terhadap hasil karya kesastraan manusia Indonesia.

Standar kompetensi mata pelajaran Bahasa Indonesia merupakan kualifikasi kemampuan minimal peserta didik yang menggambarkan penguasaan pengetahuan, keterampilan berbahasa, dan sikap positif terhadap bahasa dan sastra Indonesia. Standar kompetensi ini merupakan dasar bagi peserta didik  untuk memahami dan merespon situasi lokal, regional, nasional, dan global. 

Dengan  standar kompetensi mata pelajaran Bahasa Indonesia ini diharapkan:
peserta didik dapat mengembangkan potensinya sesuai dengan kemampuan, kebutuhan, dan minatnya, serta dapat menumbuhkan penghargaan terhadap hasil karya kesastraan dan hasil intelektual bangsa sendiri;
guru dapat memusatkan perhatian kepada pengembangan kompetensi bahasa peserta didik dengan menyediakan berbagai kegiatan berbahasa dan sumber belajar;
guru lebih mandiri dan leluasa dalam menentukan bahan ajar kebahasaan dan kesastraan sesuai dengan kondisi lingkungan sekolah dan kemampuan peserta didiknya;
orang tua dan masyarakat dapat secara aktif terlibat dalam pelaksanaan program kebahasaan dan kesastraan di sekolah;
sekolah dapat menyusun program pendidikan tentang kebahasaan dan kesastraan sesuai dengan keadaan peserta didik dan sumber belajar yang tersedia;
daerah dapat menentukan bahan dan sumber belajar kebahasaan dan kesastraan sesuai dengan kondisi dan kekhasan daerah dengan tetap memperhatikan kepentingan nasional.







B.     Tujuan

Mata pelajaran Bahasa Indonesia bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
1.      Berkomunikasi secara efektif dan efisien sesuai dengan etika yang berlaku, baik secara lisan maupun tulis
2.      Menghargai dan bangga menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan bahasa negara
3.      Memahami bahasa Indonesia dan menggunakannya dengan tepat dan kreatif untuk berbagai tujuan
4.      Menggunakan bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan  intelektual, serta kematangan emosional dan sosial
5.      Menikmati dan memanfaatkan karya sastra untuk memperluas wawasan, memperhalus budi pekerti, serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan berbahasa
6.      Menghargai dan membanggakan sastra Indonesia sebagai khazanah budaya dan intelektual manusia Indonesia.


C.    Ruang Lingkup

Ruang lingkup mata pelajaran Bahasa Indonesia mencakup komponen kemampuan berbahasa dan kemampuan bersastra yang meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
1.                              Mendengarkan
2.                              Berbicara
3.                              Membaca
4.                              Menulis.

Pada akhir pendidikan di SMA/MA, peserta didik telah membaca sekurang-kurangnya 15 buku sastra dan nonsastra.

    










     D. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar


Kelas  X,  Semester  1

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Mendengarkan
1.      Memahami siaran atau cerita yang disampaikan secara langsung /tidak langsung

1.1 Menanggapi siaran atau informasi dari  media  elektronik (berita dan nonberita)  
1.2 Mengidentifikasi unsur sastra (intrinsik dan ekstrinsik)  suatu cerita yang disam­­paikan secara  langsung/melalui rekam­an   
Berbicara
2.      Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi melalui kegiatan berkenalan, berdiskusi, dan bercerita


2.1 Memperkenalkan diri dan orang lain di da­lam forum resmi dengan intonasi yang tepat
2.2 Mendiskusikan  masalah (yang ditemukan dari berbagai berita, artikel, atau buku)  
2.3 Menceritakan  berbagai pengalaman  dengan pilihan kata dan ekspresi yang tepat
Membaca
3.      Memahami berbagai teks bacaan  nonsastra dengan berbagai teknik membaca

3.1 Menemukan ide pokok berbagai teks  nonsastra dengan teknik membaca cepat  (250 kata/menit)
3.2 Mengidentifikasi ide teks  nonsastra dari berbagai sumber melalui teknik membaca ekstensif   
Menulis
4.      Mengungkapkan informasi dalam berbagai bentuk paragraf (naratif, deskriptif, ekspositif)

4.1 Menulis gagasan dengan menggunakan pola urutan waktu  dan tempat dalam bentuk paragraf naratif  
4.2 Menulis hasil observasi dalam bentuk  paragraf deskriptif  
4.3 Menulis gagasan secara logis dan sistematis dalam bentuk ragam paragraf  ekspositif  
Mendengarkan
5.      Memahami puisi yang disampaikan secara langsung/tidak langsung

5.1 Mengidentifikasi unsur-unsur bentuk suatu puisi yang disampaikan secara langsung ataupun melalui rekaman   
            Mengungkapkan isi suatu puisi yang disampaikan  secara langsung ataupun melalui rekaman  
Berbicara
6.      Membahas cerita pendek melalui kegiatan  diskusi 


6.1 Mengemukakan hal-hal yang menarik atau mengesankan dari cerita pendek  melalui kegiatan  diskusi 
6.2 Menemukan  nilai-nilai  cerita pendek melalui kegiatan  diskusi 

Membaca
7.      Memahami  wacana sastra melalui kegiatan membaca puisi dan  cerpen


7.1 Membacakan puisi  dengan lafal, nada, tekanan, dan intonasi yang tepat
7.2 Menganalisis keterkaitan unsur intrinsik suatu cerpen dengan kehidupan sehari-hari
Menulis
8.      Mengungkapkan pikiran, dan perasaan  melalui kegiatan menulis  puisi 


8.1 Menulis puisi lama dengan memperhatikan bait, irama, dan rima
8.2 Menulis puisi baru dengan memperhatikan bait, irama, dan rima



Kelas X, Semester  2

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Mendengarkan
9.      Memahami  informasi melalui tuturan   

9.1 Menyimpulkan isi informasi yang disampaikan melalui tuturan langsung  
               Menyimpulkan isi informasi yang didengar melalui tuturan tidak langsung (rekaman atau teks yang dibacakan)  
Berbicara
10.  Mengungkapkan komentar terhadap informasi dari berbagai sumber   


10.1   Memberikan kritik terhadap informasi dari media cetak dan atau elektronik    
                     Memberikan persetujuan/dukungan terhadap artikel yang terdapat dalam media cetak dan atau elektronik    

Membaca
11.  Memahami ragam wacana tulis dengan membaca memindai   

11.1  Merangkum seluruh isi informasi teks buku ke dalam beberapa kalimat dengan  membaca memindai        
11.2  Merangkum seluruh isi informasi dari suatu tabel dan atau grafik ke dalam beberapa kalimat dengan membaca memindai   
Menulis
12.  Mengungkapkan informasi melalui  penulisan paragraf dan teks pidato

12.1  Menulis gagasan untuk mendukung suatu pendapat dalam bentuk paragraf argumentatif
12.2  Menulis gagasan untuk meyakinkan atau mengajak pembaca bersikap atau melakukan sesuatu dalam bentuk paragraf  persuasif
12.3  Menulis hasil  wawancara ke dalam beberapa paragraf dengan menggunakan ejaan yang tepat
12.4  Menyusun  teks pidato  
Mendengarkan
13.  Memahami cerita rakyat yang dituturkan  





13.1  Menemukan hal-hal yang menarik tentang tokoh cerita rakyat yang disampaikan secara langsung dan atau melalui rekaman   
13.2  Menjelaskan hal-hal yang menarik tentang latar cerita rakyat yang disampaikan secara langsung dan atau  melalui rekaman  
Berbicara
14.  Mengungkapkan pendapat terhadap puisi melalui diskusi 


14.1  Membahas isi puisi berkenaan dengan gambaran penginderaan, perasaan, pikiran, dan imajinasi melalui  diskusi 
14.2  Menghubungkan isi puisi dengan realitas alam, sosial budaya, dan masyarakat melalui  diskusi 
Membaca
15.  Memahami sastra Melayu klasik  


15.1  Mengidentifikasi karakteristik dan   struktur         unsur intrinsik sastra Melayu klasik
15.2  Menemukan  nilai-nilai yang terkandung di dalam sastra Melayu klasik
Menulis
16.  Mengungkapkan pengalaman diri sendiri dan orang lain ke dalam  cerpen


16.1  Menulis karangan berdasarkan  kehidupan diri sendiri dalam   cerpen (pelaku, peristiwa, latar)
16.2  Menulis karangan berdasarkan  pengalaman orang lain dalam   cerpen (pelaku, peristiwa, latar)








Kelas XI,  Semester 1
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Mendengarkan
1. Memahami berbagai informasi dari sambutan/khotbah dan wawancara

1.1  Menemukan  pokok-pokok isi sambutan/   khotbah  yang didengar
1.2   Merangkum isi pembicaraan dalam wawancara   

Berbicara
2. Mengungkapkan secara lisan informasi hasil membaca dan  wawancara

2.1  Menjelaskan secara lisan uraian   topik tertentu dari hasil membaca (artikel atau buku)    
2.2  Menjelaskan hasil wawancara tentang tanggapan narasumber terhadap topik tertentu  
Membaca
3.      Memahami ragam wacana tulis dengan membaca intensif dan membaca nyaring


3.1  Menemukan perbedaan paragraf induktif dan deduktif melalui kegiatan membaca intensif
3.2  Membacakan berita dengan intonasi, lafal, dan sikap membaca yang baik
Menulis
4.      Mengungkapkan informasi dalam bentuk  proposal, surat dagang, karangan ilmiah


4.1  Menulis proposal  untuk  berbagai keperluan   
4.2  Menulis surat dagang dan surat kuasa
4.3  Melengkapi karya tulis dengan daftar pustaka dan catatan kaki
Mendengarkan
5.      Memahami pementasan drama  

5.1  Mengidentifikasi peristiwa, pelaku dan perwatakannya, dialog, dan konflik pada  pementasan drama
5.2  Menganalisis  pementasan drama berdasarkan  teknik pementasan
Berbicara
6.         Memerankan tokoh dalam pementasan drama



6.1  Menyampaikan dialog disertai gerak-gerik dan mimik, sesuai dengan watak tokoh
6.2  Mengekpresikan perilaku dan dialog tokoh protogonis dan atau antagonis
Membaca
7.      Memahami berbagai hikayat, novel Indonesia/novel terjemahan


7.1  Menemukan unsur-unsur intrinsik  dan ekstrinsik hikayat
7.2  Menganalisis unsur-unsur intrinsik  dan ekstrinsik novel Indonesia/terjemahan
Menulis
8.      Mengungkapkan infomasi   melalui  penulisan  resensi    


8.1  Mengungkapkan prinsip-prinsip penulisan  resensi  
8.2  Mengaplikasikan prinsip-prinsip penulisan resensi  


Kelas XI,  Semester  2

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Mendengarkan
9.         Memahami  pendapat dan informasi  dari berbagai sumber dalam diskusi atau seminar

9.1  Merangkum isi pembicaraan dalam suatu diskusi atau seminar   
9.2  Mengomentari pendapat seseorang dalam suatu diskusi atau seminar    
Berbicara
10.     Menyampaikan laporan hasil penelitian dalam diskusi atau seminar

10.1  Mempresentasikan hasil penelitian secara runtut dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar
10.2  Mengomentari tanggapan orang lain terhadap presentasi  hasil penelitian  
Membaca
11.  Memahami ragam wacana tulis dengan membaca cepat dan membaca intensif  


11.1  Mengungkapkan pokok-pokok isi teks dengan  membaca cepat 300 kata per menit
11.2    Membedakan fakta dan opini  pada editorial
         dengan membaca intensif   
Menulis
12.  Mengungkapkan informasi dalam bentuk rangkuman/ringkasan,  notulen rapat, dan    karya ilmiah


12.1 Menulis rangkuman/ringkasan isi buku  
12.2  Menulis notulen rapat sesuai dengan pola  penulisannya
12.3  Menulis karya ilmiah seperti hasil pengamatan, dan penelitian  
Mendengarkan
13.  Memahami pembacaan  cerpen

13.1  Mengidentifikasi alur, penokohan, dan latar dalam cerpen yang dibacakan
13.2    Menemukan nilai-nilai dalam cerpen yang dibacakan    

Berbicara
14.  Mengungkapkan wacana sastra dalam bentuk pementasan drama  


14.1  Mengekspresikan dialog para tokoh dalam pementasan drama 
14.2  Menggunakan gerak-gerik,  mimik, dan intonasi, sesuai dengan watak tokoh dalam pementasan drama 
Membaca
15.  Memahami buku biografi, novel, dan hikayat

15.1  Mengungkapkan hal-hal  yang menarik dan  dapat diteladani dari tokoh  
15.2  Membandingkan unsur intrinsik  dan ekstrinsik novel Indonesia/ terjemahan dengan hikayat   
Menulis
16.  Menulis naskah  drama   


16.1  Mendeskripsikan perilaku manusia melalui dialog naskah drama
16.2  Menarasikan pengalaman manusia  dalam bentuk adegan dan latar pada naskah drama







Kelas XII, Semester 1

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Mendengarkan
1.   Memahami informasi dari berbagai laporan

1.1  Membedakan  antara fakta dan opini  dari berbagai laporan  lisan
1.2  Mengomentari berbagai laporan lisan dengan memberikan kritik dan saran
Berbicara
2.   Mengungkapkan gagasan, tanggapan, dan informasi dalam diskusi


2.1  Menyampaikan gagasan dan tanggapan dengan alasan yang logis  dalam diskusi
2.2  Menyampaikan intisari buku nonfiksi dengan menggunakan bahasa yang efektif dalam diskusi

Membaca
3.   Memahami artikel dan teks pidato 

3.1  Menemukan ide pokok dan permasalahan dalam artikel melalui kegiatan membaca intensif
3.2  Membaca nyaring teks pidato dengan intonasi yang tepat
Menulis
4.      Mengungkapkan infomasi dalam bentuk   surat dinas, laporan, resensi  






4.1  Menulis surat lamaran pekerjaan berdasarkan unsur-unsur dan struktur
4.2  Menulis surat dinas berdasarkan isi, bahasa, dan format yang baku
4.3  Menulis laporan diskusi dengan melampirkan notulen dan daftar hadir
4.4  Menulis resensi buku pengetahuan berdasarkan format baku
Mendengarkan
5.         Memahami pembacaan novel

            Menanggapi pembacaan penggalan novel dari segi vokal, intonasi, dan penghayatan   
            Menjelaskan unsur-unsur intrinsik dari pembacaan penggalan novel   

Berbicara
6.      Mengungkapkan pendapat tentang  pembacaan  puisi  

6.1  Menanggapi pembacaan puisi lama tentang lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat
6.2  Mengomentari pembacaan puisi baru tentang lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat
Membaca
7.      Memahami  wacana sastra puisi dan cerpen

7.1  Membacakan puisi karya sendiri dengan lafal, intonasi, penghayatan dan ekspresi yang sesuai
7.2  Menjelaskan unsur-unsur intrinsik cerpen     
Menulis
8.      Mengungkapkan pendapat, informasi, dan pengalaman dalam bentuk resensi dan cerpen

8.1  Menulis resensi buku kumpulan cerpen berdasarkan unsur-unsur resensi
8.2  Menulis cerpen  berdasarkan kehidupan orang lain (pelaku, peristiwa, latar)


Kelas XII, Semester 2

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Mendengarkan
9.      Memahami informasi dari berbagai sumber yang disampaikan secara lisan


9.1  Mengajukan saran perbaikan tentang  informasi yang disampaikan secara langsung    
9.2  Mengajukan saran perbaikan tentang informasi yang disampaikan melalui radio/televisi   
Berbicara
10.     Mengungkapkan informasi melalui presentasi program/proposal dan  pidato tanpa teks

10.1  Mempresentasikan program kegiatan/proposal  
10.2  Berpidato tanpa teks dengan lafal,  intonasi, nada, dan sikap yang tepat
Membaca
11.     Memahami ragam wacana tulis  melalui kegiatan membaca cepat dan membaca  intensif


11.1  Menemukan ide pokok suatu teks dengan  membaca cepat 300-350 kata per menit
11.2    Menentukan kalimat kesimpulan (ide pokok)  dari berbagai pola paragraf induksi, deduksi dengan membaca intensif  
Menulis
12      Mengungkapkan pikiran, pendapat, dan informasi dalam penulisan karangan berpola

12.1  Menulis karangan berdasarkan topik tertentu dengan pola pengembangan deduktif dan induktif  
12.2  Menulis esai berdasarkan topik tertentu dengan pola pengembangan pembuka, isi, dan penutup
Mendengarkan
13      Memahami pembacaan teks drama


13.1  Menemukan unsur-unsur intrinsik teks drama yang dididengar melalui pembacaan       
13.2  Menyimpulkan isi drama melalui  pembacaan teks drama  
Berbicara
14      Mengungkapan tanggapan terhadap pembacaan puisi lama  

14.1  Membahas ciri-ciri dan nilai-nilai yang terkandung dalam gurindam   
14.2  Menjelaskan keterkaitan gurindam dengan kehidupan sehari-hari
Membaca
15      Memahami buku kumpulan puisi kontemporer dan  karya sastra yang dianggap penting pada tiap periode

15.1  Mengidentifikasi   tema dan ciri-ciri puisi kontemporer melalui kegiatan membaca buku kumpulan puisi komtemporer
15.2  Menemukan perbedaan karakteristik  angkatan melalui membaca karya sastra yang dianggap penting pada setiap periode   

Menulis
16      Mengungkapkan pendapat dalam bentuk  kritik dan esai


16.1  Memahami prinsip-prinsip penulisan kritik dan esai
16.2  Menerapkan prinsip-prinsip  penulisan kritik dan esai  untuk mengomentari  karya sastra  


E.  Arah Pengembangan

Standar kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.