Rabu, 08 Januari 2014

asal usul kota kuningan



Alkisah, sebuah kerajaan luragung yang di pimpin oleh raja rakean darmariksa, kerajaan itu hidup dengan damai kerajaan tersebut menganut agama hindu karena wilayah itu adalah wilayah kerajaan mataram. Suatu hari raja rakean darmariksa pusing memikirkan kerajaan dan juga raja sudah tua untuk memerintah sudah saatnya raja pensiun dari tahtahnya. Tetapi, raja rakean darmariksa tidak memiliki anak laki-laki melainkan ia memiliki dua anak perempuan. Lalu raja rakean darmariksa meminta pendapat kepaada patih kepercayaanya. Patih menyarankan purbasarilah yang akan menjadi penerus raja tetapi dengan satu syarat, purbasari harus menikah agar kelak suaminya yang akan memimpin kerajaan luragung, tetapi purbasari mendengar pembicaraan raja dengan patih,  purbasari menolak keinginan ayahnya itu untuk menikah, karena purbasari belum siap untuk di pinang.
            Di sutu tempat, gubug syeh syarif hidayattullah atau di sebut dengan sunan gunung jati. Di penuhi Santri-santri yang sedang belajar mengaji. Di tengah-tengah pengajian datanglah seseorang meminta pertolongan kepada sunan gunung jati. Agar menyembuhkan penyakit yang di deritanya, lalu sunan gunung jati dengan iklas membantunya dengan atas kuasa allah penyakit yang di deritanya sembuh dengan cepat. Lalu orang meminta pertolongan kepada sunan gnung jati masung agama islam. Atas kejadian itu masyarakat luragung berbondong-bondong mendatangi gubuk sunan gunung jati untuk masuk agama islam. Lalu berita itu sampai ke telinga kerajaan dan rajapun memerintahkan prajuritnya untuk menangkap sunan gungung jati. setelah sunan gungung jati di hadapan raja lalu sunan gunung jati di tantang atau di uji oleh raja agar menebak, antara salah satu putrinya yang mana yang sedang mengandung. Jika sunan gunung jati bias melewati ujian dari raja dan benar maka raja akan masuk agama islam. Dan jika sunan gunung jati salah maka sunan gung jati harus meninggalkan tanah kekuasaan raja rakean darmariksa. Tanpa rasa ragu sunan unung jati menunjuk purbasari yang tidak hamil dan pada saat itu sunan gungu jati angkat kaki dari wilayah luragung.
            Atas kekuasaan allah SWT. Rahim purbasari membesar setelah melepaskan boboko yang dipakai oleh purbasari untuk menipu sunan gunung jati. lalu purbararang melaporkann kejadian itu kepada raja, dan rajapun memerintakan pasukanya untuk memamnggil kembali sunan guung jati ke hadapana. atas kejadian rahim purbasari membesar raja pun murka lalu boboko  purbasari di tendang hingga kelur istana. Lalu raja menuntut sunan gunung jati untuk menikahi purbasari. Pada saat itu raja dan abdi kerajaan masuk agama islam dan jadilah kerajaan islam. Karena boboko yang di tendang oleh raja berwarna kuning maka wilayah itu adalah wilayah kuningan yang di berikan raja untuk sunan gunung jati dan puri purbasari.


__TAMAT__

Tidak ada komentar:

Posting Komentar