Kamis, 09 Januari 2014

Artikel

Wanita Karier
Dapat menerapkan prinsip hidup mandiri merupakan keinginan setiap orang agar tidak bergantung kepada orang lain sama halnya dengan perempuan yang sekarang banyak menjadi wanita karier. Emansipasi wanita telah membukakan kesempatan lebih besar bagi para perempuan untuk bersosialisasi di tengah-tengah masyarakat. Wanita dapat berkarya dan mendapatkan hak yang sama dengan laki-laki yaitu mendapatkan pekerjaan sehinnga perempuan pada zaman sekarang dapat hidup mandiri tidak bergantung lagi kepada orang tuanya.
Mungkin pada zaman dulu hanya anak laki-laki saja yang diperbolehkan untuk mendapatkan pendidikkan yang setinggi-tingginya karena hanya laki-laki saja yang dipercaya untuk menjadi seorang pemimpin namun sekarang zaman telah berubah. Sejak R.A Kartini memperjuangkan hak-hak wanita untuk memperoleh pendidikan, wanita pun dpat bekrya ditengah-tengah lingkungan masyrakat.
Wanita pada zaman dahulu hanya diperbolehkan bekerja didapur dan harus nurut dengan apa yang dikatakan oleh laki-laki. Pekerjaan wanita pada masa lalu hanya seputar memasak , membersihkan rumah, merawat anak dan tidak boleh keluar rumah kecuali untuk keperluan berbelanja kebutuhan dapur. Dapat dibayangkan bahwa pada masa lalu posisi wanita sangatlah lemah.
Kini zaman telah berubah, perempuan memiliki hak yang sama dengan laki-laki. Wanita pun sebenarnya memiliki kemampuan yang sama dengan kaum lakilaki karena sekarang perempuan juga dapat memperoleh pendidikan yang sama. Meskipun di zaman sekarang pun ada sebagian orang yang masih memandang sebelah mata terhadap kaum perempuan, hal ini tidak harus membuat kehilangan rasa percaya diri akan kemampuan seorang perempuan.

Mungkin untuk seorang perempuan yang masih berstatus lajang dapat sebebas-bebasnya untuk berkarya didalm pekerjaan dan hidupnya. Namun bagi seorang perempuan yang sudah berkeluarga tentu saja konsentrasinya akan lebih terpecah dan bisa memabagi waktu untuk keluarga. Inilah tantangan yang harus dihadapi dengan bijaksana bagi seorang wanita yangsudah bekerja dan mempunyai sebuah keluarga. Memiliki pekerjaan yang sukses dan kehidupan keluarga atau kehidupan pribadi yang sama suksesnya pastilah menjdi impian seorang wanita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar