Kamis, 09 Januari 2014

Pembangkit Motivasi dan Semangat


Walau kita kerahkan energi dan kita juga melakukan pendekatan pengajaran , kadan-kadang murid duduk berselonjor di kursi dan menguap dihadapan kita. Mereka menarik napas panjang dan terus menerus melirik jam dinding, mereka saling membelalakkan mata dan menggelengpgelengkan kepala.
Para murid yang seperti ini berusaha keras meyakinkan kita bahwa mereka benci belajar, mereka tidak peduli pada pelajaran sekolah, dan mereka terlalu ‘gaul’ untuk diganggu dengan urusan sekolah. Saya  berpendapat bahwa karena mereka datang ke sekolah itu berarti sebenarnya mereka peduli dengan urusan sekolah. Berikut ini ada beberapa saran yang mungkin akan membantu perhatian murid-murid.
BANTU SISWA MEYAKINI BAHWA KEBERHASILAN ITU SUATU YANG MUNGKIN
Kita mungkin pernah membaca hasil survei, dan telah belajar dari pengalaman sendiri bahwa sikap guru terhadap muridnya adalah faktor utama mencapai keberhasilan para siswa. Bila kita yakin bahwa para siswa dapat berhasil, maka mereka akan berhasil. Tapi keyakinan kita tersebut hanyalah separuh dari pemecahan masalah buruknya kinerja. Kita harus membantu murid-murid meyakini bahwa keberhasilan adalah suatu yang mungkin, mereka akan berusaha dan belajar. Tapi, bila mereka tidak yakin bahwa keberhasilan itu mungkin, maka tidak peduli seberapa cerdasnya murid atau seberapa mudahnya bahan ajaran murid tidak akan berusaha. Bila kita benar-benar yakin bahwa semua murid dapat belajar dan kita yakinkan murid-murid bahwa keberhasilan itu suatu yang mungkin dicapai maka kita telah memegang kunci yang membuka pintu proses belajar
KENALI SIKAP MURID DIKELAS ANDA
Katakan pada murid-murid kita bahwa mereka akan mendapat nilai tambah bila mau bekerja sama dan setiap yang mengisi kartu itu akan mendapat nilai tambah bila mau bekerja sama dan setiap yang mengisi kartu itu akan mendapat nilai tertinggi. Pastikan bahwa kita tidk mengharuskan mereka menuliskan nama, sehingga mereka dapat dengan leluasa menulis pendapat mereka.
Ada beberapa kelompok murid yang dengan penuh semangat mengerjakan tugas ini, tapi ada juga kelompok yang perlu sedikit dorongan. Untuk murid yang mudah belajar tulis pertanyaan-pertanyaan berikt di papan tulis:
·         Apa yang anda suka dari sekolah?
·         Apa yang paling sedikit anda suka?
·         Pelajaran apa yang paling/ paling sedikit anda suka?
·         Anda suka membaca? Kenapa ataukenapa tidak?
Kita ucapkan terimakasih kepada mereka karena mereka bersedia memberi tahu pendapat mereka  kepada kita. Catat apakah ada murid yang punya minat khusus, dan bila mungkin olah minta tersebut kedalam pelajaran.
PERBAIKI SIKAP DIRI

Setelah kita perbaiki sikap murid-murid, maka tiba saatnya kita perbaiki sikap kita sendiri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar