Walau
kita kerahkan energi dan kita juga melakukan pendekatan pengajaran ,
kadan-kadang murid duduk berselonjor di kursi dan menguap dihadapan kita.
Mereka menarik napas panjang dan terus menerus melirik jam dinding, mereka
saling membelalakkan mata dan menggelengpgelengkan kepala.
Para
murid yang seperti ini berusaha keras meyakinkan kita bahwa mereka benci
belajar, mereka tidak peduli pada pelajaran sekolah, dan mereka terlalu ‘gaul’
untuk diganggu dengan urusan sekolah. Saya
berpendapat bahwa karena mereka datang ke sekolah itu berarti sebenarnya
mereka peduli dengan urusan sekolah. Berikut ini ada beberapa saran yang
mungkin akan membantu perhatian murid-murid.
BANTU
SISWA MEYAKINI BAHWA KEBERHASILAN ITU SUATU YANG MUNGKIN
Kita
mungkin pernah membaca hasil survei, dan telah belajar dari pengalaman sendiri
bahwa sikap guru terhadap muridnya adalah faktor utama mencapai keberhasilan
para siswa. Bila kita yakin bahwa para siswa dapat berhasil, maka mereka akan
berhasil. Tapi keyakinan kita tersebut hanyalah separuh dari pemecahan masalah
buruknya kinerja. Kita harus membantu murid-murid meyakini bahwa keberhasilan
adalah suatu yang mungkin, mereka akan berusaha dan belajar. Tapi, bila mereka
tidak yakin bahwa keberhasilan itu mungkin, maka tidak peduli seberapa
cerdasnya murid atau seberapa mudahnya bahan ajaran murid tidak akan berusaha.
Bila kita benar-benar yakin bahwa semua murid dapat belajar dan kita yakinkan
murid-murid bahwa keberhasilan itu suatu yang mungkin dicapai maka kita telah
memegang kunci yang membuka pintu proses belajar
KENALI
SIKAP MURID DIKELAS ANDA
Katakan
pada murid-murid kita bahwa mereka akan mendapat nilai tambah bila mau bekerja
sama dan setiap yang mengisi kartu itu akan mendapat nilai tambah bila mau
bekerja sama dan setiap yang mengisi kartu itu akan mendapat nilai tertinggi.
Pastikan bahwa kita tidk mengharuskan mereka menuliskan nama, sehingga mereka
dapat dengan leluasa menulis pendapat mereka.
Ada
beberapa kelompok murid yang dengan penuh semangat mengerjakan tugas ini, tapi
ada juga kelompok yang perlu sedikit dorongan. Untuk murid yang mudah belajar
tulis pertanyaan-pertanyaan berikt di papan tulis:
·
Apa yang anda suka dari
sekolah?
·
Apa yang paling sedikit
anda suka?
·
Pelajaran apa yang paling/
paling sedikit anda suka?
·
Anda suka membaca?
Kenapa ataukenapa tidak?
Kita
ucapkan terimakasih kepada mereka karena mereka bersedia memberi tahu pendapat
mereka kepada kita. Catat apakah ada
murid yang punya minat khusus, dan bila mungkin olah minta tersebut kedalam
pelajaran.
PERBAIKI
SIKAP DIRI
Setelah
kita perbaiki sikap murid-murid, maka tiba saatnya kita perbaiki sikap kita
sendiri
Tidak ada komentar:
Posting Komentar