Nama :
DYAN TEZA ANGGARA
Program Studi :
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (UNIKU)
Tinggkat/kelas :
II/A
Pertanyaan:
Anda calon seorang guru Bahasa
Indonesia dan akan mengajarkan materi Frase disuatu sekolah. Bagaimanakah model
belajar yang akan anda kembangkan berdasarkan teori Roberth Gagne dan bagaimana
Proses kegiatan belajar itu berlangsung?
Jawaban:
Sebagai calon
seorang guru Bahasa Indonesia, ketika saya akan mengajar disuatu sekolah dengan
materi Frase maka model pembelajaran yang aaan saya gunakan yaitu model
pembelajaran komulatif
dengan teknik stimulus – respons (S-R). Dengan teknik ini siswa akan memperhatikan
stimulus yang diberikan guru kemudian menangkap artinya dan memahami stimulus
tersebut untuk kemudian ditafsirkan sendiri dengan berbagai cara.
Berikut adalah perencanaan pengembangan model
pembelajaran komulatif dengan
teknik stimulus – respons (S-R), yaitu sebagai
berikut:
1. Menjelaskan
tentang pengertian dan dasar – dasar tentang Frase.
2.
Memberikan contoh tentang frase
dalam bentuk kalimat
Contoh:
Seorang siswa sedang membaca sebuah buku di Perpustakaan.
3.
Setelah dirasa cukup menjelaskan
materi frase, maka guru
bertanya pada siswa. Apakah penjelasannya tadi dapat dimengerti.
4.
Agar adanya komunikasi diadakannya sesi tanya jawab antara guru dan siswa
5.
Guru meminta seorang siswa untuk
menjelaskan kembali apa yang telah guru jelaskan, agar adanya respon dari sisa
terhadap guru.
6.
Setelah itu tahp terakhit yaitu mengevaluasi kemampuan siswa, dengan soal – soal yang
berkaitan dengan frase.
Dalam proses kegiatan belajar menggunakan model
pemebelajaran tersebut, kemungkinan siswa akan mengalami beberapa frase proses
belajar, antaralain:
1)
Fase Receiving the stimulus situation
(apprehending), merupakan fase seseorang memperhatikan stimulus
tertentu kemudian menangkap artinya dan memahami stimulus tersebut untuk
kemudian ditafsirkan sendiri dengan berbagai cara.
2)
Fase Stage of Acquition, pada fase
ini seseorang akan dapat memperoleh suatu kesanggupan yang belum diperoleh
sebelumnya dengan menghubung-hubungkan informasi yang diterima dengan
pengetahuan sebelumnya.
3)
Fase storage /retensi adalah fase
penyimpanan informasi, ada informasi yang disimpan dalam jangka pendek ada yang
dalam jangka panjang, melalui pengulangan informasi dalam memori jangka pendek
dapat dipindahkan ke memori jangka panjang.
4)
Fase Retrieval/Recall, adalah fase
mengingat kembali atau memanggil kembali informasi yang ada dalam memori.
5)
Fase
penampilan adalah fase dimana siswa harus
memperlihatkan sesuatu penampilan yang nampak setelah mempelajari sesuatu,
seperti mempelajari struktur kalimat dalam bahasa mereka dapat membuat kalimat
yang benar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar