Nama : DYAN TEZA
ANGGARA
Program
Studi : Pendidikan Bahasa dan Sastra
Indonesia UNIKU
Tinggkat/kelas : II/A
1.
Pertanyaan:
Buat judul model
– model pembelajaran!
Jawaban:
Dalam Strategi Pembelajaran terdapat beberapa model
pembelajaran yang dapat diterapkan dalam proses belajar mengajar dikelas. Yaitu
sebagai berikut:
a. Model
Pembelajaran Reseptif dan Produktif
b. Model
Pembelajaran Kontekstual
c. Model Pembelajaran Kooperatif
d.
Model Pembelajaran Kuantum
e. Model
Pembelajaran Terpadu
f. Model
Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM)
g. Model
Pembelajaran Komunikatif
h. Model
Pembelajaran Tematik
i.
Model Pembelajaran Integratif
j.
Model Pembelajaran Reseptif dan
Produktif
k. Model
Pembelajaran Respon Fisik Total
l.
Model Pembelajaran Audio - Lingual
m. Model
Pembelajaran Sugestopedia, dan sebagainya.
Agar kegiatan belajar mengajar di kelas
berlangsung dengan baik, guru harus membuat suatu rancangan materi pembelajaran
bahan ajarnya dengan mengunakan beberapa model pembelajaran sesuai dengan
situasi dan kondisi kelas serta mental peserta didiknya.
Berikut
beberapa judul perencanaan pembelajaran Bahasa menggunakan model–model
pembelajaran:
a. Model
Pengembangan Keterampilan Berbahasa Reseptif dan Produktif
b. Pengembangan
Model Pembelajaran Bahasa Secara Kontestual
c. Model
Pembelajaran Bahasa Secara Kooperatif
d. Pengembangan
Berbahasa Menggunakan Model pembelajaran Kuantum
e. Pengembangan
Pembelajaran Terpadu
n. Pengembangan
Model
Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM)
f. Model
Pengembangan kompetensi Komunikatif Pembelajaran Bahasa
g. Model
Pembelajaran Bahasa Secara Tematik
h. Model
Pengembangan Keterampilan Berbahasa Integratif
i.
Model Pembelajaran
Bahasa Secara Respon Fisik Total
j.
Pengembangan Model
Pembelajaran Audio – Lingual
k. Pengembangan
Model Pembelajaran Secara Sugestopedia
2.
Pertanyaan:
Buat
rangkuman tentang konsep Model Pembelajaran Tematik.
Jawaban:
1) Konsep
Pembelajaran Tematik
Pembelajaran
merupakan kata dasar dari ajar yang
artinya berusaha supaya beroleh kepandaian atau ilmu pengetahuan. Kemudian
mendapatkan afiksasi dari kata Ber
yang berubah menjadi Bel hingga
menjadi kata Belajar yang artinya suatu proses berusaha untuk memperoleh
pengetahuan, keterampilan dan sikap.
Kata
belajar kemudian mendapatkan imbuhan Pe –
an hingga menjadi Pembelajaran artinya suatu proses belajar mengajar antara
peserta didik dan pengajar untuk memperoleh pengetahuan, keterampilan dan sikap
pada peserta didik. Sedangkan Tematik menurut KBBI ialah hal yang bersangkutan
dengan tema. Tema yang dimaksud adalah tema yang telah ditentukan, diolah
dengan perkembangan lingkungan peserta didik yang terjadi saat itu. Tema
tersebut harus disajikan secara kontekstual, mutakhir, konkret dan konseptual.
Pembelajaran
Tematik merupakan metode pembelajaran terpadu yang berorientasi pada tema –
tema tertentu yang mengaitkan mata pelajaran sehingga dapat memberikan
pengalaman bermakna bagi siswa. Pembelajaran tematik sudah ada sejak kurikulum
1994. Model pembelajaran tematik sering pula digunakan pada pengajaran
berbicara dan menulis dengan mengangkat berbagai tema yang berkaitan dengan
kebudayaan atau pendidikan.
2) Ciri
– ciri Pembelajaran Tematik
1. Berpusat
pada siswa
2. Memberikan
pengalaman langsung
3. Pemisahan
mata pelajaran tidak begitu jelas
4. Menyajikan
konsep dari berbagai mata pelajaran menjadi satu
5. Bersifat
fleksibel
6. Hasil
pembelajaran dapat berkembang sesuai dengan minat dan kebutuhan siswa
7. Menggunakan
prinsip belajar sambil bermain dan menyenangkan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar