Rabu, 08 Januari 2014

Strategi Pembelajaran Bahasa (Model Pembelajaran Tematik)


Nama               : DYAN TEZA ANGGARA
Program Studi : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia UNIKU
Tinggkat/kelas : II/A

                                                     

1.      Pertanyaan:
Buat judul model – model pembelajaran!

Jawaban:
Dalam Strategi Pembelajaran terdapat beberapa model pembelajaran yang dapat diterapkan dalam proses belajar mengajar dikelas. Yaitu sebagai berikut:
a.       Model Pembelajaran Reseptif dan Produktif
b.      Model Pembelajaran Kontekstual
c.       Model Pembelajaran Kooperatif
d.      Model Pembelajaran Kuantum
e.       Model Pembelajaran Terpadu
f.       Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM)
g.      Model Pembelajaran Komunikatif
h.      Model Pembelajaran Tematik
i.        Model Pembelajaran Integratif
j.        Model Pembelajaran Reseptif dan Produktif
k.      Model Pembelajaran Respon Fisik Total
l.        Model Pembelajaran Audio - Lingual
m.    Model Pembelajaran Sugestopedia, dan sebagainya.
Agar kegiatan belajar mengajar di kelas berlangsung dengan baik, guru harus membuat suatu rancangan materi pembelajaran bahan ajarnya dengan mengunakan beberapa model pembelajaran sesuai dengan situasi dan kondisi kelas serta mental peserta didiknya.
Berikut beberapa judul perencanaan pembelajaran Bahasa menggunakan model–model pembelajaran:
a.       Model Pengembangan Keterampilan Berbahasa Reseptif dan Produktif
b.      Pengembangan Model Pembelajaran Bahasa Secara Kontestual
c.       Model Pembelajaran Bahasa Secara Kooperatif
d.      Pengembangan Berbahasa Menggunakan Model pembelajaran Kuantum
e.       Pengembangan Pembelajaran Terpadu
n.      Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM)
f.       Model Pengembangan kompetensi Komunikatif Pembelajaran Bahasa
g.      Model Pembelajaran Bahasa Secara Tematik
h.      Model Pengembangan Keterampilan Berbahasa Integratif
i.        Model Pembelajaran Bahasa Secara Respon Fisik Total
j.        Pengembangan Model Pembelajaran Audio – Lingual
k.      Pengembangan Model Pembelajaran Secara Sugestopedia

2.      Pertanyaan:
Buat rangkuman tentang konsep Model Pembelajaran Tematik.

Jawaban:
1)      Konsep  Pembelajaran Tematik
Pembelajaran merupakan kata dasar dari ajar yang artinya berusaha supaya beroleh kepandaian atau ilmu pengetahuan. Kemudian mendapatkan afiksasi dari kata Ber yang berubah menjadi Bel hingga menjadi kata Belajar yang artinya suatu proses berusaha untuk memperoleh pengetahuan, keterampilan dan sikap.
Kata belajar kemudian mendapatkan imbuhan Pe – an hingga menjadi Pembelajaran artinya suatu proses belajar mengajar antara peserta didik dan pengajar untuk memperoleh pengetahuan, keterampilan dan sikap pada peserta didik. Sedangkan Tematik menurut KBBI ialah hal yang bersangkutan dengan tema. Tema yang dimaksud adalah tema yang telah ditentukan, diolah dengan perkembangan lingkungan peserta didik yang terjadi saat itu. Tema tersebut harus disajikan secara kontekstual, mutakhir, konkret dan konseptual.
Pembelajaran Tematik merupakan metode pembelajaran terpadu yang berorientasi pada tema – tema tertentu yang mengaitkan mata pelajaran sehingga dapat memberikan pengalaman bermakna bagi siswa. Pembelajaran tematik sudah ada sejak kurikulum 1994. Model pembelajaran tematik sering pula digunakan pada pengajaran berbicara dan menulis dengan mengangkat berbagai tema yang berkaitan dengan kebudayaan atau pendidikan.

2)      Ciri – ciri Pembelajaran Tematik
1.      Berpusat pada siswa
2.      Memberikan pengalaman langsung
3.      Pemisahan mata pelajaran tidak begitu jelas
4.      Menyajikan konsep dari berbagai mata pelajaran menjadi satu
5.      Bersifat fleksibel
6.      Hasil pembelajaran dapat berkembang sesuai dengan minat dan kebutuhan siswa
7.      Menggunakan prinsip belajar sambil bermain dan menyenangkan




Tidak ada komentar:

Posting Komentar