Senin, 30 Juni 2014

RPP SMA X/1 teks prosedur kompleks

RENCANA PELAKSANAAN PEMBLAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan                : SMA
Kelas/Semester                      : X/Genap
Mata Pelajaran                       : Bahasa Indonesia
Tema                                      : Proses Menjadi Warga yang Baik
Materi Pokok                         : Menganalisis Teks Prosedur Kompleks
Alokasi Waktu                      : 2 X 45 Menit
                           
A.    Kompetensi Inti:
a.       Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
b.      Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsive dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
c.       Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
d.      Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan diri yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.

B.     KOMPETENSI DASAR
1.3 Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam memahami, menerapkan, dan menganalisis informasi lisan dan tulis melalui teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi.
2.3 Menunjukan prilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, dan proaktif dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk menceritakan teks anekdot.
3.3 Menganalisis teks prosedur kompleks baik melalui lisan maupun tulisan.
4.3 Menyunting teks prosedur kompleks sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan


C.    INDIKATOR
1.Konsisten menggunakan bahasa Indonesia sesuai dengan kaidah yang tepat dalam mempelajari teks anekdot sebagai bukti implementasi rasa syukur atas anugrah Tuhan yang Maha ESA.
2.Bersikap jujur, disipin, dan tanggung jawab dalam mempelajari teks prosedur kompleks.
3.Mengetahui struktur isi, kaidah dan bahasa teks prosedur kompleks.
4.   Cara membuat teks prosedur kompleks sesuai dengan struktur isi dan kaidah teks prosedur kompleks.
                                      
D.    TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Selama dan setelah proses pembelajaran tetang teks prosedur kompleks sebagai konsisten menggunakan bahasa Indonesia dengan kaidah yang tepat sebagai wujud mensyukuri anugrah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia.
2.      Selama dan setelah pembelajaran siswa dapat menunjukan prilaku jujur disiplin dan tanggung jawab dalam menggunakan bahasa Indonesia.
3.      Siswa dapat menganalisis teks prosedur kompleks sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik lisan maupun tulisan.
4.      Setelah menganalisis siswa dapat menyunting teks prosedur kompleks sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.

E.     MATERI PEMBELAJARAN
·         Teks prosedur kompleks
·         Struktur tekas prosedut kompleks

F.     METODE PEMBELAJARAN
Metode Mind Mapping.

G.    Media dan sumber belajar
Contoh teks prosedur kompleks
Buku pembelajaran bahsa indonesia
Infokus

H.    KEGIATAN PEMBELAJARAN
a.      Kegiatan Pendahuluan
1)      Siswa merespon salam guru.
2)      Siswa merespon pertanyaan tentang kabar dari guru.
3)      Siswa merespon absen guru.
4)      Siswa meresfon motivasi dari guru.
5)      Siswa melakukan doa bersama sebelum belajar.
6)      Siswa menerima informasi tentang tujuan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
b.      Kegiatan Inti
1)      Siswa menerima informasi tentang kompetensi yang harus dicapai (KI KD).
2)      Siswa menerima informasi tentang konsep atau permasalahan yang ada dalam teks prosedur kompleks, kemudian menanggapi permasalahan tersebut.
3)      Siswa membentuk kelompok yang anggotanya 2-3 orang, kemudian dari tiap kelompok menganalisis teks prosedur kompleks.
4)      Tiap kelompok menginventarisasi atau mencatat mengenai struktur, kaidah dan bahasa teks prosedur kompleks.
5)      Tiap kelompok (atau diacak kelompok tertentu) membaca hasil diskusinya dan guru mencatat di depan untuk mengelompokan sesuai kebutuhan.
6)      Siswa membuat kesimpulan dari data-data di papan.


c.       Kegiatan Penutup
1)      Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran yang sudah dibahas.
2)      Siswa merespon penutupan salam dari guru untuk mengakhiri pembelajaran yang telah dilaksanakan.


I.       PENILAIAN proses hasil pembelajaran
a.      Penilaian Sikap Spiritual
No
Nama
Aspek penilaian sikap spiritual
Menjawab salam guru
Berdo’a sebelum belajar
Menghargai guru
1
2
3
1
2
3
1
2
3












b.      Penilaian / evaluasi sikap sosial
No
Nama
Aspek penilaian sikap sosial
Menunjukan sikap tanggung jawab
Peduli terhadap teman
Responsif dan santun
1
2
3
1
2
3
1
2
3


















c.       Penilaian / evaluasi pengetahuan
No
Nama
Aspek Penilaian Pengetahuan
Memahami struktur teks prosedur kompleks
Memahami kaidah teks prosedur kompleks
1
2
3
1
2
3









d.      Penilaian / evaluasi keterampilan
No
Nama
Aspek Penilaian Keterampilan
Dapat membuat teks prosedur kompleks
 kebahasa dalam membuat teks prosedur kompleks
1
2
3
1
2
3














Contoh teks prosedur kompleks
APA YANG HARUS ANDA LAKUKAN JIKA TERKENA TILANG?
Di Indonesiabanyak pengendara kendaraan bermotor. Jika pengendara
melakukan pelanggaran, tentu pihak berwajib akan menilangnya. Pengendara kendaraan bermotor perlu mengetahui prosedur penilangan. Berikut ini hal yang harus Anda perhatikan ketika dikenakan surat bukti pelanggaran berlalu lintas. Dengan memperhatikan hal ini, ketika melakukan pelanggaran, Anda tidak akan dirugikan dan akan mendapat sanksi sesuai dengan peraturan.
Pertama, kenali si petugas. Cobalah mengenali nama dan pangkat polisi yang
tercantum di pakaian seragamnya. Mereka mempunyai kewajiban menunjukkantanda pengenal.Nama dan pangkat polisi menjadi penting apabila polisi bertindakdi luar prosedur. Jangan hentikan kendaraan Anda jika ada orang berpakaian preman mengaku sebagai polisi lalu lintas (polantas)!
Kedua, pahami kesalahan Anda. Tanyakanlah apa kesalahan Anda, pasal berapa
yang dilanggar, dan berapa dendanya. Sebagai pembimbing masyarakat, polisi harus menjelaskan kesalahan pengendara agar kesalahan tersebut tidak terulangkembali.Alasan pelanggaran dan besarnya denda juga harus berdasarkan hukum yang berlaku.
Ketiga, pastikan tuduhan pelanggaran. Pengendara sudah selayaknya mengecek
tuduhan pelanggaran polisi tersebut, benar atau tidak. Jika polisi menyatakan Anda dilarang belok ke kiri karena ada tanda dilarang belok kiri, Anda harus yakin bahwa tanda tersebut benar-benar ada.
Keempat,  janganserahkan kendaraan  atau  STNK (surat tanda  nomor
kendaraan) begitu saja. Polisi tidak berhak menyita kendaraan bermotor atau STNK, kecuali kendaraan bermotor itu diduga hasil tindak pidana, pelanggaran itu mengakibatkan kematian, pengemudi tidak dapat menunjukkan STNK, ataupengemudi tidak dapat menunjukkan SIM. Jadi, utamakanlah SIM (surat izin mengemudi) sebagai surat yang ditahan oleh polantas!
Kelima, terima atau tolak tuduhan. Setiap pengemudi mempunyai dua alternatif
terhadap tuduhan pelanggaran yang diajukan polantas, yaitu menerima atau menolak tuduhan tersebut. Apabila menerima tuduhan, Anda harus bersedia membayar denda ke bank. Anda akan diberi surat tilang berwarna biru. Tandatanganilah surat bukti pelanggaran berlalu lintas itu. Di baliknya terdapat bukti penyerahan surat atau kendaraan yang dititipkan. Surat atau kendaraan yang ditahan dapat diambil jika Anda dapat menunjukkan bukti pembayaran denda.Jika menolak tuduhan, katakan keberatan Anda dengan sopan. Anda akandiberi surat bukti pelanggaran berlalu lintas berwarna merah sebagai undanganuntuk mengikuti sidang. Penentuan hari sidang memerlukan waktu 5--12 hari.Barang sitaan baru dapat dikembalikan kepada pelanggar setelah ada keputusanhakim.
Pengenalan struktur isi teks prosedur kompleks
Prosedur Kompleks    : jenis teks yang berisi langkah-langkah yang harus ditempuh untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Langkah-langkah itu biasanya tidak dapat dibalik-balik, tetapi apabila teks prosedur mengandung langkah-langkah yang dapat dibalik-balik, teks tersebut disebut protokol.
2.   Struktur Teks Prosedur Kompleks
a.    Tujuan yang akan dicapai
Berisi tujuan dari pembuatan teks prosedur kompleks atau hasil akhir yang akan dicapai (dapoat berupa judul).
a.    Langkah-langkah
Berisi cara-cara yang ditempuh untuk mencapai tujuan (biasanya tidak dapat diubah urutannya)
3.   Ciri Kebahasaan
v  Konjungsi  Temporal (kata penghubung waktu)
Macam-Macam Konjungsi
a.    Konjungsi waktu : sesudah, setelah, sebelum, lalu, kemudian, setelah itu
b.    Konjungsi gabungan : dan, serta, dengan
c.    Konjungsi pertentangan : tetapi, akan tetapi, namun, melainkan, sedangkan
d.    Konjungsi pilihan : atau
e.    Konjungsi penegasan/penguatan : bahkan, apalagi, hanya, lagi pula, itu pun
f.     Konjungsi pembatasan : kecuali, selain, asal
g.    konjungsi tujuan : agar, supaya, untuk
h.    Konjungsi persyaratan : kalau, jika, jikalau, bila, asalkan, bilamana, apabila
i.      Konjungsi perincian : yaitu, adalah, ialah, antara lain, yakni
j.     Konjungsi penjelasan : bahwa
k.    Konjungsi sebab akibat : karena, sehingga, sebab, akibat, akibatnya
l.     Konjungsi perbandingan : bagai, seperti, ibarat, serupa

m.  Konjungsi penyimpulan :oleh sebab itu, oleh karena itu, jadi, dengan demikian

1 komentar:

  1. Online Casino Site - Lucky Club Live
    Enjoy an online casino with slots and games from all over the 카지노사이트luckclub world, with Lucky Club. Play for real money on your desktop or mobile device.‎Login · ‎Mobile Casino · ‎Login

    BalasHapus