Senin, 30 Juni 2014

RPP SMP VII/1 teks deskripsi

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SatuanPendidikan        : SMP
Kelas/Semester            : VII/1
Tema                            : pengenalan budaya indonesia
Mata Pelajaran             : Bahasa Indonesia
Materi pokok               : Teks tanggapan Deskriptif
Alokasi waktu              : 3 x 45 menit

A.    Kompetensi Inti
a.    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
b.    Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,  peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
c.    Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
d.   Mencoba, mengolah, dan menyajikan dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak  (menulis, membaca, menghitung, mengambarkan, dan mengarang) sesuai dengan yang di pelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dlam sudut pandang/teori

B.     Kompetensi Dasar
1.1     Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa indonesia sebagai anugrah tuhan yang maha esa untuk mempersatukan bangsa indonesia di tengah keberagaman bahasa dan budaya
2.1     Memiliki perilaku jujur, tanggung jawab, dan santun dalam menanggapi secara pribadi hal-hal atau kejadian berdasarkan hasil deskriptif
3.1     Memahami teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik melalui lisan maupun tulisan
4.1     Menangkap makna teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik melalui lisan maupun tulisan

C.    Indikator Pencapaian Kompetensi
1.    Menggunakan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana memahami informasi lisan dan tulis.
2.    Mempelajari bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana menyajikan informasi lisan dan tulis
3.    Memiliki perilaku jujur, tanggung jawab, dan santun dalam menanggapi secara pribadi hal-hal atau kejadian berdasarkan hasil deskriptif
4.    Menulis isi teks hasil deskriptif
5.    Mempelajari struktur teks hasil deskriptif
6.    Menjelaskan ciri bahasa teks hasil deskriptif
D.    Tujuan Pembelajaran
1.    Selama dan setelah proses pembelajaran, siswa dapat menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa sebagai sarana memahami informasi lisan dan tulis
2.    Selama dan setelah proses pembelajaran, siswa menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana menyajikan informasi lisan dan tulis
3.      Selama dan setelah proses pembelajaran, siswa dapat menunjukkan/berprilaku dan ber sikap jujur, tanggung jawab, dan santun dengan menggunakan bahasa Indonesia dalam menyusun/memproduksi hasil deskripsi baik lisan maupun tulisan
4.      Setelah membaca teks hasil deskripsi dan mendiskusikannya siswa dapat mengetahui isi teks hasil laporan deskripsi baik secara lisan maupun tulisan.
5.      Setelah membaca teks hasil deskripsi dan mendiskusikannya siswa dapat mengetahui struktur teks hasil laporan deskripsi baik secara lisan maupun tulisan
6.      Setelah membaca teks hasil deskripsi dan mendiskusikannya siswa dapat mengetahui cirri bahasa teks hasil laporan deskripsi baik secara lisan maupun tulisan
E.     Materi Pembelajaran
·                  Teks tanggapan deskripsi
·                  Struktur teks tanggapan deskripsi
·                  Ciri bahasa teks tanggapan deskripsi

F.     Metode Pembelajaran
Metode Inkuiri

G.    Kegiatan Pembelajaran
1.      Pertemuan Pertama
a.      Kegiatan Pendahuluan
1)    Siswa menrespon  salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
2)    Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
3)    Siswa menerima informasi kompetensi, meteri, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan
4)    Untuk menarik minat, siswa mendengarkan pembacaan teks deskripsi yang berjudul “Belanja di Toko Maju” .
5)    Siswa diberi pemahaman tentang laporan hasil deskripsi yang dikaitkan dengan   fenomena yang terjadi di sekitar siswa. Guru menggugah kesadaran siswa agar tanggap     terhadap lingkungannya
b.      Kegiatan Inti
Eksplorasi
1)    Siswa mengamati beberapa gambar orang yang berbelanja ditoko.
2)    Siswa menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan apa yang dilihat dalam gambar dan pengetahuan siswa tentang belanja ditoko atau lingkungan yang ada di sekitar siswa.
Elaborasi
3)    Siswa mengambil undian yang berisi istilah kebahasaan. Lalu, masing-masing siswa menyebutkan kata yang sama, bersatu membentuk kelompok kecil.
4)    Siswa mendapatkan fotokopi teks hasil deskriptif
5)    Dengan sikap tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun siswa secara berkelompok membaca dan menjawab pertanyaan tentang isi teks hasil deskriptif
6)    Salah satu kelompok melaporkan hasil diskusinya.
7)    Kelompok lain merespon atau menanggapi dengan responsif dan santun.
8)    Siswa mengisi latihan berupa mencocokan kalimat dan kata yang isinya berkaitan dengan teks.
9)    Siswa bersama guru membahas hasil latihan.
Konfirmasi
10) Bersama guru, siswa mengidentifikasi hambatan-hambatan yang dialami saat memahami isi teks hasil deskriptif
11) Siswa mendengarkan umpan balik dan penguatan dari guru atas pernyataan mereka tentang hambatan dalam memahami isi teks hasil deskriptif
12) Siswa terbaik mendapatkan penghargaan dari guru.
c.     Kegiatan Penutup
1)    Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran
2)    Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan
3)    Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran




H.    Penilaian Proses dan Hasil Belajar
a.    Penilaian / evaluasi sikap sepiritual
No
Nama
Aspek penilaian sikap spiritual
Menjawab salam guru
Berdo’a sebelum belajar
Menghargai guru
1
2
3
1
2
3
1
2
3












b.      Penilaian / evaluasi sikap sosial
No
Nama
Aspek penilaian sikap sosial
Menunjukan sikap tanggung jawab
Peduli terhadap teman
Responsif dan santun
1
2
3
1
2
3
1
2
3




















c.       Penilaian / evaluasi pengetahuan
No
Nama
Aspek Penilaian Pengetahuan
Memahami struktur teks deskriptif
Memahami kaidah teks deskriptif
1
2
3
1
2
3









d.      Penilaian / evaluasi keterampilan
No
Nama
Aspek Penilaian Keterampilan
Dapat membedakan teks deskriptif
 kebahasa dalam membuat teks deskriptif
1
2
3
1
2
3












Contoh tes hasil deskripsi

TariSaman
TariSamantercatat  di  UNESCO  padaDaftarRepresentatifBudayaTakbenda
WarisanManusia. PenetapanitudilaksanakanpadaSidang ke-6 KomiteAntar- PemerintahuntukPelindunganWarisanBudayaTakbenda  UNESCO  di  Bali, pada 24 November 2011. PadaawalnyaTariSamanmerupakansalahsatu media untukmenyampaikanpesan  (dakwah). TariSamanmengandungpendidikankeagamaan, sopansantun, kepahlawanan, kekompakan, dankebersamaan.
PenariSamanberjumlahganjil.  Merekamenyanyikansyairlaguberbahasa
Gayobercampurdenganbahasa Arab saatmenari.NyanyiandalamTariSamandibagidalam  lima  macam.  Regnum adalahnyanyianberupasuaraauman.Deringadalahsuaraaumanyang dilakukanolehsemuapenari. Redetadalahlagusingkatdengansuarapendek yang dinyanyikanolehseorangpenaripadabagiantengahtari.  Syekadalahlagu  yang  dinyanyikanolehseorangpenaridengansuarapanjangtinggimelengking, biasanyasebagaitandaperubahangerak.  Sauryaitulagu  yang  diulangbersamaolehseluruhpenarisetelahdinyanyikanolehpenari  solo.  Selainnyanyian,  gerakanpenariSamandiiringialatmusikberupagendang, suarateriakanpenari,  tepuktanganpenari, tepuk dada penari, dantepukpahapenari. Gerakdalamtariitudisebutguncang, kirep,lingang, dansurang-saring (semuagerakiniadalahbahasaGayo).
KostumataubusanakhususTariSamanterbagitigabagian.Padakepaladipakai
bulungtelengdansuntingkepies. Bulungtelengdisebutjugatengkuluk, yaitukainberdasarhitamberbentukempatpersegipanjang.  Suntingkepiesatautajukbungadigunakan di bagiankanankepala. Padabadandipakaibajupokok, celana,  dankainsarung.  Bajupokokdisebutjugabajukerawangyaitubajubertanganpendekberwarnahitamdisulambenangputih,  hijau,  danmerah. Padatangandipakaitopenggelangdansaputangan.Penggunaanwarnapadakostumpenarisangatpentingmenuruttradisikarenawarnamengandungnilai-nilai  yang  menunjukkanidentitas,  kekompakan,  kebijakan,  keperkasaan, keberanian, dankeharmonisanparapemakainya.


DESKRIPTIF = menggambarkan sesuatu

Teks tanggapan deskriptif disusun dengan struktur yang terdiri atas identifikasi, klasifikasi, dan deskripsi bagian. Bagian identifikasi berisi ciri, benda, tanda, dan sebagainya yang ada di dalam teks tersebut. Bagian klasifikasi berisi pengelompokan menurut jenis, kelompok, dsb., Sementara itu, deskripsi bagian berisi tentang gambaran-gambaran bagian di dalam teks tersebut.

Ciri-ciri teks deskriptif:

Struktur:
-identifikasi,
-klasifikasi, dan
-deskripsi bagian.

Isi:
Identifikasi berisi ciri, benda, tanda, dan sebagainya yang ada di dalam teks tersebut.
klasifikasi berisi pengelompokan menurut jenis, kelompok, dsb.,
deskripsi bagian berisi tentang gambaran-gambaran bagian di dalam teks tersebut. 

1 komentar: