Minggu, 29 Juni 2014

RPP SMA X/1 (ateks anekdot)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan                  : SMA
Kelas/Semester                        : X/1
Mata Pelajaran                        : Bahasa Indonesia
Tema                                       : Kritik dan Humor dalam Layanan Publik
Materi Pokok                          : Menganalisis Teks Anekdot
Jumlah Pertemuan                   : 1 X Pertemuan
Alokasi Waktu                        : 2 X 45 Menit

A.    Kompetensi Dasar
1.3 Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam mengolah, menalar, dan menyajikan informasi lisan dan tulis melalui teks anekdot
2.3 Menunjukkan perilaku jujur, tanggung jawab, dan disiplin dalam menggunakan bahasa indonesia untuk menunjukkan tahapan dan langkah yang telah ditentukan
3.3  Menganalisis teks anekdot baik lisan maupun tulisan
4.3 Menyunting teks anekdot sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan

B.  Indikator
1.3.1Konsisten menggunakan bahasa indonesia sesuai dengan kaidah yang tepat dalam mempelajari teks anekdot sebagai bukti rasa syukur atas anugerah Tuhan Yang Maha Esa
2.3.1Bersikap jujur, disiplin, dan tanggung jawab dalam mempelajari teks anekdot
3.3.1Menganalisis teks anekdot di lihat dari struktur dan kaidah bahasanya dengan tepat
4.3.1Menyunting teks anekdot dan mempresentasikannya dengan benar.

C.    Tujuan Pembelajaran
1.      Selama dan setelah proses pembelajaran tentang teks anekdot, siswa konsisten menggunakan bahasa indonesia dengan kaidah yang tepat sebagai wujud mensyukurinanugerah Tuhan akan keberadaan bahasa indonesia
2.      Selama dan setelah pembelajaran, siswa dapat menunjukkan perilaku jujur, disiplin, dan tanggung jawab dalam menggunakan bahasa indonesia.
3.      Setelah menganalisis teks anekdot, siswa dapat mengetahui struktur, kaidah, dan kebahasaan, teks anekdot
4.      Setelah mampu menganalisis, siswa dapat menyunting teks anekdot, mempresentasikannya dengan benar.


D.    Materi Pembelajaran
1.      Contoh Teks Anekdot
KUHP Dalam Anekdot
Seorang dosen fakultas hukum suatu universitas sedang memberikan kuliah hukum pidana. Suasana kelas biasa-biasa saja.
Saat sesi tanya-jawab tiba, Ali bertanya kepada pak dosen.  “Apa kepanjangan KUHP, Pak?” Pak dosen tidak menjawab sendiri, melainkan melemparkannya kepada Ahmad. “Saudara Ahmad, coba dijawab pertanyaan Saudara Ali tadi,” pinta pak dosen. Dengan tegas Ahmad menjawab, “Kasih Uang Habis Perkara, Pak …!”
Mahasiswa lain tentu tertawa, sedangkan pak dosen hanya menggeleng-gelengkan kepala seraya menambahkan pertanyaan kepada Ahmad, “Saudara Ahmad, dari mana Saudara tahu jawaban itu?” Dasar Ahmad, pertanyaan pak dosen dijawabnya dengan tegas, “Peribahasa Inggris mengatakan pengalaman adalah guru yang terbaik, Pak …!” Semua mahasiswa di kelas itu tercengang. Mereka berpandang-pandangan. Lalu,mereka tertawa terbahak-bahak.
Gelak tawa mereda. Kelas kembali berlangsung normal.

2.      Struktur, kaidah, dan kebahasaan teks anekdot
Teks Anekdot adalah teks yang berisi pengalaman seseorang yang tidak biasa. Pengalaman yang tidak biasa tersebut disampaikan kepada orang lain dengan tujuan untuk menghibur si pembaca.
Struktur teks anekdot, yaitu :
a.       Abstrak adalah bagian di awal paragraf yang berfungsi memberi gambaran tentang isi teks. Biasanya bagian ini menunjukkan hal unik yang akan ada di dalam teks. 
b.      Orientasi adalah bagian yang menunjukkan awal kejadian cerita atau latar belakang bagaimana peristiwa terjadi. Biasanya penulis bercerita dengan detil di bagian ini. 
c.       Krisis adalah bagian dimana terjadi hal atau masalah yang unik atau tidak biasa yang terjadi pada si penulis atau orang yang diceritakan.
d.      Reaksi adalah bagian bagaimana cara penulis atau orang yang ditulis menyelesaikan masalah yang timbul di bagian crisis tadi. 
e.       Koda merupakan bagian akhir dari cerita unik tersebut. Bisa juga dengan memberi kesimpulan tentang kejadian yang dialami penulis atau orang yang ditulis. 
Kebahasaan dalam teks anekdot :
Ciri kebahasaan jarang menarik perhatian, sering dijumpai keterangan waktu lampau, terdapat kalimat perintah dan seru, serta tempat secara berurutan.

E.     Metode Pembelajaran
Metode yang digunakan dalam pembelajaran ini adalah pendekatan ilmiah, dan
Metode Pembelajaran Make A Match (Mencari Pasangan).




F.     Kegiatan Pembelajaran

a.       Kegiatan Pendahuluan ( 15 menit )
1.      Siswa merespon salam dan mengekspresikan nilai-nilai sosial dan kemanusiaan melalui interaksi simpatik dan empatik.
2.      Siswa bersama guru berdoa sebelum memulai pembelajaran
3.      Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan
4.      Siswa menerima informasi tentang kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.

b.      Kegiatan Inti ( 55 menit )
Mengamati :
1.      Siswa merespon penjelasan guru tentang proses pembelajaran yang akan dilakukan dan merespon tentang teks anekdot yang dibutuhkan
2.      Siswa memperhatikan beberapa kartu yang berisi beberapa konsep atau topik yang cocok untuk sesi review, sebaiknya satu bagian kartu soal dan bagian lainnya kartu jawaban, yang dipersiapkan guru
Menanya :
3.      Setiap siswa mendapatkan satu buah kartu
Menalar :
4.      Tiap siswa memikirkan jawaban atau soal dari kartu yang dipegang
Mencoba :
5.      Setiap siswa mencari pasangan yang mempunyai kartu yang cocok dengan kartunya ( soal-jawaban )
Membuat jejaring :
6.      Setiap siswa yang dapat mencocokkan kartunya sebelum batas waktu diberi poin
7.      Setelah satu babak kartu dikocok lagi agar tiap siswa mendapat kartu yang berbeda dari sebelumnya
8.      Demikian seterusnya
9.      Kesimpulan atau penutup.

c.       Kegiatan Penutup ( 10 menit )
1.         Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran
2.         Siswa dan guru melakukan refleksi terhadap kegiatan yang telah dilakukan
3.         Siswa memperhatikan informasi kompetensi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya
4.         Siswa bersama guru menutup kegiatan pembelajaran dengan bersama-sama berdoa.

G.    Media dan Sumber Belajar
1.         Contoh teks anekdot yang berjudul KUHP dalam anekdot
2.         Infocus
3.         Buku pelajaran bahasa indonesia untuk SMA kelas
H.    Penilaian
1.      Penilaian Sikap Spiritual

HASIL PENILAIAN PERKEMBANGAN KESADARAN MENGGUNAKAN BAHASA INDONESIA DENGAN KAIDAH YANG TEPAT
No
Nama
Menjawab salam
Berdoa
1.



2.



3.



               Keterangan :          1 = kurang                     3 = baik
                                             2 = sedang                      4 = sangat baik
2.      Penilaian Sikap Sosial
Mata Pelajaran                  : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                : X / 1
Tema                                 :
Waktu Pengamatan           : Hari sabtu, tanggal 31 mei 2014, dan pukul 10.00 WIB

Indikator perkembangan sikap berbahasa yang diamati meliputi tanggung jawab, disiplin, dan jujur.

HASIL PENILAIAN PROSES

No
Nama
Nilai Aspek
Tanggung jawab
Disiplin
jujur
Jumlah skor
1.





2.





3.





Keterangan : 1= kurang                  3= baik
                                      2= sedang                  4= sangat baik







3.      Penilaian Pengetahuan
Soal : Identifikasi struktur dan rujukan kata pada teks anekdot.

No
Nama
Aspek yang dinilai
Skor
Struktur teks
Unsur kebahasaan teks
1.





2.





3.





4.





Keterangan : 1= kurang                  3= baik
                                      2= sedang                  4= sangat baik


4.      Penilaian Hasil/produk
LEMBAR PENILAIAN HASIL
Mata Pelajaran                  : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                : X / 1
Tema                                 :
Nama Proyek                    :
Alokasi Waktu                  : 1 Pertemuan ( 2 x 45 menit )
Nama Siswa                      :

RUBRIK PENILAIAN PRODUK
No
Tahapan
Skor (1-5)
A.
Penyusunan teks :


Kelogisan teks


Kesistematisan teks

B.
Presentasi teks :


Kejelasan lafal

                Keterangan : 1= kurang                  3= baik
                                      2= sedang                  4= sangat baik


1 komentar:

  1. BetMGM Casino $200 Bonus Code - JTHub
    The BetMGM casino welcome bonus is $200 계룡 출장마사지 when you sign up with 구리 출장샵 your first 안산 출장샵 deposit. It's a risk-free 의정부 출장샵 bet of up to $200. 안동 출장안마

    BalasHapus