Minggu, 29 Juni 2014

RPP SMP VII/1 teks hasil observasi

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan       : SMP
Mata Pelajaran             : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester            : VII/1
Tema                            : Cinta Lingkungan Hidup
Materi pokok               : Teks Hasil Observasi
Alokasi Waktu             : 2 x 45 menit


A.    Kompetensi Inti
a.    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
b.    Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,  peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
c.    Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
d.      Mencoba, mengolah, dan menyajikan dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak  (menulis, membaca, menghitung, mengambarkan, dan mengarang) sesuai dengan yang di pelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dlam sudut pandang/teori

B.     KompetensiDasar
1.3  Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa sebagai sarana menyajikan informasi lisan dan tulis.

2.3  Memiliki perilaku kretif, tanggung jawab, dan santun dalam menbedakansudut pandang tertentu tentang  suatu masalah yang terjadi pada masyarakat.
3.3  mengklasifikasi teks hasil observasi, tanggpan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik melalui lisan maupun tulisan.
 4.3 Menangkap makna teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik secara lisan maupun tulisan






C.    Indokator

1.       Menggunakan bahasa Indonesia dengan tepat dalam memaknai laporan teks observasi sebagai rasa syukur atas anugrah Tuhan Yang Mahaesa atas keberadaan bahasa Indonesia untuk sarana kegiatan belajar di lingkungan sekolah dalam  bentuk lisan dan tulis.

2.      Mempunyai prilaku kretif, tanggung jawab, dan santun dalam menbedakansudut pandang tertentu tentang  suatu masalah yang terjadi pada masyarakat.

3.      Menggolongkan teks hsil ovservasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik melalui lisan maupun tulisan.

4.      Merespon makna teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik secara lisan maupun tulisan


D.    Tujuan Pembelajaran
1.    Siswa menggunakan Bahasa Indonesia dengan benar  dalam menaggapi teks laporan hasil observasi secara lisan dan tulis  sebagai bentuk dari rasa menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa
2.    Siswa menunjukkan perilaku kreatif dalam menanggapi hal-hal  yang ada dalam teks laporan hasil observasi.
3.    Siswa menunjukkan perilaku tanggung jawab dalam menanggapi hal-hal yang ada dalam teks laporan hasil observasi
4.    Siswa menunjukkan perilaku santun  dalam menanggapi hal-hal yang ada dalam teks laporan hasil observasi
5.    Diberikan model teks hasil observasi, siswa dapat menjelaskan struktur teks hasil obeservasi
6.    Diberikan model teks hasil observasi, siswa dapat klasifikasi teks hasil observasi
7.    siswa dapat memaknai kata dan istilah yang terdapat dalam teks hasil observasi
8.    siswa dapat memaknai isi teks hasil observasi

E.     Materi Pembelajaran
teks hasil observasi
contoh teks hasil observasi
F.      MetodePembelajaran
Metode Inside-Outside Circle
G.     Media dan sumber belajar
Contoh laporan  hasil observasi
Buku pelajaran bahasa indonesia
H.      Langkah-langkah Pembelajaran
A.    Kegiatan Pendahuluan ( 10 menit )
1)      Siswa merespons salam dan mengekspresikan nilai-nilai sosial dan kemanusia melalui interaksi simpatik dan empatik.
2)      Siswa menerima informasi tetang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
3)      Siswa menerima informasi tentang kompetensi, materi, tujuan,  manfaat, dan langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan

B.     Kegiatan Inti   (70 menit )
1)      Siswa menggali informasi tetang laporan hasil observasi melalui mencermati dengan seksama contoh laporan hasil observasi
2)      Guru membagi kelas menjadi 2 kelompok.
3)      Guru memberikan bahan observasi ke setiap siswa
4)      Siswa mengobservasi objek yang di berikan
5)      Kelompokpertamaatauseparuhkelompokberdirimembentuklingkarankecildanmenghadapkeluar.
6)      Kelompokkeduaatauseparuhkelompok yang lainmembentuklingkaran di luardarilingkaran yang pertama.
7)      Siswaberhadapandanberpasangandenganberbedakelompokantarakelompokpertamadankedua.
8)      Siswa yang berada di lingkaranbesarataukelompokkeduamenjelaskantentangapa yang telah di tugaskanoleh guru.
9)      Siswabergesersatulangkahsearahjarum jam.
10)  Setelahkelompokkeduaselesaimenjelaskanmakakelompokpertamamenjelaskanpergantianmenjelaskan.



C.     Kegiatan Penutup   ( 10 menit )
1)      Siswa bersama guru merangkum/menyimpulkan pembelajaran.
2)      Siswa dan guru melakukan refleksi terhadap kegiatan yang telah dilakukan.
3)      Siswa menjawab pertanyaan guru.
4)      Siswa menyimak informasi tindak lanjut.

I.                   Penilaian Proses dan Hasil Belajar
a.    Penilaian / evaluasi sikap sepiritual
No
Nama
Aspek penilaian sikap spiritual
Menjawab salam guru
Berdo’a sebelum belajar
Menghargai guru
1
2
3
1
2
3
1
2
3




























b.      Penilaian / evaluasi sikap sosial
No
Nama
Aspek penilaian sikap sosial
Menunjukan sikap tanggung jawab
Peduli terhadap teman
Responsif dan santun
1
2
3
1
2
3
1
2
3
















c.       Penilaian / evaluasi pengetahuan
No
Nama
Aspek Penilaian Pengetahuan
Memahami struktur teks hasil observasi
Memahami kaidah teks hasil observasi
1
2
3
1
2
3










d.      Penilaian / evaluasi keterampilan
No
Nama
Aspek Penilaian Keterampilan
Dapat membedakan teks hasil observasi
 kebahasa dalam membuat teks hasil observasi
1
2
3
1
2
3















Contoh teks observasi
Cinta Lingkungan
Lingkungan  hidup  adalah  segala  sesuatu  yang  ada  di  sekitar  manusia  dan
berhubungan timbal balik. Lingkungan hidup ini mencakupi benda hidup dan benda mati. Benda hidup perlu makanan dan berkembang biak seperti manusia, binatang,  dan  tumbuhan.  Benda  mati  antara  lain  tanah,  air,  api,  batu,  dan udara. Jika terpelihara dengan baik, lingkungan hidup itu dapat menciptakan masyarakat yang sehat, aman, tenteram, lahir dan batin.
Indonesia merupakan paru-paru dunia kedua. Indonesia memiliki hutan lebat
yang memberikan banyak oksigen. Di negara ini terdapat tumbuh-tumbuhan dan hewan yang khas, seperti matoa, kayu cendana, burung cendrawasih, orang utan, dan komodo.
Ekosistem  di  Indonesia  yang  masih  terjaga,  salah  satunya,  adalah  kawasan
Gunung  Kidul.  Di  daerah  itu  sungai  di  bawah  tanah  airnya  melimpah.  Di  gua dan  sekitar  sungai    masih  dihuni  segerombolan  kelelawar  dan  fitoplankton. Fitoplankton  itu  menjadi  makanan    ikan  sehingga  ikan  berkembang  biak dengan  baik.  Hewan-hewan  melata  atau  reptil,  seperti  ular,  kadal,  dan  tokek masih berkeliaran. Burung-burung kecil berkicau, musang berlari-larian, ayam berkokok, dan berbagai serangga hidup saling pengaruh.
Alam yang indah ini harus dicintai, dijaga, dan dilestarikan. Kecintaan pada alam
itu harus selalu kita tumbuhkan kepada seluruh warga Indonesia. Selain itu, rasa cinta itu juga harus terus ditanamkan agar alam Indonesia tetap menjadi paru- paru dunia yang bermanfaat bagi kehidupan seluruh makhluk yang hidup dari masa ke masa.






TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI
PENGERTIAN :
Teks laporan adalah teks yang berisi penjabaran umum / melaporkan sesuatu berupa hasil dari pengamatan (observasi). Teks laporan (report) ini juga disebut teks klasifikasi karena memuat klasifikasi mengenai jenis-jenis sesuatu berdasarkan kriteria tertentu.Jenis teks ini mendeskripsikan atau menggambarkan bentuk, ciri, atau sifat umum (general) seperti benda, hewan, tumbuh-tumbuhan, manusia, atau peristiwa yang terjadi di alam semesta kita.
CIRI-CIRI TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI :
·                     Harus mengandung fakta
·                     bersifat objektif
·                     harus ditulis sempurna dan lengkap
·                     tidak memasukkan hal-hal yang menyimpang, mengandung prasangka, atau pemihakan
·                     disajikan secara menarik, baik dalam hal tata bahasa yang jelas, isinya berbobot, maupun susunan logis. 
Pada umumnya teks laporan hasil observasi memiliki bentuk yang hampir sama dengan teks deskripsi, tetapi sebenarnya sifat kedua teks tersebut berbeda. Teks laporan menggambarkan sesuatu secara umum dan sesuai fakta apa adanya tanpa ada opini/pendapat penulis.  Sedangkan teks deskripsi menggambarkan secara khusus (unik dan individual) dan menggambarkan sesuai dengan sudut pandang penulis.

STRUKTUR TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI :
Strukturnya terdiri dari dua bentuk, yaitu pernyataan umum atau klasifikasi (biasanya di awal paragraf) dan sejumlah paragraf yang terdiri anggota atau aspek yang dilaporkan.

Teks hasil observasi
          Teks hasil observasi adalah teks hasil pengamatan , secara rinci, sistematis dan bersifat faktual. Bersifat faktual maksudnya adalah semua yang berada di teks tersebut benar benar ada atau fakta.

Di dalam teks hasil observasi(THO) terdapat 3 buah struktur , yaitu :
1.                  Definisi umum adalah paragraf yang berisi penjelasan secara rinci seperti pengertian objek yang diamati atau nama lain dari objek yang diamati. contoh, 'Teratai adalah jenis tanaman air dari suku nymphaceae yang dalam bahasa inggris disebut waterlily' 
2.                  Deskripsi bagian, adalah paragraf atau struktur yang berisi bagian-bagian dari objek yang di amati. contoh, 'tumbuhan itu terdiri dari tangkai, kelopak dan bunga' 
3.                  Deskripsi manfaat, adalah paragraf atau struktur yang berisi manfaat-manfaat dari objek yang di amati tersebut. contoh, 'kulit ular itu dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku tas'
Di dalam teks hasil observasi juga terdapat fitur bahasa diantara lain : 
1.                  Kata istilah
2.                  Kata penghubung

3.                  Kata depan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar