Selasa, 01 Oktober 2013

pengertian metode kontekstual

PENGERTIAN METODE KONTEKSTUAL
Metode  kontekstual adalah konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkannya dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sehari-hari (Depdiknas, 2002:5). Dari batasan di atas, dapat ditarik dua hal pokok, yakni mengenai peran guru dan peran siswa dalam pembelajaran.
Dalam pembelajaran kontekstual, siswa harus meyakini bahwa yang mereka pelajari itu berguna sebagai bekal hidup mereka. Sekaitan dengan itu, di sisi lain, guru harus menjadi fasilitator yang membimbing siswa untuk dapat menemukan sendiri hal-hal yang seharusnya mereka temukan. Dalam pembelajaran kontekstual, siswa harus memposisikan diri sebagai diri sendiri yang sedang mencari bekal untuk hidupnya nanti. Dalam upaya itu, guru berperan sebagai pengarah dan pembimbing.
Dalam pembelajaran kontekstual, tugas guru adalah membantu siswa mencapai tujuannya. Oleh karena itu, tugas guru lebih berkaitan dengan perancangan strategi pembelajaran, bukan sekadar pemberi informasi mengenai materi pembelajaran. Guru secara profesional bertugas membimbimbing siswa untuk belajar sendiri, menemukan, dan memperoleh kometensi-kompetensi baru yang berguna bagi kehidupan mereka.

KOMPONEN PENDEKATAN KONTEKSTUAL
Pendekatan CTL memiliki tujuh komponen utama, yaitu konstruktivisme (Contructivism), menemukan (Inquiry) bertanya (Questioning), masyarakar-belajar (Learning Community), permodelan (Modeling), refleksi (Reflection) dan penilaian yang sebenarnya (Authentic Assesment). Sebuah kelas dikatakan menggunakan pendekatan CTL jika menerapkan ketujuh komponen tersebut dalam pembelajarannya.
a. Konstruktivisme (Constructivism)
Konstruktivisme lahir dari gagasan Jean Piaget dan Vigotsky. Hakikat dari teori konstruktivisme adalah ide bahwa siswa harus menjadikan hal-hal yang dielajari itu menjadi miliknya sendiri. Dalam hal ini, tugas guru tidak semata-mata memberikan pengetahuan kepada siswa, tetapi membimbing mereka untuk belajar sendiri bahkan dengan menggunakan strategi mereka sendiri. Guru harus membimbing siswa membangun pengetahuan di dalam benaknya sendiri sehingga apa yang dielajarinya itu menjadi sangat bermakna dan sangat relevan bagi kehidupan mereka Ada beberapa prinsip konstruktivisme yang penting dicatat sebagai berikut. (1) Pengetahuan dan keterampilan dibangun oleh siswa secara aktif. (2) Pusat aktivitas pembelajaranterletak pada siswa, partisipasi siswa dalam pembelajaran dinomorsatukan. (3) Tugas guru adalah membantu siswa belajar, guru adalah fasilitator.
Sesuai dengan teori konstruktivisme yang menjadi landasan CTL, guru harus meyakinkan siswa bahwa mereka akan belajar lebih bermakna dengan cara bekerja sendiri, menemukan sendiri, dan mengkonstruksi sendiri pengetahuan dan ketrampilan barunya. Dengan demikian, prosedur inkuiri relevan untuk digunakan dalam pembelajaran kontekstual.

b. Menemukan (Inquiry)
Proses menemukan merupakan kegiatan inti dari pembelajaran kontekstual. Pengeatahuan dan keteramilan yang diperoleh siswa diharapkan bukan hasil proses mengingat materi yang disajikan guru, melainkan hasil dari menemukan sendiri fakta-fakata yang dipelajari. Guru harus selalu merancang kegiatan inkuiri ini dalam setiap pembelajaran yang dikelolanya. Kegiatan inkuiri yang harus dirancang guru meliputi: observasi (observation), bertanya (questioning), mengajukan dugaan (hiphotesis), pengumpulan data (data gathering), penyimpulan (conclussion). Kata kunci strategi inkuiri adalah ’siswa menemukan sendiri’. Untuk menumbuhkan semangat siswa untuk melakukan kegiatan menemukan sediri tersebut, maka guru harus senantiasa mengembangkan sifat ingin tahu siswa dengan bertanya.

c. Bertanya (Questioning)
Pengetahuan dan keterampilan yang berkesan pada diri siswa adalah pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh dengan dorongan perasaan ingin tahu. Perasaan ingin tahu ini yang mendorong siswa untuk bertanya. Guru harus selalu menciptakan strategi yang daat membangkitkan rasa ingin tahu siswa dan mendorong siswa untuk bertanya dan bertanya tentang apa yang dia inginkan untuk diketahui. Kegiatan bertanya dapat muncul dalam kelompok belajar yang partisipatif. Oleh karena itu, guru sebaiknya menciptakan masyarakat belajar (learning community) di dalam kelas yang dikelolanya.

d. Masyarakat Belajar (Learning Community)
Masyarakat belajar dapat terjadi apabila terjadi komunikasi dua arah. Seorang guru yang menjelaskan sebuah topik kepada para siswa bukanlah contoh masyarakat belajar. Dalam masyarakat belajar, siswa saling belajar satu sama lain. Dalam masyarakat belajar, siswa bertanya dan siswa lain menjawab, mereka saling bertukar pikiran, bertukar pendapat, dan bertukar pengalaman. Dalam pembelajaran seperti ini, tugas guru tidak sekadar menjelaskan sesuatu dan menjawab pertanyaan siswa. Tuas guru adalah mengelola kelas agat antara siswa dan guru, antara siswa dan siswa lain terjadi saling bertanya, saling menjawab, saling bertukar pikiran, bertukar gagasan , dan saling bertukar pengalaman.
Ketika seorang siswa tampil menyajikan hasil diskusi atau hasil kerjanya, siswa lain memperhatikan, mempelajarinya, dan membandingkannya dengan apa yang telah mereka peroleh atau yang telah mereka kerjakan. Penyajian hasil kerja seorang siswa atau sebuah kelompok dapat menjadi model bagi siswa atau kelompok yang lainnya.

e. Pemodelan (Modeling)
Ketika seorang guru atau salah seorang siswa membacakan puisi di muka kelas, ia menjadi model bagi para siswa. Model dapat didatangkan dari kelas lain atau dari luar sekolah. Guru dapat menghadirkan juara baca puisi atau penyair untuk membacakan puisi di muka kelas. Model dapat juga berupa rekaman audio atau audio visual. Pemodelan ini, terutama dalam pembelajaran sastra, jangan membuat proses pembelajaran menjadi terjebak pada roses peniruan tanpa proses internalisasi. Misalnya, siswa siswa meniru intonasi, suara, mimik. gerak model yang ditampilkan. Oleh karena itu, setiap penampilan model harus dibahas di dalam kelompok atau secara klasikal oleh para siswa agar siswa melakukan internalisasi dan mereka benar-benar menjadi subjek yang aktif dan kreatif.

f. Refleksi (Reflection)
Refleksi adalah sebuah proses perenungan yang dilakukan oleh mengenai pengetahuan dan keterampilan yang baru saja dipelajarinya dan yang sudah menjadi miliknya. Siswa mengendapkan apa yang baru dipelajarinya sebagai bangunan pengetahuan dan keterampilan baru yang mengukuhkan, memperkaya, atau merevisi apa yang telah menjadi miliknya. Pada proses refleksi ini siswa bisa saja menghubungkan materi baru dielajarinya dengan kehidupan. Ia menimbang-nimbang tentang manfaatnya serta kedudukannya dalam bangunan cita-cita hidupnya di masa yang akan datang. Misalnya, siswa merenung: “Oh, selama ini saya keliru dalam membaca puisi. Saya tidak berusaha memahami dulu puisi yang hendak dibaca. Saya hanya meniru saja apa yang dilakukan teman-teman sewaktu membaca”. Guru bertugas merancang roses refleksi ini dengan sebaik-baiknya sehingga bagian ini terasa oleh siswa sebagai kegiatan yang menyenangkan dan sekaligus bermanfaat.
g. Penilaian Otentik (Authentic Assessment)
Penilaian merupakan proses pengumpulan berbagai data yang dapat memberikan gambaran tentang perkembangan belajar siswa. Gambaran perkembangan belajar siswa perlu diketahui oleh guru agar bisa dipastikan bahwa siswa mengalami proses pembelajaran dengan benar. Apabila data yang terkumpul mengisyaratkan bahwa siswa mengalami kendala dalam belajar, maka guru segera bisa mengambil langkah yang tepat agar siswa mengatasi kendala tersebut. Karena assesment memberikan tekanan pada proses pembelajaran, maka data yang dikumpulkan harus diperoleh dari kegiatan nyata yang dikerjakan siswa pada saat melakukan proses pembelajaran. Guru yang ingin mengetahui perkembangan belajar bahasa Indonesia para siswanya harus mengumpulkan data dari kegiatan nyata saat para siswa berbahasa Indonesia, bukan pada saat para siswa mengerjakan tes bahasa Indonesia. Data yang diambil dari kegiatan siswa saat siswa melakukan kegiatan berbahasa Indonesia itulah yang disebut data autentik.
Kelebihan dan Kekurangan Pendekatan Kontekstual
Kelebihan
Dalam pendekatan kontekstual siswa akan lebih percaya diri dalam mengungkapkan apa yang mereka lihat dan apa yang mereka alami dalam kehidupan nyata, dan membuat mereka siap menghadapi masalah-masalah yang biasa muncul dalam kehidupan sehari-hari. Serta lebih menyenangkan karena siswa tidak jenuh dengan pembelajaran yang monoton di dalam kelas. Selain itu dengan pembelajaran dengan konteks alam membuat siswa akan lebih mencintai lingkungan dan menjaga kelestarian lingkungan yang ada disekitarnya dan lebih peka terhadap alam. Dilain pihak guru lebih berperan dalam menentukan tema pembelajaran yang akan dilangsungkan.
Contohnnya dalam pembelajaran ipa kelas awal. Terdapat materi mengenal lingkungan sehat dan tidak sehat. Siswa dapat dibawa ke lingkungan sekitar sekolah secara langsung. Bagaimana lingkungan yang bersih menjamin kesehatan. Dan lingkungan yang kumuh dapat menyebabkan penyakit. Mulai dari penyakit yang ringan sampai penyakit yang berbahaya.


Kekurangan
Terdapat beberapa kekurangan dalam pendekatan kontekstual salah satunya ialah waktu yang digunakan kurang efisien karena membutuhkan waktu yang cukup untuk mengaitkan tema dengan materi. Dan bila diterapkan pada kelas kecil seperti siswa kelas 1 dan 2. Guru kesulitan dalam menciptakan kelas yang kondusif. Menurut kami pada siswa kelas awal jika diajak pembelajaran di luar kelas siswa akan sulit diatur, dan membutuhkan pengawasan ekstra karena pada umumnya siswa memiliki keingintahuan yang sangat besar.
Contoh beberapa kekurangan dari pendekatan kontekstual adalah mahalnya fasilitas yang akan digunakan dalam membahas materi lagi pula sebagian materi pada sd kelas tinggi tidak mungkin disampaikan secara kontekstual. Seperti masalah reproduksi dalam IPA.
Ciri Umum Model Kontekstua.
Model pembelajaran kontekstual merupakan rancangan pembelajaran yang dibangun atas dasar asumsi. Cara yang terbaik adalah siswa mengkonstruksi sendiri secara aktif pemahamannya. Karena kebiasaan guru “akting di panggung dan siswa menonton” harus dirumah menjadi “siswa aktif bekerja dan belajar di panggung, sedangkan guru membimbingnya dari dekat”.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar