Minggu, 29 Juni 2014

RPP SMA peminatan (bahasa indonesia) X/1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBLAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan          : SMA (peminatan)
Kelas/Semester              : X/1
Mata Pelajaran               : Bahasa Indonesia
Tema                             : Ekspresi diri dan akademik
Materi Pokok                 : Memerankan tokoh dalam naskah drama
Jumlah Pertemuan           : 1 X Pertemuan
Alokasi Waktu               : 2 X 45 Menit
                      
A.               KOMPETENSI DASAR
1.3 Mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai bahasa Negara dan alat pemersatu bangsa dengan menggunakannya sebagai alat komunikasi dalam segala bidang kehidupan secara baik dan benar.
2.3 Menggunakan bahasa Indonesia sebagai sarana untuk mencapai tujuan berbagai masalah dalam kehidupan serta melakukan hubungan social secara jujur dan santun
3.3 Merangkum isi informasi dari bacaan tentang fenomena dan kejadian di lingkungan sekitar kedalam beberapa kalimat dengan membaca intensif.
4.3 Menyusun teks naratif objektif tentang riwayat tokoh (ilmuan, pejuang dan sebagainya).





B. INDIKATOR
1.3.1 konsisten menggunakan bahasa Indonesia sesuai dengan kaidah yang tepat dalam mempelajari isi informasi dari suatu bacaan sebagai bukti implementasi rasa syukur atas anugerah Tuhan Yang Mahaesa.
2.3.1 bersikap jujur dan santun dalam mempelajari isi informasi dari sebuah bacaan tentang fenomena dan kejadian di lingkungan sekitar
3.3.1 Menentukan ide pokok dari sebuah bacaan tentang fenomena dan kejadian di lingkungan sekitar ke dalam beberapa kalimat dengan membaca intensif.
4.3.1 Membuat teks naratif objektif tentang riwayat tokoh (ilmuan, pejuang dll).

C.               TUJUAN PEMBELAJARAN
1.                Selama dan setelah proses pembelajaran tetang merangkum isi informasi dari sebuah bacaan dengan membaca intensif siswa mampu  menggunakan bahasa Indonesia dengan kaidah yang tepat sebaggai wujud mensyukuri anugrah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia.
2.                Selama dan setelah pembelajaran siswa bersikap jujur, disiplin dan santun dalam merangkum isi informasi dari sebuah bacaantentang fenomena yang terdapat di lingkungan sekitar ke dalam beberapa kalimat dengan cara membaca intensif.
3.                Siswa mampu merangkum isi informasi dari sebuah bacaan tentang fenomena dan kejadian di lingkungan sekitar kedalam beberapa kalimat dengan membaca intensif.
4.                Setelah mampu membedakan siswa mampu menyusun teks naratif objektif



D.               MATERI PEMBELAJARAN
Contoh berita dalam Koran
Membaca intensif
1.     Definisi
Membaca intensif adalah studi seksama, telaah teliti, dan penanganan terperinci yang dilaksanakan di dalam kelas terhadap suatu tugas yang pendek kira-kira dua sampai 4 halaman setiap hari.
Yang termasuk kedalam kelompok membaca intensif ini adalah :
·        Membaca telaah isi
·        Membaca telaah bahasa

E.               METODE PEMBELAJARAN
Metode pembelajaran berbasic project

F.                KEGIATAN PEMBELAJARAN
a.                 Kegiatan Pendahuluan
1)                Siswa merespon salam guru.
2)                Siswa merespon pertanyaan tentang kabar dari guru.
3)                Siswa merespon absen guru.
4)                Siswa meresfon motivasi dari guru.
5)                Siswa menerima informasi tentang tujuan pembelajaran yang akan dilaksanakan.





b.                Kegiatan Inti
Mengamati
Guru memberikan Koran sebagai media untuk mencari informasi
Siswa mengamati berita dari Koran tersebut dengan cara membaca intensif
Menanya
Siswa membentuk beberapa kelompok masing-masing beranggota 3-4 orang
Masing-masing anggota kelompok saling bertanya dan bertukar fikiran tentang isi informasi dari bacaan
Menalar
Siswa memahami dan mempelajari isi informasi dari sebuah bacaan tentang fenomena dan kejadian di lingkungan sekitar dengan cara membaca intensif.
Mencoba
Siwa merangkum isi informasi dari sebuah bacaan tentang fenomena dan kejadian di lingkungan sekitar dengan cara membaca intensif.
Membuat jejaring
Masing-masing kelompok menyampaikan kesimpulan atau rangkuman isi informasi tersebut.

c.                  Kegiatan Penutup
1)                Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran yang sudah dibahas.
2)                Siswa merespon penutupan salam dari guru untuk mengakhiri pembelajaran yang telah dilaksanakan.

G.              MEDIA DAN SUMBER BELAJAR
1)                koran
2)                Infokus

H.              PENILAIAN
1.      Penilaian Sikap Spiritual

No
Nama Siswa
Sikap Religi
Skor


Berdoa sebelum belajar (1-3)
Bersyukur jika mendapat kemudahan (1-3)
Mengucapkan hamdallah setelah belajar (1-3)


















Ket : skor  1 = baik
                  2 = cukup
                  3 = kurang

2.      Format penilaian sikap sosial

No
Nama
Nilai Aspek

Jumlah skor


Tanggung jawab
Jujur
Santun
1





2





3





4





5




1-3

Ket : skor   1 = baik
                    2 = cukup
3  = kurang


3.      Format Penilaian Pengetahuan

Aspek
Skor
Siswa mampu membuat rangkuman isi informasi dari sebuah bacaan dengan baik dengan cara membaca intensif
3
Siswa mampu membaca intensif dari sebuah bacaan tetapi tidak bias merangkum informasi tersebut
2
Siswa tidak mampu membuat rangkuman isi informasi dari sebuah bacaan dengan baik dengan cara membaca intensif
1

Ket : 3 = baik
         2 = cukup
         1 = kurang
4.      Format penilaian keterampilan

Nama siswa : ……………………………………………

No.
Kriteria Penilaian
Skor 1-3
1.
Mampu merangkum isi informasi dari sebuah bacaan

2.
Kebahasaan yang digunakan dalam rangkuman isi informasi dari bacaan



Nilai= Jumlah skor yang diperoleh X 100
Jumlah skor maksimum



Tidak ada komentar:

Posting Komentar