Model
Pembelajaran Inside- Outside- Circle (Lingkaran
Kecil-Lingkaran Besar) merupakan model pembelajaran dimana “Siswa saling
membagi informasi pada saat yang bersamaan, dengan pasangan yang berbeda dengan
singkat dan teratur”. Pembelajaran ini lebih leluasa dilaksanakan di luar
kelas, atau tempat terbuka. Karena mobilitas siswa akan cukup tinggi, sehingga
diperlukan perhatian ekstra. Namun demikian jika jumlah siswa tidak
terlalu banyak bisa juga dilaksanakan di dalam kelas. Adapun informasi yang saling
berbagi merupakan isi materi pembelajaran yang mengarah pada tujuan
pembelajaran. Misalnya pada mapel Bahasa Indonesia tentang unsur-unsur cerita.
Sebagian siswa mempelajari tokoh-tokoh cerita, sebagian siswa yang lain
mempelajari sifat/watak tokoh, latar cerita atau amanat/pesan cerita.
Pada saat nanti berbagi informasi, maka semua siswa akan saling memberi dan
menerima informasi pembelajaran. Tujuan model pembelajaran ini adalah melatih
siswa belajar mandiri dan belajar berbicara menyampaikan informasi kepada orang
lain. Selain itu juga melatih kedisiplinan dan ketertiban.
Langkah-langkah
pembelajarannya sebagai
berikut :
1.
Guru
menjelaskan tujuan pembelajaran/KD.
2.
Siswa dibagi
menjadi beberapa kelompok beranggotakan 3-4 orang.
3.
Tiap-tiap
kelompok mendapat tugas mencari informasi berdasarkan pembagian tugas
dari guru ( misal : latar cerita, tokoh cerita, watak tokoh, pesan/amanat,
dsb).
4.
Setiap
kelompok belajar mandiri, mencari informasi berdasarkan tugas yang diberikan.
5.
Setelah
selesai, maka seluruh siswa berkumpul saling membaur (tidak berdasarkan
kelompok).
6.
Separuh
kelas lalu berdiri membentuk lingkaran kecil dan menghadap keluar.
7.
Separuh
kelas lainnya membentuk lingkaran di luar lingkaran pertama, menghadap ke
dalam.
8.
Dua siswa
yang berpasangan dari lingkaran kecil dan besar berbagi informasi. Pertukaran
informasi ini bisa dilakukan oleh semua pasangan dalam waktu yang bersamaan.
9.
Kemudian
siswa berada di lingkaran kecil diam di tempat, sementara siswa yang berada di
lingkaran besar bergeser satu atau dua langkah searah jarum jam.
10. Sekarang giliran siswa berada di
lingkaran besar yang membagi informasi. Demikian seterusnya, sampai seluruh
siswa selesai berbagi informasi.
Demikianlah, mudah-mudahan postingan
ini dapat menambah khasanah pembelajaran kita sehingga pembelajaran yang
dirancang Bapak/Ibu Guru dapat lebih bervariatif, lebih bermakna, menantang
sekaligus menyenangkan.
Langkah
1 : Pembentukan Kelompok lingkaran luar dan lingkaran dalam
Guru
membagi siswa dalam kelompok beranggotakan 8 orang dan kepada setiap anggota
berdiri membentuk lingkaran dalam melingkar menghadap keluar dan lingkaran luar
berdiri melingkar menghadap ke dalam. Dengan demikian
antara anggota lingkaran dalam dan lingkaran luar saling berpasangan disebut
kelompok asal.
Langkah
2 : Memberikan Tugas
Guru
memberi tugas tiap-tiap pasangan asal itu sesuai dengan indikator pembelajaran
yang dirumuskan .
Langkah
3 : Berdiskusi
Memberikan
waktu secukupnya untuk berdiskusi kepada tiap-tiap pasangan.
Langkah
4: Bergerak berputar lingkaran dalam dan lingkaran luar membentuk pasangan
baru
Setelah mereka berdiskusi, guru meminta kepada anggota kelompok lingkaran dalam
bergerak berlawanan arah dengan anggota kelompok lingkaran luar. Setiap
pasangan terbentuk pasangan baru. Pasangan ini wajib memberi informasi
berdasarkan hasil diskusi dengan kelompok asal, demikian seterusnya. Pergerakan
akan berhenti jika anggota kelompok lingkaran dalam dan lingkaran luar bertemu
dengan pasangan asal. Hasil diskusi di tiap-tiap kelompok besar tersebut
dipaparkan sehingga terjadilah diskusi antar kelompok.
Langkah
5 : Penilaian dan mengevaluasi
Guru
memberikan ulasan dan mengevaluasi hal-hal yang telah didiskusikan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar