RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan : SMA
Kelas/Semester : X/1
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Tema : Kritik
dan Humor dalam Layanan Publik
Materi Pokok : Menganalisis Teks
Anekdot
Jumlah Pertemuan : 1 X Pertemuan
Alokasi Waktu : 2 X 45 Menit
A.
Kompetensi
Dasar
1.3 Mensyukuri
anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa indonesia dan menggunakannya sebagai
sarana komunikasi dalam mengolah, menalar, dan menyajikan informasi lisan dan
tulis melalui teks anekdot
2.3 Menunjukkan
perilaku jujur, tanggung jawab, dan disiplin dalam menggunakan bahasa indonesia
untuk menunjukkan tahapan dan langkah yang telah ditentukan
3.3 Menganalisis teks anekdot baik lisan maupun
tulisan
4.3 Menyunting
teks anekdot sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun
tulisan
B. Indikator
1.3.1Konsisten
menggunakan bahasa indonesia sesuai dengan kaidah yang tepat dalam mempelajari
teks anekdot sebagai bukti rasa syukur atas anugerah Tuhan Yang Maha Esa
2.3.1Bersikap
jujur, disiplin, dan tanggung jawab dalam mempelajari teks anekdot
3.3.1Menganalisis
teks anekdot di lihat dari struktur dan kaidah bahasanya dengan tepat
4.3.1Menyunting
teks anekdot dan mempresentasikannya dengan benar.
C.
Tujuan
Pembelajaran
1.
Selama dan setelah
proses pembelajaran tentang teks anekdot, siswa konsisten menggunakan bahasa
indonesia dengan kaidah yang tepat sebagai wujud mensyukurinanugerah Tuhan akan
keberadaan bahasa indonesia
2.
Selama dan setelah
pembelajaran, siswa dapat menunjukkan perilaku jujur, disiplin, dan tanggung
jawab dalam menggunakan bahasa indonesia.
3.
Setelah menganalisis
teks anekdot, siswa dapat mengetahui struktur, kaidah, dan kebahasaan, teks
anekdot
4.
Setelah mampu
menganalisis, siswa dapat menyunting teks anekdot, mempresentasikannya dengan
benar.
D.
Materi
Pembelajaran
1. Contoh
Teks Anekdot
KUHP Dalam
Anekdot
Seorang dosen fakultas hukum suatu universitas sedang
memberikan kuliah hukum pidana. Suasana kelas biasa-biasa saja.
Saat sesi tanya-jawab tiba, Ali bertanya kepada pak
dosen. “Apa kepanjangan KUHP, Pak?” Pak dosen tidak menjawab sendiri,
melainkan melemparkannya kepada Ahmad. “Saudara Ahmad, coba dijawab pertanyaan
Saudara Ali tadi,” pinta pak dosen. Dengan tegas Ahmad menjawab, “Kasih Uang
Habis Perkara, Pak …!”
Mahasiswa lain tentu tertawa, sedangkan pak dosen
hanya menggeleng-gelengkan kepala seraya menambahkan pertanyaan kepada Ahmad,
“Saudara Ahmad, dari mana Saudara tahu jawaban itu?” Dasar Ahmad, pertanyaan pak dosen dijawabnya dengan tegas,
“Peribahasa Inggris mengatakan pengalaman adalah guru yang terbaik, Pak …!”
Semua mahasiswa di kelas itu tercengang. Mereka berpandang-pandangan.
Lalu,mereka tertawa terbahak-bahak.
Gelak tawa mereda.
Kelas kembali berlangsung normal.
2. Struktur,
kaidah, dan kebahasaan teks anekdot
Teks Anekdot adalah teks yang berisi pengalaman seseorang yang tidak biasa.
Pengalaman yang tidak biasa tersebut disampaikan kepada orang lain dengan
tujuan untuk menghibur si pembaca.
Struktur
teks anekdot, yaitu :
a.
Abstrak adalah bagian
di awal paragraf yang berfungsi memberi gambaran tentang isi teks. Biasanya
bagian ini menunjukkan hal unik yang akan ada di dalam teks.
b.
Orientasi adalah bagian
yang menunjukkan awal kejadian cerita atau latar belakang bagaimana peristiwa
terjadi. Biasanya penulis bercerita dengan detil di bagian ini.
c.
Krisis adalah bagian
dimana terjadi hal atau masalah yang unik atau tidak biasa yang terjadi pada si
penulis atau orang yang diceritakan.
d.
Reaksi adalah bagian
bagaimana cara penulis atau orang yang ditulis menyelesaikan masalah yang
timbul di bagian crisis tadi.
e.
Koda merupakan bagian
akhir dari cerita unik tersebut. Bisa juga dengan memberi kesimpulan tentang
kejadian yang dialami penulis atau orang yang ditulis.
Kebahasaan dalam teks anekdot :
Ciri
kebahasaan jarang menarik perhatian, sering dijumpai keterangan waktu lampau,
terdapat kalimat perintah dan seru, serta tempat secara berurutan.
E. Metode Pembelajaran
Metode yang digunakan dalam pembelajaran ini adalah
pendekatan ilmiah, dan
Metode Pembelajaran Make A Match (Mencari Pasangan).
F. Kegiatan Pembelajaran
a.
Kegiatan Pendahuluan ( 15 menit )
1. Siswa
merespon salam dan mengekspresikan nilai-nilai sosial dan kemanusiaan melalui
interaksi simpatik dan empatik.
2. Siswa
bersama guru berdoa sebelum memulai pembelajaran
3. Siswa
menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan
pembelajaran yang akan dilaksanakan
4. Siswa
menerima informasi tentang kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan
langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
b. Kegiatan
Inti ( 55 menit )
Mengamati
:
1. Siswa
merespon penjelasan guru tentang proses pembelajaran yang akan dilakukan dan
merespon tentang teks anekdot yang dibutuhkan
2. Siswa
memperhatikan beberapa kartu yang berisi beberapa konsep atau topik yang cocok
untuk sesi review, sebaiknya satu bagian kartu soal dan bagian lainnya kartu
jawaban, yang dipersiapkan guru
Menanya :
3. Setiap siswa mendapatkan satu buah kartu
Menalar :
4. Tiap siswa memikirkan jawaban atau soal dari kartu
yang dipegang
Mencoba :
5. Setiap siswa mencari pasangan yang mempunyai kartu
yang cocok dengan kartunya ( soal-jawaban )
Membuat jejaring :
6. Setiap siswa yang dapat mencocokkan kartunya sebelum
batas waktu diberi poin
7. Setelah satu babak kartu dikocok lagi agar tiap siswa
mendapat kartu yang berbeda dari sebelumnya
8. Demikian seterusnya
9. Kesimpulan atau penutup.
c. Kegiatan
Penutup ( 10 menit )
1.
Siswa bersama guru
menyimpulkan pembelajaran
2.
Siswa dan guru
melakukan refleksi terhadap kegiatan yang telah dilakukan
3.
Siswa memperhatikan
informasi kompetensi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya
4.
Siswa bersama guru
menutup kegiatan pembelajaran dengan bersama-sama berdoa.
G.
Media
dan Sumber Belajar
1.
Contoh teks anekdot
yang berjudul KUHP dalam anekdot
2.
Infocus
3.
Buku pelajaran bahasa
indonesia untuk SMA kelas
H.
Penilaian
1. Penilaian
Sikap Spiritual
HASIL PENILAIAN PERKEMBANGAN
KESADARAN MENGGUNAKAN BAHASA INDONESIA DENGAN KAIDAH YANG TEPAT
No
|
Nama
|
Menjawab
salam
|
Berdoa
|
1.
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
Keterangan : 1 = kurang 3 = baik
2 = sedang 4 = sangat baik
2. Penilaian
Sikap Sosial
Mata
Pelajaran : Bahasa
Indonesia
Kelas
/ Semester : X / 1
Tema :
Waktu
Pengamatan : Hari sabtu, tanggal
31 mei 2014, dan pukul 10.00 WIB
Indikator perkembangan sikap
berbahasa yang diamati meliputi tanggung jawab, disiplin, dan jujur.
HASIL PENILAIAN PROSES
No
|
Nama
|
Nilai
Aspek
|
|||
Tanggung
jawab
|
Disiplin
|
jujur
|
Jumlah
skor
|
||
1.
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
Keterangan
: 1= kurang 3= baik
2= sedang 4=
sangat baik
3. Penilaian
Pengetahuan
Soal : Identifikasi struktur dan
rujukan kata pada teks anekdot.
No
|
Nama
|
Aspek
yang dinilai
|
Skor
|
||
Struktur
teks
|
Unsur
kebahasaan teks
|
||||
1.
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
Keterangan
: 1= kurang 3= baik
2= sedang 4=
sangat baik
4. Penilaian
Hasil/produk
LEMBAR PENILAIAN HASIL
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : X / 1
Tema :
Nama Proyek :
Alokasi Waktu : 1 Pertemuan ( 2 x 45 menit )
Nama Siswa :
RUBRIK PENILAIAN PRODUK
No
|
Tahapan
|
Skor
(1-5)
|
A.
|
Penyusunan teks :
|
|
|
Kelogisan teks
|
|
|
Kesistematisan teks
|
|
B.
|
Presentasi teks :
|
|
|
Kejelasan lafal
|
|
Keterangan : 1= kurang 3= baik
2= sedang 4=
sangat baik
BetMGM Casino $200 Bonus Code - JTHub
BalasHapusThe BetMGM casino welcome bonus is $200 계룡 출장마사지 when you sign up with 구리 출장샵 your first 안산 출장샵 deposit. It's a risk-free 의정부 출장샵 bet of up to $200. 안동 출장안마