RENCANA
PELAKSANAAN PEMBLAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMA (peminatan)
Kelas/Semester : X/1
Mata Pelajaran : Bahasa
Indonesia
Tema : Ekspresi diri dan akademik
Materi Pokok : Memerankan tokoh dalam naskah drama
Jumlah Pertemuan : 1 X Pertemuan
Alokasi Waktu : 2 X 45 Menit
A.
KOMPETENSI
DASAR
1.3 Mensyukuri
keberadaan bahasa Indonesia sebagai bahasa Negara dan alat pemersatu bangsa
dengan menggunakannya sebagai alat komunikasi dalam segala bidang kehidupan
secara baik dan benar.
2.3 Menggunakan
bahasa Indonesia sebagai sarana untuk mencapai tujuan berbagai masalah dalam
kehidupan serta melakukan hubungan social secara jujur dan santun
3.3 Merangkum isi informasi dari bacaan
tentang fenomena dan kejadian di lingkungan sekitar kedalam beberapa kalimat
dengan membaca intensif.
4.3 Menyusun
teks naratif objektif tentang riwayat tokoh (ilmuan, pejuang dan sebagainya).
B.
INDIKATOR
1.3.1 konsisten
menggunakan bahasa Indonesia sesuai dengan kaidah yang tepat dalam mempelajari
isi informasi dari suatu bacaan sebagai bukti implementasi rasa syukur atas
anugerah Tuhan Yang Mahaesa.
2.3.1 bersikap
jujur dan santun dalam mempelajari isi informasi dari sebuah bacaan tentang
fenomena dan kejadian di lingkungan sekitar
3.3.1 Menentukan ide pokok dari sebuah bacaan
tentang fenomena dan kejadian di lingkungan sekitar ke dalam beberapa kalimat
dengan membaca intensif.
4.3.1 Membuat
teks naratif objektif tentang riwayat tokoh (ilmuan, pejuang dll).
C.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
Selama dan setelah proses pembelajaran
tetang merangkum isi informasi dari sebuah bacaan dengan membaca intensif siswa
mampu menggunakan bahasa Indonesia
dengan kaidah yang tepat sebaggai wujud mensyukuri anugrah Tuhan akan
keberadaan bahasa Indonesia.
2.
Selama dan setelah pembelajaran siswa
bersikap jujur, disiplin dan santun dalam merangkum isi informasi dari sebuah
bacaantentang fenomena yang terdapat di lingkungan sekitar ke dalam beberapa
kalimat dengan cara membaca intensif.
3.
Siswa
mampu merangkum isi informasi dari sebuah bacaan tentang fenomena dan kejadian
di lingkungan sekitar kedalam beberapa kalimat dengan membaca intensif.
4.
Setelah mampu membedakan siswa
mampu menyusun teks naratif objektif
D.
MATERI
PEMBELAJARAN
Contoh
berita dalam Koran
Membaca
intensif
1. Definisi
Membaca intensif adalah studi
seksama, telaah teliti, dan penanganan terperinci yang dilaksanakan di dalam
kelas terhadap suatu tugas yang pendek kira-kira dua sampai 4 halaman setiap
hari.
Yang
termasuk kedalam kelompok membaca intensif ini adalah :
·
Membaca telaah isi
·
Membaca telaah bahasa
E.
METODE
PEMBELAJARAN
Metode
pembelajaran berbasic project
F.
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
a.
Kegiatan
Pendahuluan
1)
Siswa merespon salam guru.
2)
Siswa merespon pertanyaan tentang kabar
dari guru.
3)
Siswa merespon absen guru.
4)
Siswa meresfon motivasi dari guru.
5)
Siswa menerima informasi tentang tujuan
pembelajaran yang akan dilaksanakan.
b.
Kegiatan
Inti
Mengamati
Guru memberikan
Koran sebagai media untuk mencari informasi
Siswa mengamati
berita dari Koran tersebut dengan cara membaca intensif
Menanya
Siswa membentuk
beberapa kelompok masing-masing beranggota 3-4 orang
Masing-masing
anggota kelompok saling bertanya dan bertukar fikiran tentang isi informasi
dari bacaan
Menalar
Siswa memahami
dan mempelajari isi informasi dari sebuah bacaan tentang fenomena dan kejadian
di lingkungan sekitar dengan cara membaca intensif.
Mencoba
Siwa merangkum
isi informasi dari sebuah bacaan tentang fenomena dan kejadian di lingkungan
sekitar dengan cara membaca intensif.
Membuat
jejaring
Masing-masing
kelompok menyampaikan kesimpulan atau rangkuman isi informasi tersebut.
c.
Kegiatan
Penutup
1)
Siswa bersama guru menyimpulkan
pembelajaran yang sudah dibahas.
2)
Siswa merespon penutupan salam dari guru
untuk mengakhiri pembelajaran yang telah dilaksanakan.
G.
MEDIA
DAN SUMBER BELAJAR
1)
koran
2)
Infokus
H.
PENILAIAN
1.
Penilaian
Sikap Spiritual
No
|
Nama
Siswa
|
Sikap
Religi
|
Skor
|
||
|
|
Berdoa sebelum belajar (1-3)
|
Bersyukur jika mendapat kemudahan
(1-3)
|
Mengucapkan hamdallah setelah belajar
(1-3)
|
|
|
|
|
|
|
|
Ket : skor 1 = baik
2
= cukup
3
= kurang
2.
Format
penilaian sikap sosial
No
|
Nama
|
Nilai
Aspek
|
Jumlah
skor
|
||
|
|
Tanggung
jawab
|
Jujur
|
Santun
|
|
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
1-3
|
Ket : skor 1 = baik
2
= cukup
3
= kurang
3.
Format
Penilaian Pengetahuan
Aspek
|
Skor
|
Siswa
mampu membuat rangkuman isi informasi dari sebuah bacaan dengan baik dengan
cara membaca intensif
|
3
|
Siswa
mampu membaca intensif dari sebuah bacaan tetapi tidak bias merangkum
informasi tersebut
|
2
|
Siswa
tidak mampu membuat rangkuman isi informasi dari sebuah bacaan dengan baik
dengan cara membaca intensif
|
1
|
Ket
: 3 = baik
2
= cukup
1
= kurang
4.
Format
penilaian keterampilan
Nama siswa : ……………………………………………
No.
|
Kriteria Penilaian
|
Skor 1-3
|
1.
|
Mampu
merangkum isi informasi dari sebuah bacaan
|
|
2.
|
Kebahasaan
yang digunakan dalam rangkuman isi informasi dari bacaan
|
|
Nilai= Jumlah skor yang diperoleh X 100
Jumlah skor maksimum
Tidak ada komentar:
Posting Komentar