RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan
|
:
|
SMK....
|
Kelas / Semester
|
:
|
X/I
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Bahasa Indonesia
|
Topik
|
:
|
Gemar meneroka Alam Semesta
|
Jumlah Pertemuan
|
:
|
2 Pertemuan
|
A. Kompetesi Dasar
1.1 Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, dan proaktif dalam menggunakan bahasa
Indonesia untuk melaporkan hasil observasi
1.2 Menginterpretasi teks
anekdot, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, eksposisi, dan
negosiasi, baik melalui bahasa lisan maupun tulisan
1.3 Memproduksi teks
anekdot, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, eksposisi dan
negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan
C. Indikator
Pencapaian Kompetensi
1. Mencari
contoh teks laporan hasil observasi
2. Memproduksi
teks laporan hasil observasi
3. Mempublikasikan
teks laporan hasil observasi
D. Tujuan
Pembelajaran
1. Peserta
didik dapat mencari contoh teks laporan hasil observasi
2. Peserta
didik dapat memproduksi teks laporan hasil observasi
3. Peserta didik
dapat mempublikasikan teks laporan hasil observasi
E. Materi
Pembelajaran
1. Contoh
teks laporan hasil observasi siswa
F. Alokasi
Waktu
Alokasi waktu pertemuan 4 X 45 menit
G. Strategi/Metode/Pendekatan
Pembelajaran
1.
Pendekatan Pembelajaran Scientific
2. Model
Pembelajaran Berbasis Proyek (Project)
3.
Metode Diskusi, Penugasan
H. Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan ke
|
Langkah-langkah
|
Alokasi waktu
|
Pertemuan 1
|
A. Kegiatan
Pendahuluan :
1. Peserta
didik merespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan
pembelajaran sebelumnya
2. Peserta
didik menerima informasi tetang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan
pembelajaran yang akan dilaksanakan
3. Peserta
didik menerima informasi kompetensi materi, tujuan, manfaat dan
langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan
B. Kegiatan
Inti :
Peserta didik menjawab pertanyaan guru tentang
hal-hal yang berhubungan dengancontoh teks laporan hasil observasi.
Peserta didik duduk
sesuai kelompok yang dipandu oleh guru
Dengan bertanggung jawab, peduli, dan santun
peserta didik mencari contoh teks laporan hasil observasi
Siswa secara berkelompok mengamati dengan saksama
contoh teks laporan hasil observasi untuk menentukan tema teks laporan hasil
observasi yang akan diproduksi secara individu
Siswa secara individu memproduksi teks laporan
hasil observasi
Siswa menanyakan hal-hal yang kurang dipahami
seputar produksi teks laporan hasil observasi
C. Kegiatan Penutup:
1. Peserta
didik bersama guru menyimpulkan pembelajaran
2. Peserta
didik melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan
3. Peserta
didik menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru
4. Peserta
didik menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran
|
10 menit
70 menit
10 menit
|
Pertemuan 2
|
A. Kegiatan
Pendahuluan
1. Peserta
didik merespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan
pembelajaran sebelumnya
2. Peserta
didik menerima informasi tetang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan
pembelajaran yang akan dilaksanakan
3. Peserta
didik menerima informasi kompetensi materi, tujuan, manfaat dan
langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan
B. Kegiatan Inti
1. Peserta
didik duduk berdasarkan kelompoknya
2. Dengan
sikap tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun peserta
didikmempresentasikan teks laporan hasil observasi yang telah
diproduksi secara individu
3. Peserta
didik lain menanggapi teks laporan hasil observasi siswa
4. Peserta
didik mendengarkan umpan balik dan penguatan dari guru
C. Kegiatan Penutup
1. Peserta
didik bersama guru menyimpulkan pembelajaran
2. Peserta
didik melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan
3. Peserta
didik menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru
4. Peserta
didik menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran
|
10 menit
70 menit
10 menit
|
I. Sumber/Media
Pembelajaran
Sumber : Buku Bahasa Indonesia
Ekspresi Diri dan Akademik kelas X, KBBI
Media : LCD, Tayangan Video,
Contoh laporan hasil observasi
J. Penilaian
1. Penilaian
Proses
No.
|
Aspek yang Dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
Instrumen Penilaian
|
Ket.
|
1.
|
Religius
|
Pengamatan
|
Proses
|
Lembar Pengamatan
|
Hasil Penilaian no. 1 dan 2 untuk masukan
pembinaan dan informasi guru agama & PKn
|
2.
|
Tanggung Jawab
|
||||
3.
|
Jujur
|
||||
4.
|
Disiplin
|
||||
5.
|
Santun
|
2. Penilaian
Hasil
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Instrumen
|
Mencari contoh teks laporan hasil observasi
|
Unjuk kerja
|
Uraian bebas
|
1. Carilah contoh
teks laporan hasil observasi!
|
Memproduksi teks laporan hasil observasi
|
Unjuk kerja
|
Uraian bebas
|
2. Buatlah teks
laporan hasil observasi yang ditayangkan pada pembelajaran!
|
Mempublikasikan teks laporan hasil observasi
|
Unjuk kerja
|
3. Presentasikan teks
laporan hasil observasi yang telah anda buat!
|
Kunci Jawaban
1) Bebas
sesuai
2) Bebas
sesuai
3) Bebas
sesuai
Pedoman Penskoran
1. Soal no. 1:
Aspek
|
Skor
|
Peserta didik mencari contoh teks hasil observasi
sesuai kriteria
|
30
|
Peserta didik mencari contoh teks hasil observasi
yang kurang sesuai kriteria
|
20
|
Peserta didik mencari contoh teks, namun
bukan teks hasil observasi
|
10
|
2. Soal no. 2 dan
3
PROFIL
PENILAIAN KEGIATAN SISWA
DALAM PELAJARAN TEKS HASIL OBSERVASI
Nama:
Judul:
Tanggal:
ASPEK
|
SKOR
|
KRITERIA
|
KOMENTAR
|
KETERANGAN
|
ISI
|
100
|
SANGAT BAIK: Menguasai topic, pengembangan
tesis-argumentasi-penegasan ulang pendapat secara lengkap, relevan dengan
topik yang dibahas
|
||
80-99
|
BAIK: cukup menguasai permasalahan, pengembangan
tesis terbatas, pengembangan topik memadai
|
|||
60-79
|
SEDANG: penguasaan permasalahan terbatas,
kurang lengkap, pengembangan topik memadai
|
|||
40-59
|
CUKUP:
Kurang lancar, kurang lengkap, topik sesuai
|
|||
0-39
|
KURANG:
Tidak lancar, tidak terorganisasi, tidak layak
dinilai
|
|||
ASPEK
|
SKOR
|
KRITERIA
|
KOMENTAR
|
KETERANGAN
|
STRUKTUR TEKS
|
100
|
SANGAT BAIK: Menguasai topic tulisan, lengkap,
padat, jelas
|
||
80-99
|
BAIK: cukup menguasai permasalahan,
pengembangan tesis terbatas, pengembangan topic memadai
|
|||
60-79
|
SEDANG: penguasaan permasalahan terbatas,
kurang lengkap, pengembangan topic memadai
|
|||
40-59
|
CUKUP:
Kurang lancar, kurang lengkap, topic sesuai
|
|||
0-39
|
KURANG:
Tidak lancar, tidak terorganisasi, tidak layak
dinilai
|
ASPEK
|
SKOR
|
KRITERIA
|
KOMENTAR
|
KETERANGAN
|
KOSAKATA
|
100
|
SANGAT BAIK:
Penguasaan kosakata lengkap, tidak membingungkan,
bervariasi
|
||
80-99
|
BAIK:
Penguasaan kosakata lengkap, bervariasi kurang
begitu jelas
|
|||
60-79
|
SEDANG:
Penguasaan kosakata lengkap, kurang bervariasi,
kurang jelas
|
|||
40-59
|
CUKUP:
Kosakata kurang lengkap, kurang bervariasi, kurang
jelas
|
|||
0-39
|
KURANG:
Kosakata tidak lengkap, tidak layak dinilai
|
ASPEK
|
SKOR
|
KRITERIA
|
KOMENTAR
|
KETERANGAN
|
KALIMAT
|
100
|
SANGAT BAIK:
Kalimat efektif, tidak ambigu, hanya ada sedikit
kesalahan
|
||
80-99
|
BAIK:
Kalimat efektif, ada sedikit keambiguan, sedikit
kesalahan
|
|||
60-79
|
SEDANG:
Kalimat kurang begitu efektif, ada keambiguan, ada
kesalahan
|
|||
40-59
|
CUKUP:
Kalimat kurang efektif, ambigu, ada kesalahan
|
|||
0-39
|
KURANG:
Kalimat tidak efektif, kurang layak dinilai
|
ASPEK
|
SKOR
|
KRITERIA
|
KOMENTAR
|
KETERANGAN
|
|
PENAMPILAN
|
100
|
SANGAT BAIK:
Menguasai teks, lancar, menguasai audiens
|
|||
80-99
|
BAIK:cukup menguasai teks, lancar, menguasai
audiens,
|
||||
60-79
|
SEDANG: penguasaan teks terbatas, lancar,
kurang menguasai audiens
|
||||
40-59
|
CUKUP:
Kurang menguasai teks, lancar, kurang menguasai
audiens
|
||||
0-39
|
KURANG:
Tidak menguasai teks, tidak lancar.
|
||||
KOMENTAR
|
JUMLAH:
|
||||
PENILAI:
|
|||||
Lampiran 1 Lembar Pengamatan
PENGAMATAN SIKAP
Mata
Pelajaran
: ...............................................................
Kelas/
Semester
: ...............................................................
Tahun
Ajaran
: ...............................................................
Waktu
pengamatan
: ...............................................................
Indikator perkembangan sikap religius tanggung
jawab, peduli, responsip, dan santun
1. Belum
Tampak (BT) jika sama sekali tidak menunjukan usaha sungguh-sungguh dalam
menyelesaikan tugas
2. Mulai
Tampak (MT) jika menunjukan sudah ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan
tugas tetapi masih sedikit dan belum ajeg atau konsisten
3. Mulai
Berkembang (MB) jika menunjukan ada usahasungguh-sungguh dalm menyelesaikan
tugas yang cukup sering dan mulai ajeg atau konsisten
4. Membudaya
(MK) jika menunjukan adanya usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas
secara terus-menrus dan ajeg atau konsisten
Bubuhkan tanda V pada kolom-kolom sesuai hasil
pengamatan
No.
|
Nama Siswa
|
Religius
|
Tanggung Jawab
|
Jujur
|
Disiplin
|
Santun
|
|||||||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
||
1.
|
|||||||||||||||||||||
2.
|
|||||||||||||||||||||
3.
|
|||||||||||||||||||||
4.
|
|||||||||||||||||||||
5.
|
|||||||||||||||||||||
...
|
Keterangan:
5
: Kurang
6
: Sedang
7
: Baik
8
: Sangat Baik
Tidak ada komentar:
Posting Komentar