Senin, 06 Januari 2014

BAHASA PERKEMBANGAN KALIMAT UMUR LIMA TAHUN (buku echa)

PEMEROLEHAN MORFOLOGI : UMUR LIMA TAHUN
Ada tig hal yang menarik mengenai perkembangan morfologi Echa sampa dengan umur 5:0. Pertama , verba tampak dia kembangkan lebih cepat dan lebih produktif daripada kategori lain. Kedua , sebgai bandigan dengan verba nomina tidak banyak yang telah di turubkan dengan afiksasi , terutama yang berupa kombinasi antara prefix dengan sufiks. Ketiga , ragam bahasa Echa secara keseluruhan masih tetap ragan informal tetapi sudah mulai banyak munciul bentuk-bentuk yang formal.

PERKEMBANGAN VERBAS UMUR  LIMA TAHUN.
Netralisas sufiksi {-kan} dan {-i} menjadi {-in} terus berlanjut. Ambilin,loncatin. Gejala penggelembungan afiks masih di temukan sehingga muncul bentuk-bentuk yang tidak di pakai orang dewasa seperti di kirain, di gangguin (umur 4;5). Proses yang sedang berkembang tampaknya adalah bahwa sufiks {-in} di tempelkan pula pada verba yang pada bahasa orabg dewasa tidak memiliki sufiks. Dalam bahasa dewasa misalnya verba seperti mengira atau mengganggu termasukkelompok yang tidak memerlukan sufiks, bik {-kan}  maupun {-i}. tidak ada bentuk mengirai , mengirakan, mengganggui, atau menganggukan dalam bahasa kita.
Kadang-kadang tercampur pula bentuk formal {meN-} dengan bentuk informal {-in} seperti terihat dalam
Menakuti (umur4;6)
Mewarnain
Perkembangan lain pada umur 5;0 ini adalah bahwa afiks yang redundan sudah kadang-kadang muncul secara opsional sehingga Echa tidak hanya memakai verba pada (A) tetapi pada (B):
Bawa                                                                     B. membawa
Kerja                                                                          Bekerja
Jalan                                                                           berjalan
Kumupul                                                                   berkumpul
Bohong                                                                     berbohong   
Perbedaan makna yang di sebabkan oleh sufiksi tampaknya tidak di sukai Echa.
               
PERKEMBANGAN NOMONA UMUR LIMA TAHUN
KARENA NOMINA PADA KODRATNYA BANYAK YANG DIUNGKAPKAN TANPA AFIKS, MAKA AFIKS YANG SUDAH MUCUL SAMPAI UMUR 5TAHUN BELM  BANYAK . DI SAMPING PEN DAN AN YANG SUDDAH BANYAK MUNCUL SEBELUM UMUR 5AHUN . KOMBINASI AFIKS NOMINA YANG SUDAH TEREKAM HANYALAH Pen-AN . Ke-an dan per-an dan itupun baru ditemukan dalam berbagai kata pembinaan dan perjalanan.
Nominalisasi perbuatan 9action nominalzition) pada umumnya di lakukan Echa dengan menambahkan klitik nya bukan dengan afiks sehingga terbentuklah nomina seeperti.
Jualannya       dan bukan     penjualan
Carinya                                      pencarian
Pakaiainya                                pemakaian
Belinya                                                      pembelian

Ini bisa di mngerti pada prinsipnya anak memanfaatkanaturan yang dapat berlaku secara umum dan nominalisasi perbuatan dengan klitik nya (yang alam bahasa inggris di sebut gerund) memang tanpa pengecualian.

Sejak umur 4;5 rujukan pada dirisendiri dengan nama diri sudah jarang sekali ; Echa dig anti dengan aku , kadang-kadang juga saya. Narasi berikut menunjukan pemakaian ponomuna pertama ini.
PERKEMBANGAN ADJEKTIVA ; UMUR LIMA TAHUN
 Pada umumnta Echa lebih suka memakai paling dari pada ter. Eskplanasi untuk ini belum saya temukan tetapi mungkin karena paling memiliki kebebasa mutlak untuk bergabung dengan adjektiva mana pun termasuk bentuk adjectival seperti beruntung , berguna dan hati – hati.

               
BAHASA MORFOLOGI UMUR LIMA TAHUN
Dalam bagian ini akan di bahas perkembangan verba , nomina dan adjektiva. Untuk memeberukan gambaran menyeliruh . bahasan dalam bagaian ini akan mencantumkan pula urutan pemerolehan berbagai afiks.

BAHASA PERKEMBANGAN VERBA UMUR LIMA TAHUN
Pada umur 4;0 Echa sudah mulai terpengaruh oleh bahasa formal yang mungkin dia peroleh dari sekolah atau dari acara televise yang makin dia pahami. Pengaruh ini yang jangka panjangnya akan bermanfaat bagi dia dalam jangka pendek mengacau perkembangan bahasa dia karena dia belum menguasai benar mana yang termasuk formal dan mana yang in formal.
Dalam keadaan sepertiini angat lumrah bila dia membuat berbagai kekeliruan yang saya percaya sifatnya temporer.

BAHASA PERKEMBANGAN NOMINA LIMA TAHUN
Percampuran antar prefix ke, pen, oer dengan sufiksi an , untuk membentuk nomina masih sangat terbatas pada beberapa kata saja seperti ; kerusuahn , pembinaan dan perstuan. Sangat jarang bentuk-bntuk ini mucul mungkin berkaitan dengan konsep universal yang membuat anak menghindari bentuk yang terputus.
Salah satu kombinasi prefix dan sufiks ini membentuk nomina perbuatan yang konsepnya sangat sering di perlukan Echa perlu menemukan jalan lai untuk mengungkapkan hal ini. Rupanya ia mengikuti prinsip generalitas  dan memakai bentuk nya untuk menominalisasiakan verba. Inilah yang menyebabkan mengapa bentuk-bentuk seperti belinya dan jualnya sudah muncul sedangkan pembelian dan penjualan belum  muncul. Sdi samping iti bentuk afiks ganda seperti umumnya mememang merupakan cirri dari ragam formal sedangkan ragam Echa adalah ragam informal.


BAHASAN PERKEMBANGAN ADJEKTIVA UMUR IMA TAHUN
Tidak banyak perkembangan adjektiva Echa pada umur 5;0 kecuali munculnya prefik ter sebagai bentuk alternative dari paling. Bentuk ini tampaknya tidak produktif Karen adanya kendala gramatikal yang harus di perhatikan. Kadar generalitas kata paling jauh lebh tinggi dari pada ter sehingga bisa di mengerti apabila Echa memilih paling daripada ter.

PEMEROLEHAN SINTAKSIS UMUR LIMA TAHUN
Sajian untuk peerolehan sintaksis pada umur 5;0 di bagi menjadi dua bagia, yakni , sajian mengenai perkembangan frasa dan sajian mengenai perkembanga kalimat.

PERKEMBANGAN FRASA UMUR LIMA TAHUN.
 Jumlah pewatas kiri untuk verba sudah mulai bertambah sehingga terciptalah frasa denga tiga pewatas seperti cntoh berikut : 
Harussduah pernah nonton dulu (sebelum eyang bisa cerita) umue 4;3
Namun harus di akui bahwa jumlah ini masih sangat jarang ditemukan.
Perkeabangan kalimat umur lima tahun
 Kalimat unggal telah di kuasai Echa  Echa ebelum umur 5;0 sehinnga pada tahun kelima ini dia hanya memoles saja atau memeperbaiki kekeliruan di sana sisi . untuk kalimat majemuk. Masih banyak tipe yang belum dia pakai.

PERKEMBANGAN KALIMAT TUNGGAL UMUR LIMA TAHUN        
Kalimat topic komen makin sering mucul bahkan dengan nominalisasi verbanya sekalipin.
Hanoman suakany di depan
Power rangers terbangnya pakai pesawat
Kalimat emfatik juga belum tampak. Teta penandaan katon overt marker) lah belum di pakai Echa. Sebgai penggantinya. Echa memakai intonasi yang memisahkan dari intonasi frasa nomina.

PERKEMBANGAN KALIMAT MAJEMUK UMR LIMA TAHUN
Rpu echa sudah seperti rpu orang dewasa kalimatnya sudah panjang-panjang bila di perlukan.contohnya:
Nanti taryh di bawah , biar nggak ketahuan mama bahwa echa punya buku baru. (umur 4;4)
Meski demikaina kalimat mejemuk koordinatif dengan koodinator dan masih saja belum tampak. Kelihatnya echa tetao saja memaki jeda atau konjungtor khusu seperti lau atau menggantikan koordinatir ini contoh :
Eyang gambar dinasaurus yang satu (tanpa dan ) echa dibasaurus yang satu lagi. (umur 4;3)

BAHSA PERKEMBANGAN SINTAKSIS UMUR LIMA TAHUN
Sebagian frasa telah di kuasai echa menjelang umur 5;0 maka bahasan mengani hal ini tidak banyak. Begitu pula bahasan mengenai perkembangan kalimat yang sebgaian besar juga sudah di kuasai echa.


BAHASA PERKEMBANGAN FRASA UMU LIMA TAHUN.
Dalam hal ini echa telah dapat memprodukinya meskipun semua kombinasa terkeam . frasa verba seperti harus sudah pernah baca dulu adalah bukti bahwa dia sudah dapat mengurutkan tiga pewatasa sea benar. Dati kompetensui ini tidak keliru barangkali kalau kita ramalakan bahwa dia bisa juga memproduksi rfasa-frasa lain seperti tidak akan bisa , harus tidak boleh, belum harus dan harus belum. Kalau saja situasinya di sajikan.
Prinsip dalam pemerolehan bhasa adalah bahwa anak mulai dari yang luas k yang sempit . jadi harusnya Echa menguasai buah sebelum dua peggolong yang lain itu.
Mengenai frasa adverbial Echa sudah mulai denan frasa yang formal dengan menambahkan dengan (dengan cepat, dengan senang.


BAHASA PERKEMBANGAN KALIMAT UMUR LIMA TAHUN
Sejalan dengan informal Echa belum ada kalimat emfatik Echa yang sudah di tandai dengan klitik {lah} belum muncul misalnya , ben-tuk seperti
Echalah yang nulis
Dasamukalah yang nyulik Dwi Sinta

Karena itu bentuk yang di hasilkan  dapat ditafsirkan sebagai frasa atau kalimat. Namun dalam hal ini intonasi yang di pakai echa sudah benar sehinnga membentuk seperti di atas tanpa (lah) tidak di tafsirkan sebagai frasa.

Makin bertambah umur Echa tentunya makin panjang pula kalimat yang di buatnya. Kini Echa sudah menambahkan jumlah macam kalimat majemuk. Telaah seratus ujaran Echa yang di ambil dari rekaman umur 4;3 secara acak berurut menujukan bahwa rpu echa adalah 7,8 angaka ini sangat menarik untuk di simak  karena semula saya perkirakan rpu anak Indonesia lebih rendah dari rpu anak barat.
Struktur bin dan bing , pada bing paralelismenya sanagt mencolok struktur lahir dan struktur batinya bahkan kelihatan persis sama. Dalam bin Hl ini juga bisa sama tetapi ada bentuk lain yang membedakannya kedua struktur itu dan bentuk ini sama-sama lurahnya . dalam bin kita bisa berkata (233) atau (234)
(240) mama jani sama Echa mau pulang awal.
(241) mam janji sama Echa , mama mau pulang awal.
Sedangkan dalam bing umumnya adalah
(242) mama promised Echa to go home early

Mungkin perbadaan inilah yang menyebabkan Echa memahami MPD lebih awal dari pada rekan-rekannya di Barat. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar